5 Drama Korea untuk Tahu Dunia Wartawan dan Media Massa

5 Drama Korea untuk Tahu Dunia Wartawan dan Media Massa
Drama Korea Pinocchio dengan akurat menggambarkan dunia reporter dengan bumbu humor. Foto/SBS
JAKARTA - Cerita dalam drama Korea memang sangat beragam. Tak hanya fokus pada kisah cinta, banyak drama Korea yang menyuguhkan kisah yang dekat dengan dunia kerja.

Nah, salah satu yang cukup banyak dipotret adalah dunia kerja sebagai wartawan di media massa. Buat kamu yang ingin bekerja di dunia jurnalistik, berikut ini adalah lima drama Korea yang bisa kamu tonton sebagai gambaran.

1. PINOCCHIO (2014)

Drama ini dibintangi deretan aktor dan aktris Korea ternama, dan bercerita tentang perjuangan para jurnalis untuk mendapatkan informasi dan mengungkapkan kebenaran.



Choi Dal-po (Lee Jong-suk) adalah seorang reporter berita jenius yang mempunyai masa lalu keluarga yang kelam. Sementara itu, Choi In-ha (Park Shin-hye) adalah seorang pengidap sindrom unik 'pinocchio' yang ingin sekali menjadi reporter. Sindromnya membuat ia cegukan setiap kali berbohong.



2. HEALER (2014)



"Healer" bercerita tentang seorang reporter senior Kim Moon-ho (Yoo Ji-tae) yang berusaha mengungkapkan sebuah kejadian kelam pada masa lalu. Petunjuk yang ia dapat menuntunnya bertemu reporter junior Chae Young-shin (Park Min-young).

Sementara itu, seorang “kurir malam” dengan nama kode 'Healer' Seo Jung-hu (Ji Chang-wook) juga terlibat. Ia mendapat tugas dari seorang klien untuk selalu melindungi Chae Young-shin.

Baca Juga: 5 Drama Korea Sageuk Komedi Terbaik pada 2018-2020



3. THE PRODUCERS (2015)

Serial ini bercerita tentang kesibukan dan keseharian para produser di divisi hiburan sebuah stasiun televisi. Seorang produser pemula Baek Seung-chan (Kim Soo-hyun) terjun ke dunia penyiaran (broadcasting) karena memiliki pujaan hati yang bekerja di perusahaan yang sama.

Sementara itu, Ra Joon-mo (Chae Tae-hyun) dan Tak Ye-jin (Gong Hyo-jin) adalah produser senior yang merupakan teman lama. Hari-hari keduanya berubah setelah Baek Seung-chan menjadi junior mereka. "The Producers" juga dibintangi IU yang berperan sebagai Cindy, seorang penyanyi terkenal.



4. ARGON (2017)

Bercerita tentang investigasi berita, drama "Argon" juga wajib kamu tonton. Kim Baek-jin (Kim Joo-hyeok) merupakan seorang wartawan senior yang memimpin sebuah tim program berita bernama Argon. Ia memegang kuat prinsip-prinsipnya untuk mengungkapkan kebenaran di tengah banyaknya berita bohong.

Seorang reporter junior kontrak Lee Yeon-hwa (Chun Woo-hee) diperintahkan untuk pindah ke tim Argon pada akhir masa kontraknya. Di bawah didikan sang perfeksionis Kim Baek-jin, Lee Yeon-hwa belajar menjadi reporter sesungguhnya.



5. WHILE YOU WERE SLEEPING (2017)

Last but not least, serial ‘While You Were Sleeping’ juga wajib kamu tonton. Drama ini mengisahkan kehidupan sehari-hari reporter dan jaksa yang menjalankan pekerjaannya.

Baca Juga: Jangan Mager! Ini Pentingnya Menulis dengan Alat Tulis Dibanding Mengetik di Laptop

Diceritakan, seorang reporter Nam Hong-joo (Bae Suzy) punya kemampuan untuk melihat masa depan melalui mimpinya. Ia dapat melihat kematian seseorang pada masa depan. Kehidupan Nam Hong-joo berubah ketika seorang jaksa muda Jung Jae-chan (Lee Jong-suk) menjadi tetangganya.



Ajeng Putri Yuwono
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @ajengputriiy


(ita)
Share: