11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Selasa, 23 Maret 2021 - 19:48 WIB
loading...
11 Musisi Legendaris...
Queen dan Bob Marley jadi dua dari banyak musisi legendaris yang tak pernah mendapat piala Grammy dari kategori kompetitif. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Dari band legendaris Queen hingga ikon reggae Bob Marley, musisi-musisi hebat nan legendaris ini nyatanya tak pernah berhasil mendapatkan piala Grammy saat masa karier mereka.

Grammy Awards kerap dijadikan standar puncak sebuah pengakuan dunia atas musikalitasseorang penyanyi atau musisi. Ini karena Amerika Serikat hingga saat ini masih dianggap sebagai kiblat musik dunia, dan industri musiknya sangat sulit ditaklukkan, terutama oleh musisi non-Amerika.

Meski begitu, ternyata ada banyak sederet musisi legendaris yang kepopuleran dan musikalitasnya tak terbantahkan, tapi nyatanya tak pernah mendapatkan piala Grammy sepanjang karier mereka. Kalaupun ada, mereka mendapatkan lewat jalur piala "penghormatan". Nah, berikut di antaranya.

1. QUEEN

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @Officialqueenmusic

Penggemar Queen tak hanya orang tua, tapi juga anak muda Gen Z. Lagu “Bohemian Rhapsody” hingga "We Are The Champions" hingga sekarang bahkan masih terus terdengar dari berbagai acara perhelatan dunia, misalnya Liga Champion.

Namun siapa sangka, band Inggris yang digawangi Freddie Mercury ini tidak pernah berhasil memenangkan Grammy meskipun masuk sebagai nomine sebanyak empat kali pada tahun 1990-an.

Meski begitu, pada 2008, Queen dilantik ke dalam Grammy Hall of Fame, yang diberikan kepada artis yang telah berdiri selama 25 tahun dan punya pengaruh besar. Mereka juga menerima Grammy Lifetime Achievement Award pada 2018.

2. SIA

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @Siamusic

Sia Kate Isobelle Furler atau lebih dikenal sebagai Sia adalahpenyanyi dan penulis lagu asal Australia. Sia memulai karier sebagai penyanyi solo sejak tahun 1997 dengan album perdana “Only See”.

Sia juga menjadi salah satu artis paling berpengaruh dalam musik pop dengan ciri khas penampilan uniknya. Dia masuk sebagai nomine sebanyak sembilan kali, dan yang terbaru untuk lagunya "Never Give Up". Namun hingga kini, dia tidak pernah sekali pun membawa pulang piala Grammy

3. GUNS N' ROSES

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @Gunsnroses

Guns N' Roses (GNR) bisa dikatakan sebagai “band paling berbahaya di dunia” dalam musik rock. Berdiri pada 1984/1985, band asal Amerika Serikat ini pernah masuk sebagai nomine Grammy sebanyak tiga kali, yaitu pada akhir 1980-an dan awal 90-an.

Hingga kini, album pertama mereka, Appetite for Destruction adalah album debut terlaris yang pernah ada. Band ini sampai sekarang juga tidak mendapat Penghargaan Prestasi Seumur Hidup atau penghargaan Hall of Fame dari Recording Academy selaku penyelenggara Grammy Awards.

Baca Juga: 7 Cara Menerima Kekalahan ala BTS, Tak Masalah Ungkapkan Kekecewaan!

4. KATY PERRY

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto: Instagram @KatyPerry

Penyanyi asal Amerika bernama lengkap Katheryn Elizabeth Hudson ini menjadi perempuan pertama yang punya lima singlenomor satu hanya dari satu album, yaitu "Teenage Dream" pada 2010.

Katy Perry masuk sebagai nomine Grammy sebanyak 13 kali, setidaknya satu nomine setiap tahun antara 2008 dan 2014. Sayangnya, keberuntungan belum sampai ke tangannya hingga saat ini.


5. BOB MARLEY

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @BobMarley

Siapa yang tidak kenal dengan sosok satu ini? Wajahnya menghiasi dunia budaya pop lewat kaus warna-warni yang dipakai masyarakat di seluruh dunia. Tak heran, karena dialah salah satu pelopor musik reggae, dan hingga kini menjadi ikon genre musik tersebut.

Dengan pencapaian itu, musisi asal Jamaika ini nyatanya cuma pernah masuk sebagai nomine Grammy sekali saja, yaitu pada 2002. Itupun setelah lebih dari 20 tahun dia meninggal pada usia 36 tahun.

Nomine itu datang dari kategori Video Musik Berformat Panjang Terbaik. Bob Marley menjadi subjek dari film dokumenter "Rebel Music: The Bob Marley Story". Marley mendapat piala Grammy-nya dari jalur Grammy Lifetime Achievement Award pada 2001 dan Grammy Hall of Fame lewat album "Catch a Fire" pada 2010.

Kontribusinya pada dunia musik sebagian besar tidak diakui oleh Recording Academy karena Grammy Awards tidak punya kategori reggae sampai tahun 1985, yaitu empat tahun setelah kematian sang musisi.

6. NICKI MINAJ


11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto: Instagram @NickiMinaj

Onika Tanya Maraj atau Nicki Minaj mulai aktif dalam dunia musik pada 2004 hingga sekarang. Nicki minaj merupakan penyanyi sekaligus rapper berkebangsaan Trinidad-Amerika Serikat.

Dia pernah masuk sebagai nomine Wanita Pop/Artis Rock dalam ajang American Music Awards, tapi kalah. Secara total dia mendapatkan sepuluh nomine. Fakta bahwa dia benar-benar tidak masuk sebagai nomine pada 2019 juga membuat banyak orang terkejut.

7. SNOOP DOG

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto: Instagram @SnoopDog

Rapperandal ini punya nama asli Calvin Cordozar Broadus Jr. Ia lahir pada 20 Oktober 1971. Snoop Dog juga seorang produser rekaman dan aktor.

Snoop Dog yang kini menjadi pengusaha ganja ini menjadi nomine Grammy sebanyak 17 kali, tanpa satu kali pun membawa pulang piala tersebut. Sampai saat ini, dia juga tidak mendapat Lifetime Achievement Award atau penghargaan Hall of Fame dari Recording Academy.

8. PATTI SMITH

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @Thisispattismith

Musisi dengan nama lengkap Patricia Lee Smith ini menjadi sosok berpengaruh dari gerakan punk rock New York City dengan album debutnya tahun 1975, "Horses". Patti Smith juga dianggap sebagai legenda punk rock dan ikon feminis.

Namun, dia tidak pernah memenangkan piala Grammy, meski masuk nomine sebanyak empat kali, yaitu antara 1997 hingga 2016. Dia juga belum pernah mendapatkan tetapi Grammy Hall of Fame dan Lifetime Achievement Award.

9. JIMMY HENDRIX

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @FanpageofJimmy

Sosoknya dikenal sebagai dewa gitar karena permainan gitarnya yg unik dan menjadi contoh bagi sebagian besar gitaris terkemuka dunia. Hendrix juga adalah ikon rock and roll pada masanya. Ia juga sangat perfeksionis, dan salah satu artis rekaman yang produktif. Bahkan ketika meninggal, dia masih mempunyai stok lagu sebanyak 300 lagu yang belum dirilis.

Penyanyi multitalenta ini sayangnya hanya pernah mendapat satu nomine Grammy pada 1970, tak lama setelah kematiannya. Namun dia mendapatkan penghargaan Grammy Hall of Fame dan Grammy Lifetime Achievement Award pada 1992.

10. BJORK

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto: Instagram @Bjork

Penyanyi, pencipta lagu, dan aktris dari Islandia ini dikenal punya penampilan unik, seunik gaya musiknya yang mencampurkan pop, alternatif, jazz, electronika, folk, dan klasik. Albumnya telah terjual lebih dari 15 juta keping album di seluruh dunia.

Bjork masuk sebagai nomine sebanyak 15 kali, yang membuatnya menjadi artis keempat yang paling banyak masuk sebagai nomine, tapi tidak pernah menang.

Baca Juga: 7 Perbedaan Besar Antara Justice League 2017 dan Snyder's Cut

11. DIANA ROSS

11 Musisi Legendaris yang Tak Pernah Menangkan Grammy

Foto:Instagram @Dianaross

Diana Ross adalah diva dunia, sejajar dengan Whitney Houston serta Celine Dion. Setelah sukses besar sebagai penyanyi utama The Supremes, Diana Ross bernyanyi solo dan makin populer.

Dia menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia sepanjang kariernya, masuk sebagai nomine Grammy sebanyak 12 kali, tapi tak satu pun piala Grammy diraihnya.

Namun Diana Ross telah menerima Lifetime Achievement Award dari Grammy Awards pada penyelenggaraan yang ke-55.

Arianti Widya Kusumastuti Wiwid
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @Arwdy
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)