Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han
Sungai Han saat matahari tenggelam terlihat indah, meski faktanya menyimpan banyak peristiwa duka. Foto/Freepik
JAKARTA - Pencinta drama Korea dan K-pop pasti sudah tidak asing dengan Sungai Han (Han River/Hangang). Sungai terpanjang keempat di Korea Selatan tersebut berhasil merebut perhatian publik berkat keindahannya.

Dalam berbagai drama Korea, salah satunya "Start Up", disebutkan bahwa tempat tinggal Han Ji-pyeong dengan pemandangan Sungai Han mempunyai biaya sewa yang mahal.

Apartemen V BTS yang berhadapan langsung dengan Sungai Han ditaksir mencapai 5,1 miliar KRW (Rp65 miliar). Hal tersebut disebabkan oleh popularitas Sungai Han dan beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sepanjang sungai tersebut.

Melansir dari Korea To Do , di sekitar Sungai Han ada 11 taman yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menghibur diri atau berelaksasi.



Meskipun terletak di kawasan yang terbilang sibuk, Sungai Han dan 11 taman yang mengelilinginya bisa membawa atmosfer tenang yang mendamaikan hati. Itulah sebabnya ada banyak drama Korea dan variety show,seperti "Running Man", menggunakan Sungai Han sebagai lokasi syuting.

Baca Juga: Mood Turun? Tonton 6 Episode Terlucu ‘Running Man’ ini!

Suasana Sungai Han yang tenang dan nyaman cocok untuk dijadikan lokasi bersepeda. RM BTS secara tidak langsung memberikan testimoninya soal ini. RM mengatakan bahwa dia sangat menikmati kegiatan bersepeda di sepanjang Sungai Han.



Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Foto: Twitter @bts_twt

Ketika sedang bersepeda, dia merasa tenang dan orang di sekelilingnya tidak mengganggu privasinya. Mereka sama-sama menikmati momen ketenangan yang ada. Kadang, RM juga mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu berkat kegiatan bersepedanya di sepanjang Sungai Han.

Namun di balik segala keindahan Sungai Han, rupanya terdapat beberapa fakta kelam yang tersembunyi di baliknya. Sungai Han juga terkenal sebagai tempat yang sering dijadikan lokasi bunuh diri oleh warga Korea Selatan. Berikut fakta lengkapnya.

1. MENJADI SALAH SATU LOKASI BUNUH DIRI PALING TERKENAL DI KOREA SELATAN


Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Foto: Wall Street Journal

Dalam mixtape-nya yang bertajuk “Mono”, RM BTS menyebut Sungai Han dalam lagu "Seoul". Pemilik nama lahir Kim Nam-joon ini menulis lirik, “Han rivers that take so much Han within”.

Mengutip dari Doolset Bangtan , kata Han dalam Sungai Han berhomonim dengan "Han" yang bermakna ‘kesedihan, nostalgia, kemarahan, dan rasa sakit’. Dengan kata lain, Sungai Han yang identik dengan keindahan dan ketenangan ternyata menyimpan begitu banyak duka dan luka orang-orang yang melompat ke sungai tersebut untuk mengakhiri hidupnya.

Di sepanjang Sungai Han, terdapat beberapa jembatan, di antaranya Jembatan Mapo dan Jembatan Hangang. Jembatan yang paling sering dijadikan lokasi bunuh diri adalah Jembatan Mapo.

Merangkum dari Yonhap News Agency , sepanjang tahun 2012--2016, terdapat 1.400 kasus bunuh diri di Sungai Han dan yang tertinggi adalah di Jembatan Mapo. Di Jembatan Mapo, selama empat tahun tersebut, setidaknya ada 532 kasus bunuh diri.

Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Foto:koreajoongangdaily,com

Karena citranya yang buruk, kini Jembatan Mapo diberi nama “Jembatan Harapan” dan ditulisi berbagai kalimat pencegahan bunuh diri. Diharapkan dengan begitu tidak ada lagi yang akan mengakhiri hidupnya, setidaknya di jembatan tersebut.

Untuk tujuan yang sama, ditaruh juga tulisan pencegahan bunuh diri di railing jembatan dan Han River SOS Hotline melalui telepon yang dipasang di berbagai jembatan.

Melansir dari Korea Times, setidaknya ada 75 booth telepon di 20 jembatan di sepanjang Sungai Han sejak Maret 2020. Penambahan fasilitas ini berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang dikhawatirkan meningkatkan potensi bunuh diri terutama di kalangan anak muda.

2. PENULIS PESAN ANTIBUNUH DIRI MALAH MENGHABISI NYAWANYA SENDIRI

Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Foto: koreabizwire.com

Penulisan beragam pesan terkait pencegahan bunuh diri di Sungai Han mulai digalakkan sejak 2012 setelah kasus bunuh diri dengan melompat dari jembatan meningkat pesat.

Selain pesan penguatan dari warga, ada juga beberapa pesan yang ditulis oleh para selebritas, seperti Jo Su-mi, Ha Jung-wo, dan Lee Hyo-ri.

Sayangnya, mengutip dari Korea Times, adasatu pesan yang dipasang di Jembatang Hangang dihapus oleh Pemerintah Kota Seoul pada Juli 2020.

Ini karena penulisnya adalah mantan Wali Kota Seoul, Park Won-soon. Won-soon memutuskan untuk bunuh diri setelah tersandung skandal pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap sekretarisnya. Penghapusan dilakukan karena ada keluhan dan saran dari warga.

Selain itu, pemerintah kota pun kini sedang meninjau ulang kefektifan pencantuman pesan-pesan antibunuh diri di sekitar Sungai Han.

3. KASUS BUNUH DIRI DI SUNGAI HAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Foto: koreandramaland.com

Pandemi saat ini terbukti menjadi penyebab meningkatnya tingkat depresi dan kecemasan sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia, termasuk Korea Selatan.

Mengutip dari South China Morning Post , kasus bunuh diri perempuan muda di Korea Selatan pada Januari-Juni 2020 meningkat sebanyak lebih dari 40% dibanding saat sebelum pandemi terjadi. Adanya diskriminasi gender dalam berbagai bentuk menjadi salah satu pemantik meroketnya persentase bunuh diri mereka.

Yang lebih mengenaskan, pada Februari 2020, merangkum dari mothership.sg , pegawai kantor berusia 30 tahun ditemukan bunuh diri di Sungai Han. Setelah diselidiki, ternyata pegawai tersebut bekerja di Kantor Perencanaan Keselamatan Darurat yang turut mengurus masalah wabah COVID-19 di Korea Selatan.

Berdasarkan rekaman CCTV, mobil pegawai tersebut menabrak railing Jembatan Dongjak sebelum melompat ke Sungai Han. Mayat pegawai tersebut kemudian ditemukan oleh tim penyelamat sekitar pukul 09.00 KST. Pihak kepolisian berusaha menyelidiki keterkaitan antara beban kerja dan alasan pegawai tersebut bunuh diri.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kamu Stres dan Langkah untuk Mengatasinya

Melalui sisi kelam Sungai Han, dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang terlihat tenang dan damai rupanya mempunyai sisi gelap yang memilukan hati. Oleh sebab itu, depresi dan keinginan bunuh diri tidak boleh dipandang sebelah mata.

Meskipun dari luar terlihat bahagia, belum tentu sebenarnya baik-baik saja. Kesadaran akan pencegahan bunuh diri harus digalakkan dan upaya untuk melawan depresi harus terus digaungkan.

Yohanna Valerie Immanuella
Kontributor Gen SINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @yohannavalerie18


(ita)
Share: