Fans GFRIEND Tuntut Source Music, Weverse, dan HYBE Meminta Maaf

Fans GFRIEND Tuntut Source Music, Weverse, dan HYBE Meminta Maaf
GFRIEND resmi dibubarkan dan para penggemarnya menuntut pengembalian uang keanggotaan secara tunai. Foto/Source Music
SEOUL - Buddy, sebutan untuk para penggemar GFRIEND , menuntut label musik Source Music, platform komunikasi Weverse, dan induk Souce Music, HYBE, untuk meminta maaf pada mereka.

Tuntutan ini terkait kasus pengembalian dana (refund) keanggotaan klub (fan club membership) di Weverse karena GFRIEND sudah resmi dibubarkan pada 22 Mei lalu.

Sebelumnya, pengembalian dana dari Source Music dan Weverse dibuat dalam bentuk Weverse cash, semacam deposit atau poin diskon saat konsumen ingin membeli produk di Weverse Shop.

Karena inilah, Buddy menyampaikan kritiknya dan menuntut pengembalian dana secara tunai. Mengutip Naver , para penggemar menyebut tindakan Source Music melanggar aturan Article 18 E-Commerce Act. Dalam pasal ini, dijelaskan bahwa pengembalian dana harus dilakukan dalam bentuk yang sama dengan pembayaran awal konsumen.



Baca Juga: Pantang Menyerah, 7 Idol Kpop Cewek ini Jadi Trainee Hampir Satu Dekade Sebelum Debut

Fans GFRIEND Tuntut Source Music, Weverse, dan HYBE Meminta Maaf

Foto: Source Music

"Menuntut Source Music, Weverse Company, dan HYBE menyampaikan permintaan maaf yang tulus atas kesalahan sepihak perusahaan disertai langkah-langkah untuk mencegah terulangnya kembali kontroversi atas kebijakan pengembalian poin," ujar perwakilan Buddy.



Tak cuma itu, para penggemar juga kecewa dengan terlihatnya data pribadi konsumen saat mereka meminta pengembalian dana. Mereka menuntut perusahaan menjalakan etika bisnis dengan baik.

"Tindakan ilegal juga terjadi dengan tersebarnya informasi pribadi seperti nomor akun, nama, dan alamat surel. Ini terjadi karena manajemen yang buruk." Data pribadi ini disebut sempat terlihat selama 10 menit.

Baca Juga: Asal-Usul Sandwich Inkigayo yang Terkenal, Suka Jadi Kode Kencan Idol

Girl group GFRIEND melakukan debutnya pada 2015 dan melahirkan hit-hit seperti "From Today On", "Running Through Time", dan "You and I".


(ita)
Share: