Makna Lagu AESPA 'Next Level', Pertarungan di Luar Angkasa!

Senin, 17 Mei 2021 - 17:31 WIB
loading...
Makna Lagu AESPA Next Level, Pertarungan di Luar Angkasa!
Aespa resmi merilis lagu Next Level yang meneruskan cerita dari SM Cultural Universe. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Aespa, girl group rookie Kpop besutan SM Entertainment, resmi comeback dengan merilis single dan video musik "Next Level" pada Senin (17/5) pukul 16.00 WIB.

Dalam video berdurasi nyaris empat menit itu, keempat member, yaitu Karina, Giselle, Winter, dan Ningning tampil energik membawakan lagu remake dari soundtrack film "Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw” yang dinyanyikan A$ton Wyld.

Meski hasil remake, tapi Aespa melakukan cukup banyak perubahan, baik dari sisi musik maupun liriknya. Dari sisi lirik, justru hanya sedikit yang mengambil lirik aslinya, yaitu bagian verse pertama dan chorus bagian awal saja. Selebihnya, Aespa menceritakan kisahnya sendiri, yang mengambil konteks dari SM Culture Universe (SMCU). Lagu juga dinyanyikan dalam bahasa Korea.

Dalam "Next Level" versi Aespa, liriknya menceritakan perjalanan ke luar angkasa, tepatnya ke lokasi bernama Kwangya untuk mencari Black Mamba. Black Mamba adalah karakter antagonis yang berusaha memutus hubungan antara Aespa dan æ Aespa. Dalam konferensi pers sebelum perilisan lagunya, Aespa mengatakan bahwa keinginan Black Mamba ini membuat dunia menjadi penuh kekacauan.

Makna Lagu AESPA 'Next Level', Pertarungan di Luar Angkasa!

Foto: YouTube SMTOWN

Buat kamu yang belum tahu dengan istilah dalam SMCU, Kwangya adalah istilah untuk dunia digital tanpa batas di luar FLAT. Kwangya berjalan tanpa bentuk dan tanpa aturan. Sementara FLAT adalah dunia digital tempat æ Aespa - avatar Aespa - tinggal.

Dalam liriknya, Aespa menyuarakan perjuangan melawan Black Mamba. Dengan bimbingan NÆVIS - kecerdasan buatan yang menghubungkan portal FLAT dan Kwangya - mereka bersama-sama berusaha mengalahkan sang antagonis.

"Letting go of the hands held together, but i'll never give up/ I'm on the next level/... Destroy you in the end" ("Melepaskan ikatan tangan ini, aku tidak akan menyerah/ Aku ada di level berikutnya/... Pada akhirnya akan mengalahkanmu").

Mereka menyanyikan ini dengan latar belakang yang berbeda-beda, dari mulai di dalam pesawat luar angkasa hingga di sebuah planet antah-berantah. Sedikitnya, mereka juga berganti kostum sebanyak lima kali.

Baca Juga: 9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Dari sisi musik, Aespa melakukan eksperimen dengan mengubah atmosfer musik saat bridge, yaitu kala Aespa memanggil NÆVIS pada menit 2:05. Ningning bernyanyi dengan nada yang berbeda dari sebelumnya, menjadi lebih lambat, tapi tetap adiktif dan memberi warna baru pada keseluruhan musiknya.

Makna Lagu AESPA 'Next Level', Pertarungan di Luar Angkasa!

Foto: SM Entertainment

Perubahan aransemen musik di tengah-tengah lagu sebenarnya bukanlah hal baru bagi grup-grup SM Entertainment . Hal yang sama pernah beberapa kali dilakukan oleh SNSD dan Red Velvet.

Soal koreografi, dalam konferensi pers, Karina menegaskan bahwa mereka tampil sangat dinamis, mulai dari menaiki pesawat hingga naik jet ski. "Kami menggambarkan kekuatan kami masing-masing. jadi akan sangat baik kalau kalian memperhatikan bagian tersebut," ujarnya.

Baca Juga: SBS Sebut 4 Girl Group K-Pop Teratas Generasi Keempat

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari SM Entertainment apakah "Next Level" akan menjadi bagian dari album utuh atau hanya sebuah single saja.

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)