4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir

4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir
K-pop makin berkembang berkat beberapa sosok yang sangat berperan bagi industri musik ini. Foto/Bighit Music, YG Entertainment, SM Entertainment, JYP Entertainment, Highlight Entertainment, CJ ENM, Beat Interactive
SEOUL - Industri K-pop kini tak lagi milik Korea Selatan, tapi sudah merambah ke dunia internasional berkat gencarnya gelombang invasi Korea alias hallyu .

Di antara banyak sosok yang muncul dalam industri K-pop , hanya ada sedikit yang benar-benar punya pengaruh kuat dalam mengokohkan 'tiang' K-pop, baik di Korea maupun di luar negeri. Berdasarkan pilihan para pelaku industri, mengutip dari Koreaboo , berikut empat nama paling berpengaruh tersebut.

1. CHO YONG-PIL

4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir

Foto:Instagram @cho_yong_pil



Cho Yong-Pil dianggap punya kontribusi terbesar pada industri hiburan. Ia memulai debutnya sebagai penyanyi pop sejak 1968 di band Atkins. Dia juga telah merilis 19 album solo. Cho Yong-pil sanggup bertahan selama beberapa dekade perubahan dalam industri musik dan masih dicintai oleh semua generasi.

Baca Juga: Makna Lagu EXO Terbaru 'Don't Fight the Feeling', Ikuti Instingmu!

2. SEO TAEJI



4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir

Foto:Instagram @ciudadkpop

Seo Taeji adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser yang memperkenalkan band pop Seo Taeji and Boys yang aktif pada 1992-1996. Grup ini beranggotakan Seo Taeji, Yang Hyun-suk, dan Lee Juno. Mereka debut sebagai trio pada 1992 dengan album bertajuk "Nan Arayo".

Seo Taeji menjadi panutan kuat bagi para musisi Korea berkat musiknya yang beraliran rap, rock, dan techno Amerika yang saat itu masih asing di Korea. Belum lagi, lirik-lirik mereka juga sangat kuat dengan kritik sosial. Penampilan mereka makin menarik dengan gaya busana yang modern dan kreatif.

3. BTS


4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir

Foto: Big Hit Music

BTS bukan hanya milik Korea, karena kini mereka menyandang status sebagai band terbesar di dunia, Boy group ini bahkan telah menjadi ikon Korea Selatan di luar negeri. Sebagai cerminan dari popularitas mereka, grup ini terus-menerus memecahkan rekor di dunia musik, disejajarkan dengan The Beatles hingga The Jackson 5.

BTS juga telah memenangkan berbagai penghargaan lokal dan internasional termasuk Billboard Music Awards dan American Music Awards. BTS telah mendominasi dunia dengan lagu-lagu bahasa Inggris dan Korea. Dalam pilihan pelaku industri, posisi BTS imbang dengan Seo Taeji. Perlu diketahui, BTS, terutama Suga dan RM, menyebutSeo Taeji sebagai panutan mereka.

Baca Juga: 4 Momen Kocak RM 'Lelah' jadi Penerjemah Gratisan untuk BTS

4. LEE SOO MAN

4 Sosok Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop selama 50 Tahun Terakhir

Foto: Instagram @benleesooman

Untuk daftar terakhir, ada Lee Soo-man yang merupakan pendiri SM Entertainment sekaligus produser yang disebut menjadi pelopor lahirnya sistem trainee idol K-pop yang kini diadopsi oleh seluruh agensi K-pop di Korea. Dia lah yang melahirkan grup-grup besar seperti HOT, TVXQ, Super Junior, Boa, Girls' Generation, EXO, Red Velvet, NCT, juga solois BoA..

Lee Soo Man adalah kontributor sistem industri hiburan saat ini dan pelopor gelombang Korea yang membawa musik Korea ke dunia.

Arianti Widya Kusumastuti
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @Arwdy


(ita)
Share: