Soundtrack-Soundtrack Film Horor Indonesia yang Bikin Merinding

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 16:00 WIB
loading...
Soundtrack-Soundtrack Film Horor Indonesia yang Bikin Merinding
Lagu Kelam Malam diciptakan khusus untuk menjadi soundtrack film horor mencekam Pengabdi Setan. Foto/Rapi Films
A A A
JAKARTA - Soundtrack merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah film. Musik atau lagunya bisa menjadi ciri khas dari film tersebut. sekaligus membuatnya jadi lebih hidup.

Mendengarkan soundtrack juga bisa membangkitkan ingatan kita akan film tersebut. Sama seperti film pada umumnya, film horor juga memiliki soundtrack yang bikin merinding. Inilah beberapa soundtrack film horor yang membuat bulu kuduk berdiri jika mendengarnya.

1. LINGSIR WENGI - FILM "KUNTILANAK"

Lagu ini sudah cukup populer di masyarakat Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa "Lingsir Wengi" yang berarti "Menjelang Tengah Malam" adalah lagu untuk memanggil makhluk halus . Namun banyak yang menyebut bahwa aslinya lagu ini justru bermakna sebaliknya, yaitu sebuah doa agar dilindungi dari makhluk halus. Lirik lagu aslinya diubah untuk kepentingan film "Kuntilanak".



2. KELAM MALAM - FILM "PENGABDI SETAN"

Lagu ini sangat kental dengan aura klasik tahun 1960-an, meski begitu, lagu ini bukan lagu lawas, melainkan dibuat khusus oleh gitaris band The Brandals Tony Merle untuk film garapan Joko Anwar tersebut. Lagunya dinyanyikan oleh Aimee Saras, dan terinspirasi dari lagu "Di Keheningan Malam" yang dipopulerkan penyanyi Anna Mathovani.

Dalam film ini, lagu "Kelam Malam" menjadi penanda kehadiran sosok ibu. Hal tersebut menambah kesan seram apalagi jika didengarkan sendirian.

Baca Juga: 5 Seleb yang Mengaku Punya Indra ke-6, Ada yang Sampai Dibawa ke RS Jiwa



3. SELAMAT MALAM – FILM "MALAM SATU SURO"

Lagu ini mungkin terdengar biasa-biasa saja. Namun kalau kita sudah pernah menonton "Malam Satu Suro", lagu ini bisa menjadi sangat menyeramkan. Lagunya dinyanyikan oleh Vina Panduwinata, sementara filmnya dibintangi ratu horor Suzanna.



4. BONEKA ABDI - FILM "DANUR"

Lagu ini merupakan lagu berbahasa Sunda. Sebenarnya tidak ada kesan horor jika melihat liriknya, tapi kesan ini langsung berubah saat dinyanyikan dalam film horor laris "Danur".Dalam film, lagu ini sering dinyanyikan oleh hantu Peter, William dan Jensen. Konon lagi ini cukup digemari oleh anak-anak Belanda pada zaman penjajahan dahulu.

Baca Juga: 5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!



5. "ANTARA ADA DAN TIADA - FILM "DI SINI ADA SETAN"

Lagu ini populer pada 2003 dan dinyanyikan oleh band Utopia. Sekilas tampak tak ada yang menyeramkan dari lagu tersebut, tapi jadi mengerikan ketika menjadi soundtrack"Di Sini Ada Setan" karena bisa menggambarkan kondisi makhluk halus yang kadang bisa kita lihat, kadang juga tidak.



GenSINDO
Aldy Rahman
UIN Syarif Hidayatuulah Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)