Kenali 4 Tanda Love-Bombing Agar Terhindar dari Bahaya Manipulasi Cinta

Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:59 WIB
loading...
Kenali 4 Tanda Love-Bombing Agar Terhindar dari Bahaya Manipulasi Cinta
Love bombing sekilas terdengar romantis dan menyenangkan, tapi menyimpan bahaya yang disembunyikan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Seorang yang baru saja menjalin asmara atau istilah anak mudanya baru jadian, sering kali mengungkapkan ekspresi cintanya. Biasanya ekspresi itu diungkapkan melalui kata-kata manis, pujian, hingga sering memberi hadiah.

Namun, bagaimana kalau hal tersebut dilakukan secara berlebihan? Hal inilah yang bisa dinamakan love-bombing atau perhatian dan pujian yang diberikan oleh pasanganmu secara berlebihan.

Pada awalnya pelaku love-bombing menggunakan taktik ini pada masa awal percintaan. Hal tersebut dilakukannya untuk mendapatkan apa pun yang dia inginkan. Setelah mendapatkannya, baik secara materi maupun seksual, pelaku love-bombing cenderung akan meninggalkan dan merendahkan pasangannya. Bahkan tidak segan menghukum pasangan atas kesalahannya.

Agar kamu tidak terjebak oleh cinta manipulatif seperti ini, cek beberapa tanda love-bombing berikut ini, mengutip Healthline .

1. SELALU MEMBERIMU PERHATIAN DAN PUJIAN

Mendapat pujian adalah hal yang sangat menyenangkan, terlebih pujian tersebut datang dari pasangan kita sendiri. Namun, jika pujian tersebut terlihat berlebih dan tidak wajar, maka hal tersebut bisa dikatakan ia sedang melakukan love bombing.

Kalimat pujian yang biasanya tidak wajar dan dilakukan oleh pelaku love bombingmisalnya, “Aku sangat beruntung mendapatkan pasangan sesempurna kamu” atau “Aku sangat ingin banyak menghabiskan waktu dengan kamu”.

Baca Juga: Mengulik Makna Bucin alias Budak Cinta dari Perspektif Sains

2. SERING MEMBERIMU HADIAH

Pelaku love bombing tidak hanya selalu memberimu perhatian dan pujian yang berlebih, tapi juga sering memberi hadiah. Pada masa awalpacaran memang hal tersebut terlihat romantis karena pasanganmu sering memberi hadiah. Namun, kamu harus peka juga apakah hal tersebut ‘wajar’ dilakukan atau ada hal lain yang dapat menguntungkan pelaku love bombing.

Semua ini tampak sedikit berbahaya, karena hal tersebut bisa untuk memanipulasi kamu sehingga kamu akan berpikir bahwa kamu berutang padanya karena selalu memberi kamu hadiah.

3. SELALU MENGINGINKAN PERHATIAN DARI KAMU

Ketika pelaku love bombing tidak mendapatkan perhatian dari kamu, dia akan marah dengan menyalahkanmu. Walau tidak ditunjukkan secara langsung, tapi hal tersebut dilakukannya melalui ekspresi ketidaksukaannya. Ketika kamu ingin menelepon teman atau keluarga saat sedang berjalan dengannya, maka dia tidak segan menunjukkan ekspresi ketidaksukaan di wajahnya.

Begitu pula ketika kamu harus bertemu teman atau pergi bekerja, dia tidak akan senang dan akan melarang kamu pergi. Cinta yang baik tidak akan mengekang pasangannya.

Baca Juga: 8 Jenis Toxic Relationship, Kamu Harus Waspada!

4. HUBUNGAN KAMU BERGERAK TERLALU CEPAT

Berhubungan asmara memang diperlukan suatu keseriusan dalam menjalaninya. Namun, kamu harus berhati-hati kalau pasanganmu terlalu cepat untuk mengajakmu berlibur bersama, pergi ke luar kota bareng keluarganya, atau bahkan langsung mengajakmu bertemu dengan keluarga besarnya. Hal tersebut bisa saja dilakukan oleh pelaku love bombing agar kamu merasa tenggelam dalam keseriusan hubungannya dan kamu akan semakin sulit melepaskan hubungan tersebut.

Memang sulit membedakan antara keseriusan atau cinta manipulatif. Namun dengan ciri-ciri love bombing tersebut bisa membuat kamu tetap waspada.

Panji Widyantoro
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @panjiwdtr
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)