5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis
Harry Styles tak hanya menyuarakan pendapat yang tak bias gender, tapi juga sering mengenakan pakaian bergaya androgini. Foto/Columbia Records
JAKARTA - Seorang feminis tak harus perempuan. Laki-laki pun bisa ikut mendukung dan menyosialisasikan hak-hak perempuan.

Sebagai seorang selebritas yang punya pengaruh luas, deretan penyanyi dan aktor ini memanfaatkan kepopuleran mereka untuk mengungkapkan pendapat tentang hak para perempuan yang mesti sama dengan hak asasi manusia. Berikut di antaranya.



1. HARRY STYLES



5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

Foto: Instagram@ryangoslinguk

Harry Styles beberapa kali memberikan pernyataan yang menunjukan bahwa dia adalah seorang feminis di depan wartawan. Mengutip Billboard, Harry menolak sebuah pertanyaan seksisme yang mengatakan bahwa semua perempuan hanya suka musik pop. “Musik adalah sesuatu yang selalu berubah.There’s no goal posts,” ujarnya.

2. RYAN GOSLING



5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

Foto: Instagram@harrystyles

Ryan Gosling secara terang-terangan menganggap bahwa perempuan tak kalah dari laki-laki. Dari Vanity Fair, dia bahkan mengatakan, “Saya pikir perempuan lebih baik daripada laki-laki. Mereka lebih kuat, lebih berevolusi. Saya dibesarkan dengan banyak sosok perempuan, jadi saya selalu menyadari hal tersebut," ujarnya,

Baca Juga: Tren 23 Gaya Rambut Pria a la K-Pop untuk Tahun 2021


3. PANGERAN HARRY

5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

Foto: Instagram@harry.dukeofsussex

Bersama Meghan Markle, mereka berdua mengampanyekan kesetaraan hak dan kesempatan bagi perempuan. Dalam sebuah kunjungan resminya di Nepal, Harry menyatakan dukungannya pada paham feminis.

Dia juga mengatakan bahwa ia akan menggunakan suaranya untuk membicarakan isu ini sesering mungkin. Menurutnya, kesetaraan gender tidak cukup hanya menjadi perhatian bagi perempuan, laki-laki juga harus ikut berkontribusi.

4. BARACK OBAMA

5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

Foto: Instagram@barackobama

Selama ini Amerika Serikat punya masalah perbedaan gaji pegawai perempuan dan laki-laki yang cukup timpang. Barack Obama menjadi presiden pertama yang menandatangani Lily Act, yaitu sebuah pakta yang salah satu isinya memungkinkan perempuan mendapatkan gaji yang sesuai dengan kapasitasnya di instansi tempat mereka bekerja tanpa memandang jenis kelamin.

5. JOSEPH GORDON-LEVITT

5 Seleb Pria Dunia yang Jadi Feminis

Foto: Instagram@hitrecordjoe

Selain aktor, Joseph Gordon-Levitt juga seorang aktivis. Ia bahkan beberapa kali mengungkap bahwa dirinya seorang feminis. Menurutnya, gender dan status sosial tidak bisa menentukan nasib dan diri kita. Tidak perlu membedakan orang berdasarkan kategori tertentu.

Baca Juga: Masih Bingung? Ini Beda Misoginis dan Seksisme Menurut Ahli

"Setiap orang punya kesempatan yang adil untuk menjadi yang mereka inginkan dan melakukan yang ingin mereka lakukan, itu lebih baik untuk semua orang,” ujarnya lewat Buzzfeed.

GenSINDO
Widya Zhafirah Dezani
LSPR Communication & Business Institute


(ita)
Share: