9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala
Drama When the Camellia Blooms tak hanya berating tinggi, tapi juga memenangkan penghargaan dalam Baeksang Arts Awards. Foto/KBS2
JAKARTA - Kamu mau nonton drama Korea, tapi tidak mau membuang waktu dengan menonton serial yang ternyata di tengah cerita bikin kamu kecewa?

Nah, di Korea Selatan, ada perhelatan penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards yang jadi patokan untuk melihat drama Korea terbaik yang tayang dalam satu tahun terakhir. Ini bisa jadi panduan kamu untuk memilih tayangan drama terbaik.

Inilah sembilan drama Korea yang memenangkan Baeksang Arts Awards sejak 2011 hingga tahun ini.

1. SECRET GARDEN (2011)



9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: SBS

Drama ini bercerita tentang Kim Joo-won (Hyun Bin), seorang CEO yang sombong dan perfeksionis, serta Gil Ra-im (Ha Ji-won), seorang stuntwoman yang malang dan rendah hati. Saat mereka tidak sengaja bertemu, Joo-won salah mengira Ra-im sebagai aktris Park Chae-rim, dan ini membuat mereka terlibat pertengkaran.

Tak lama kemudian, Joo-won malah tertarik pada Ra-im. Lebih buruk lagi, rangkaian kejadian aneh terjadi yang membuat mereka malah bertukar tubuh.



Drama ini sukses besar secara komersial, juga memenangkan grand prize, drama terbaik, skenario terbaik, dan aktris baru terbaik dalam Baeksang. Drama ini juga yang membuat Hyun Bin tenar ke kancah internasional.

2. DEEP ROOTED TREE (2012)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: SBS

Raja Sejong (Han Seok-kyu) secara tidak sengaja menyebabkan kematian mertuanya dan budak mereka dalam upaya untuk menyelamatkan mereka dari ayahnya yang kejam, Raja Taejong (Baek Yoon-shik). Dua budak, Ddol Bok (Jang-hyuk) dan Dam (Shin Se-kyung) selamat tetapi tidak tahu keberadaan satu sama lain.

Ddol Bok menyalahkan raja dan bersumpah untuk membunuhnya, menghabiskan bertahun-tahun menjadi pejuang hebat. Dam, yang punya ingatan fotografis, menjadi seorang perempuan bernama So-yi tetapi merasa sangat bersalah atas kematian budak lainnya sehingga dia tetap diam.

Serial ini memenangkan grand prize sekaligus skenario terbaik dalam Baeksang dan menjadi film klasik di komunitas penonton drama Korea.

3. THE CHASER (2013)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: SBS

Detektif Baek Hong-suk (Son Hyun-joo) kehilangan putrinya yang berusia 15 tahun dalam kecelakaan mobil, dan istrinya meninggal karena syok tak lama setelah itu. Dia kemudian mengetahui bahwa kematiannya terkait dengan sebuah konspirasi. Reporter Seo Ji-won (Kim Sung-ryung) adalah putri dari sebuah perusahaan besar dan membantu Hong-suk mengungkap kebenaran atas kematian putrinya. Saat membantunya, dia mengetahui bahwa saudara iparnya, seorang calon presiden, terlibat dalam korupsi.

Meskipun hampir tidak ada promosi dan tidak ada bintang papan atas, "The Chaser" mendapat rating tinggi berkat alur cerita yang memikat dan akting yang solid. Serial ini mendapat penghargaan drama terbaik, skenario terbaik, dan aktor terbaik.

4. SIGNAL (2016)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: tvN

Pada 15 tahun yang lalu, seorang gadis muda diculik dalam perjalanan dari sekolah, dan Park Hae-yeong (Lee Je-hoon) menyaksikan kejahatan tersebut. Beberapa hari kemudian, gadis itu ditemukan tewas dan polisi tidak dapat menemukan pembunuhnya. Karena itu, Hae-yeong mulai tidak memercayai polisi.

Lalu, 15 tahun kemudian, Hae-yeong menjadi petugas polisi dan profiler kriminal. Suatu hari, dia menemukan walkie-talkie yang memungkinkannya menghubungi detektif Lee Jae-han, yang saat ini berada pada tahun 1989. Mereka kemudian memulai misi untuk memecahkan dan mencegah kasus itu untuk berkembang.

Serial ini sukses besar dan masih menjadi salah satu drama Korea dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel. Drama ini memenangkan drama terbaik, skenario terbaik, dan aktris terbaik.

Baca Juga: Penonton Puji Drama 'Imitation', Akurat Gambarkan Budaya K-Popers

5. DEAR MY FRIENDS (2017)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: tvN

Park Wan (Go Hyun-jung) adalah penerjemah yang terus-menerus diomeli oleh ibunya, Jang Nan-hee (Go Doo-shim) karena bergaul dengan teman-teman lamanya. Ceritanya berkisar pada tahun-tahun terakhir teman-temannya saat mereka menemukan kembali diri mereka melalui hubungan, keluarga, perjuangan masa tua, dan perjalanan hidup mereka yang mereka bagikan dengan Wan dengan harapan dia akan menulis novel tentang mereka.

Serial ini tampil mengejutkan dalam Baeksang karena mampu meraih piala drama terbaik dan skenario terbaik, mengalahkan drama populer "W", "Goblin", "Love in the Moonlight", dan "Dr. Romantic".

6. SECRET FOREST (2018)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: tvN

Hwang Shi-mok (Jo Seung-woo) menjalani operasi otak ketika dia masih kecil, yang menyebabkannya kesulitan dalam mengekspresikan emosinya. Kini, Shi-mok bekerja sebagai jaksa yang rasional, dingin, dan kesepian. Namun, dia adalah satu-satunya jaksa yang tidak korup. Suatu hari, mayat dilempar di depannya, dan dia bertemu dengan Letnan Polisi Han Yeo-jin (Bae Doo-na) di tempat kejadian. Mereka bekerja sama untuk membersihkan kantor kejaksaan dari korupsi dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai.

Serial ini memenangkan grand prize, skenario terbaik, dan aktor terbaik. Serial ini menjadi hit di antara penggemar internasional dan domestik. Drama ini juga ditampilkan dalam daftar Acara TV Terbaik New York Timespada 2017.

7. MY MISTER (2019)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: tvN

Park Dong-hoon (Lee Sun-kyun) adalah seorang insinyur paruh baya yang menikah dengan pengacara Kang Yoon-hee (Lee Ji-ah). Namun, hidupnya tidak sebahagia kelihatannya. Dia punya dua saudara laki-laki yang menganggur, Sang-hoon (Park Ho-san) dan Gi-hoon (Song Sae-byuk), yang bergantung padanya. Belum lagi istrinya diam-diam berselingkuh dengan CEO Do Joon-yeong (Kim Young-min) - Bos Dong Hoon saat ini.

Suatu hari, dia menerima suap yang tidak terduga dan mengetahui bahwa rekan kerjanya, Lee Ji-an (IU), melihat. Ji-an adalah pekerja paruh waktu yang terlibat utang dan satu-satunya yang merawat neneknya yang sakit. Dong-hoon kemudian terlibat dalam perjuangan saudara-saudaranya dan persaingan internal perusahaan.

Drama Korea ini mendapat pujian dan menjadi salah satu drama Korea dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel. Serial ini memenangkan penghargaan drama terbaik dan skenario terbaik.

8. WHEN THE CAMELLIA BLOOMS (2020)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: KBS

Oh Dong-baek (Gong Hyo-jin) adalah orang tua tunggal yang menjalankan sebuah restoran bar Camellia. Penduduk kota sering bergosip tentang dia sejak dia tumbuh sebagai seorang yatim piatu, seorang ibu, dan menjalankan bar yang sering dikunjungi banyak pria. Terlepas dari gosip tersebut, petugas polisi Hwang Yong-shik (Kang Ha-neul) jatuh cinta padanya.

Sementara itu, mantan pacar Dong-baek, Kang Jong-ryul (Kim Ji-suk) tiba-tiba muncul kembali. Dia adalah pemain bisbol terkenal, yang menyembunyikan hubungan mereka saat mereka berkencan. Saat Dong-baek mencoba menjalani cobaan hariannya, seorang pembunuh berantai menjelajahi kota, dan dia mungkin menjadi target berikutnya.

Serial ini menyapu Baeksang dengan memenangkan grand prize, aktor terbaik, aktor pendukung terbaik, dan skenario terbaik. Drama ini juga menjadi miniseri dengan rating tertinggi pada 2019 dan drama Korea dengan rating tertinggi kedua pada 2019.

Baca Juga: 5 Drama Korea Favorit Penonton Internasional, tapi Ratingnya Rendah di Korea

9. BEYOND EVIL (2021)

9 Drama Korea Terbaik 2011-2021, Menang Banyak Piala

Foto: JTBC

Lee Dong-sik, seorang detektif yang tadinya cakap, sekarang diturunkan pangkatnya untuk melakukan tugas-tugas kasar di Pos Polisi Manyang. Atasan barunya, Han Joo-won, dipindahkan. Ia adalah detektif elite yang ayahnya adalah calon kepala Badan Kepolisian Nasional berikutnya.

Terlepas dari prestise-nya, Joo-won menyimpan rahasia yang sudah lama dipegangnya. Ketika serangkaian pembunuhan terjadi, mereka menyadari pola yang mirip dengan beberapa kasus berseri dari 20 tahun lalu. Dong-sik dan Joo-son bersumpah untuk menghentikan si pembunuh dengan segala cara, tapi mungkin akan sulit untuk memecahkannya.

Tahun ini, "Beyond Evil" membawa pulang hadiah Baeksang Awards untuk drama terbaik, aktor terbaik, dan skenario terbaik.

Agnesia Upany Nadenggan Siregar
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @aaupany


(ita)
Share: