Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Selasa, 26 Mei 2020 - 16:04 WIB
loading...
Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba
Cowok juga mesti merawat wajah supaya muka gak kusam dan kamu gak kelihatan tua sebelum waktunya. Foto/Flatofcourse
A A A
JAKARTA - Ini bukan soal jadi pesolek, tapi biar muka kamu isinya gak jerawat semua dan keriput di wajah gak datang sebelum waktunya.

Namanya cowok, biasanya lebih sering berada di luar ruangan dibanding di dalam rumah. Otomatis, lebih rentan terkena debu, kotoran, dan polusi yang udah jelas gak baik untuk kesehatan kulit.

Jadi, untuk hal ini, gak perlu pusing mikirin maskulinitas, karena urusan merawat kulit, apalagi di bagian wajah, gak ada hubungan dengan maskulin atau gak-nya seorang cowok.

Nah, berikut ini tahapan dasar skincare buat cowok. Check this out!

1. PEMBERSIH MUKA (FACE WASH)

Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Foto: briostrick.com

Pembersih wajah berfungsi untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran. Ritual ini menjadi prosedur yang paling dasar sekaligus penting karena seharian beraktivitas, terutama buat kamu yang banyak terpapar debu dan polusi gara-gara kebanyakan ada di luar ruangan.

Debu dan polusi itulah yang bikin wajah kusam dan muncul jerawat. Normalnya, mencuci muka dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sebelum tidur. Jangan lupa pakai pemberish muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

2. PENYEGAR WAJAH (TONER)

Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Foto: Shutterstock

Toner berfungsi untuk menyegarkan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menyeimbangkan pH kulit wajah, dan menghidrasi serta menutrisi kulit. Cara penggunaan toner gampang banget, cukup dituang di kapas kemudian ditepuk-tepukkan ke wajah secara perlahan. Kalau kapas tersebut kotor, berarti banyak kotoran yang menempel di wajah kamu.

3. PELEMBAP WAJAH (MOISTURIZER)

Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Foto: askmen.com

Sesuai namanya, pelembap wajah berfungsi untuk menghidrasi dan juga mengontrol kadar air dan minyak yang ada di wajah. Penggunaan pelembap ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Kalau kulitnya udah berminyak, maka penggunaan pelembap ini jangan terlalu banyak. Sebaliknya, kalau jenis kulitnya kering, maka penggunaan pelembap dianjurkan banget.

Memakai pelembap bisa dibilang sebagai langkah terpenting dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Supaya hasilnya maksimal, pilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Misalnya, bagi pemilik kulit berminyak, kamu bisa pilih moisturizer for oily skin yang berbasis air (water-based), bukan oil-based. Dengan memakai pelembap secara rutin, kulit bisa terhidrasi dengan baik sehingga bisa mencegah terbentuknya garis-garis halus dan minyak berlebih.

4. TABIR SURYA (SUNSCREEN)

Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Foto: femaledaily

Tabir surya bermanfaat untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV yang jahat, mencegah penuaan dini, dan mencegah kulit agar gak terbakar sinar matahari. Pastikan kamu pake tabir surya yang mengandung minimal SPF30, dan aplikasikan di kulit sekitar 15-30 menit sebelum kena sinar matahari.

Mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas penting banget buat yang menghabiskan sebagian besar waktunya di luar ruangan. Seluruh produk skincare yang dipakai bakal percuma kalo gak dibarengi dengan pemakaian tabir surya setiap hari. Langkah ini juga merupakan cara terbaik untuk melawan penuaan dini.

5. MASKER

Buat Para Cowok, Ini Perawatan Wajah Paling Dasar yang Harus Kamu Coba

Foto: Shutterstock

Sebenarnya, masker adalah skincare dasar, tapi opsional. Masker wajah ini berfungsi untuk membantu regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat dan juga untuk peremajaan kulit. Terdapat beberapa varian masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah, di antaranya clay mask, peel-off mask, dan sheet mask.

Masker wajah ini bermacam-macam jenisnya, tinggal disesuaikan dengan jenis kulit misalnya masker untuk kulit berminyak dan berjerawat, masker untuk kulit kering, masker untuk menghilangkan kerutan, dan lain sebagainya. Idealnya, penggunaan masker wajah adalah seminggu sekali, tapi balik lagi bergantung pada kebutuhan wajah.

Ilham Arya Wijayanto
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
instagram: @ilhamarya.w
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)