alexametrics
musik
Ini 7 Video Musik K-Pop Berbiaya Selangit, Ada yang Lebih dari Rp10 Miliar!
Ini 7 Video Musik K-Pop Berbiaya Selangit, Ada yang Lebih dari Rp10 Miliar!
Salah satu adegan ikonik sekaligus bikin merinding dalam video musik Mama milik EXO. Foto/SM Town, SeoulBeats
Seoul - Untuk urusan marketing dan memuaskan penggemar, agensi yang menaungi para musisi K-pop emang gak tanggung-tanggung. Bahkan bikin video musik aja bisa lebih mahal dari bikin film panjang.

Biaya mahal ini dihabiskan biasanya untuk beberapa hal. Misalnya untuk efek CGI (Computered-Generated Imagery), gambar 3D, lokasi, atau properti yang harganya supermahal.

Dikutip dari Koreaboo, berikut tujuh video musik yang menghabiskan biaya produksi sampai miliaran rupiah



1. BAP – "ONE SHOT"

Menceritakan tentang gangster, video musik “One Shot” menghabiskan biaya hampir USD950 ribu. Kalau pake kurs sekarang yang nilainya USD1= Rp14.457, berarti biayanya sampai Rp13,7 miliar!

Gak cuma itu, syutingnya mengambil tempat di Korea dan Filipina dengan total waktu yang mencapai 100 jam. Benar-benar fantantis!



2. INFINITE - "DESTINY"

Pada 2013 lalu, boy group asuhan Woolim Entertainment ini merilis video musik untuk lagu “Destiny”. Lewat video tersebut, kita disuguhkan pemandangan aesthetic dengan efek CGI yang keren banget.

Gak heran sih, apalagi syutingnya di Universal Studios, Amerika Serikat, dengan biaya USD900 ribu atau setara Rp13 miliar.



3. 2NE1 – "COME BACK HOME"

Kalau kita udah pernah nonton video musik 2NE1 yang satu ini, pasti satu kata yang terlintas, “aesthetic”. Ini emang bener, lho! Tapi, siapa sangka produksi “Come Back Home” menghabiskan bujet USD500 ribu alias Rp7 miliar!

Alasannya nih udah pasti karena “Come Back Home” kental banget dengan efek CGI yang bertema retrofuturism. Belum lagi dekorasinya yang penuh dengan properti dan outfit apik.



4. MAMAMOO - "DECALCOMANIE

Mengusung konsep klasik, “Décalcomanie” berhasil memukau penggemar Mamamoo, yaitu Moo Moo. Meskipun sempat dikritik, video musik yang satu ini patut diacungi jempol.

Pasalnya, biaya produksinya mencapai USD300 ribu atau Rp4,3 miliar. Gak sampai di situ, properti yang ada di video ini juga terkesan elegan dan mewah.



5. EXO – "MAMA"

Video musik milik EXO ini berhasil menghabiskan bujet USD270 ribu atau Rp3,9 miliar. “Mama” berkisah tentang anggota EXO yang mempunyai kekuatan super di planet bernama EXO.

Gak heran, untuk memberikan efek khusus, biaya produksinya gak sedikit. Asal tahu aja nih, videonya dirilis dalam dua versi, yaitu Korea dan China.



6. AOA – "LIKE A CAT"

Berperan seperti kucing yang suka memata-matai, video milik Seolhyun cs. ini sukses ditonton 54 juta orang. Bukan cuma konsepnya yang unik, dekorasi, outfit, hingga propertinya juga patut diapresiasi.

Gak heran karena video “Like a Cat” menghabiskan biaya produksi USD250 ribu atau sekitar Rp3,6 miliar. Buat yang belum nonton, langsung cek ya!



7. BIGBANG – "LOVE SONG"

Lagunya emang sedikit mellow, tapi efek yang ditampilkan di sini apik banget. Lokasi syutingnya berada di padang pasir dengan properti kendaraan yang terbengkalai.

Ditambah efek api dan asap, bikin video musik ini makin terlihat bagus. Oiya, “Love Song” juga menghabiskan bujet yang lumayan yaitu USD200 ribu yang setara dengan Rp2,8 miliar.



Nah, dari harga yang selangit itu, mana video musik di atas yang menurut kamu paling keren?

Anisa Setiani
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @anisstnnn



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss