Mengundang Perdebatan, Ini Asal-usul Gaya Rambut Lisa BLACKPINK 'Hime Cut'

Jum'at, 12 Maret 2021 - 17:12 WIB
loading...
Mengundang Perdebatan, Ini Asal-usul Gaya Rambut Lisa BLACKPINK Hime Cut
Lisa BLACKPINK punya gaya rambut hime cut yang rupanya diadaptasi dari gaya rambut di Jepang. Foto/YG Entertainment
A A A
JAKARTA - Dalam video musik BLACKPINK "How You Like That", Lisa terlihat berpenampilan menonjol dengan gaya rambut hime cut berwarna merah.

Gaya rambut ini pun menjadi perbincangan. Banyak yang menebak-nebak, akankah gaya rambut Lisa menjadi tren terbesar untuk gaya rambut terkini?

Di Korea, gaya rambut Lisa ini banyak diperbincangkan, bahkan sampai terjadi perdebatan. Terlihat dari beberapa unggahan di Instagram, gaya rambut hime cut milik Lisa dibanding-bandingkan dengan jaw-drop haircutyang telah lama populer di Korea.

Bahkan telah banyak idol perempuan yang bergaya rambut ini sebelum Lisa. Sebelumnya, ada Momo TWICE yang saat debut juga punya gaya rambut serupa Lisa.

Mengundang Perdebatan, Ini Asal-usul Gaya Rambut Lisa BLACKPINK 'Hime Cut'

Foto: YG Entertainment

Potongan hime yang khas dengan rambut terurai panjang dan lurus rapi terlihat begitu sama dengan jaw-drop haircut. Bedanya, jaw-drop haircuthampir membingkai penuh daerah samping wajah.

Lalu bagaimana sebenarnya sejarah gaya rambut hime? Mengutip dari South China Morning Post , hime cut berasal dari Jepang dan merupakan gaya rambut para bangsawan perempuan di Heian.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Terakhir yang Dikirim si Tukang Ghosting

Gaya rambut hime mulai kembali populer setelah seorang penyanyi sekaligus model asal Jepang, yaitu Megumi Asaoka memotong rambutnya dengan gaya ini. Asaoka terinsiprasi untuk mengadopsi gaya ini setelah melihatnya dalam serial manga klasik.

Mengundang Perdebatan, Ini Asal-usul Gaya Rambut Lisa BLACKPINK 'Hime Cut'

Foto:Tumblr

Potongan rambut hime dipercaya lahir dari hibrida atau dua gaya dari Heian, yaitu gaya amasogi dan binsogi. Gaya amasogi merupakan gaya rambut yang digambarkan seperti lob atau bob panjang.

Sedangkan gaya binsogiadalah gaya rambut perempuan bangsawan Jepang yang panjang terurai dan terdapat potongan khas di bagian telinga, sebagai simbol kedewasaan untuk kaum perempuan yang genap berusia 20 tahun.

Berkat Megumi Asaoka, potongan rambut ini menjadi kembali eksis pada tahun 1970-an. Penyanyi legendaris Cher juga terlihat mengikuti gaya rambut Asaoka, dan tampaknya Cher sangat setia dengan gaya rambut unik tersebut.

Mengundang Perdebatan, Ini Asal-usul Gaya Rambut Lisa BLACKPINK 'Hime Cut'

Foto:The New Republic

Bahkan di dalam animasi Jepang, anime atau manga , gaya rambut himetak kalah populer. Bisa dilihat contohnya yaitu Yumeko Jabami dari "Kekegurui" dan juga Boa Hancock dari "One Piece" yang juga tampak mempopulerkan gaya rambut hime.

Baca Juga: 8 Drama Korea Genre Komedi Romantis Terbaik 2019-2020

Dari sini, dimulai adopsi besar-besaran oleh sejumlah seleb, seperti halnya gaya rambut gothic lolitayang meraih popularitas sebagai bagian dari gaya harajuku di Jepang.

Vanessa Ashriana
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @vanessaashriana
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)