Ini Aturan Baru Wajib Militer untuk Idol dengan Dua Kewarganegaraan

Ini Aturan Baru Wajib Militer untuk Idol dengan Dua Kewarganegaraan
Jake ENHYPEN termasuk idol dengan kewarganegaraan ganda yang nantinya harus memilih saat memasuki usia wajib militer. Foto/Belift Lab
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah mengeluarkan aturan baru pada pekan ini terkait wajib militer untuk penduduknya yang memiliki dua kewarganegaraan.

Dalam aturan baru tersebut, mengutip Koreaboo , warga negara Korsel yang lahir di luar Korsel tetap harus menjalani wajib militer di Korsel kalau mereka sudah tinggal selama tiga tahun atau lebih di negara tersebut.

Bahkan kalau mereka lahir di luar negeri, selama mereka punya paspor Korsel, mereka dianggap sebagai warga negara Korsel. Ini termasuk warga negara yang punya izin tinggal jangka panjang (penduduk tetap) di luar negeri.

Dalam aturan lama, warga yang menghabiskan waktu lama tinggal di luar negeri dibebaskan dari tugas militer karena beradaptasi dengan budaya dan hierarki Korea dinilai akan sulit bagi mereka.



Sementara untuk etnis Korea yang lahir di luar negeri dengan paspor non-Korea, mereka dianggap sebagai orang asing dan tidak perlu melakukan wajib militer. Idol K-pop yang termasuk dalam kategori ini adalah Mark dan Johnny NCT serta Jacob dan Kevin THE BOYZ.

Baca Juga: 10 Album Girl Group dan Boy Group K-Pop Terlaris Mei 2021 menurut Hanteo

Ini Aturan Baru Wajib Militer untuk Idol dengan Dua Kewarganegaraan

Mark dan Johnny NCT Foto: [email protected]_127



Adapun idol yang punya kewarganegaraan ganda, menurut hukum Korsel, saat mereka berusia 18 tahun, harus memilih apakah mereka ingin terus memiliki kewarganegaraan ganda atau tidak. Kalau mereka ingin mempertahankan kewarganegaraan ganda, mereka harus menjalani wajib militer. Jika tidak mau menjalaninya, maka mereka harus melepaskan kewarganegaraan Korea.

Untuk yang disebut terakhir, idol yang memilih melepaskan status warga negara Koreanya antara lain adalah Bang Chan dan Felix Stray Kids. Bang Chan dan Felix saat ini terdaftar sebagai warga negara Australia di profil Namuwiki mereka.

Adapun idol yang masih punya kewarganegaraan ganda adalah Vernon SEVENTEEN dan Jake ENHYPHEN. Keduanya lahir di Amerika Serikat. Laki-laki Korea dengan kewarganegaraan ganda harus memilih pada saat usia mereka 18 tahun, tapi pemilihan dilakukan tiap Maret.

Baca Juga: Peringkat Idol K-Pop Terpopuler Mei 2021, Cha Eun-Woo Melesat Lagi

Karena hal tersebut, Jake yang lahir pada 20 April 2002 meski sudah berusia 19 tahun belum memasukkan pilihannya. Sementara Vernon yang kelahiran 1998 seharusnya sudah membuat pilihan.


(ita)
Share: