Dua Peristiwa yang Menginspirasi Drama 'Crash Landing on You' Menurut Penulisnya

Selasa, 16 Februari 2021 - 15:08 WIB
loading...
Dua Peristiwa yang Menginspirasi Drama Crash Landing on You Menurut Penulisnya
Crash Landing on You ternyata ditulis berkat dua peristiwa penting yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Foto/tvN
A A A
SEOUL - Penulis skenario drama " Crash Landing on You " Park Ji-eun belum lama ini muncul dalam wawancara bersama tvN dan mengungkap beberapa hal menarik terkait drama yang dibintangi pasangan asli Hyun Bin dan Son Ye-jin itu.

Selain kisah cinta yang menarik antara konglomerat Korea Selatan (Korsel) dan tentara Korea Utara (Korut), "Crash Landing on You" juga dinilai para kritikus cukup akurat dalam menggambarkan kondisi di Korut. Padahal Ji-eun belum pernah ke Korut sama sekali.

Nah, menurut penulis drama "Queen of Housewives" (2009), "My Husband Got a Family" (2012), "My Love from the Star" (2013–2014), "The Producers" (2015), dan "Legend of the Blue Sea" (2016) ini gambaran yang spesifik itu diperolehnya berkat wawancara mendalam bersama beberapa orang pembelot dari Korut.

Mengutip dari Koreaboo, dalam proses wawancara tersebut, Ji-eun menemukan beberapa perbedaan saat mereka diminta menggambarkan satu tempat.

Dua Peristiwa yang Menginspirasi Drama 'Crash Landing on You' Menurut Penulisnya

Foto: tvN

"Mereka sama-sama pembelot, tapi pemikiran mereka tentang Korea Utara berbeda-beda. Jadi aku mengambil beberapa hal yang sama dari yang mereka ceritakan," kata perempuan berusia 44 tahun itu.

Inspirasi berikutnya datang dari sebuah kecelakaan yang terjadi 12 tahun yang lalu, yang menimpa aktris Jung Yang. Ini menjadi dasar dari peristiwa yang dialami karakter Yoon Se-ri yang dimainkan Son Ye-jin.

Menurut cerita Park Ji-eun, Jung Yang secara tidak sengaja mendarat di Korut. Saat itu pada September 2008, sang aktris bersama tiga orang temannya menguji coba sebuah perahu dan berangkat dari sebuah pantai di Incheon.

Baca Juga: Ini Cuplikan Lagu BTS yang Diproduseri Jungkook untuk Film Jepang 'Signal'

Dalam perjalanan, mereka sempat berhenti di pulau terdekat untuk menikmati makan siang. Nah, saat mau kembali pulang itulah mereka tersesat karena ada kabut tebal. Keempatnya sempat terapung-apung selama kurang lebih dua jam, lantas berpapasan dengan nelayan Korut di dekat Northern Limit Line atau Garis Batas Utara.

Dua Peristiwa yang Menginspirasi Drama 'Crash Landing on You' Menurut Penulisnya

Foto: Asian Wiki

Menyadari suara aksen Korut dari nelayan tersebut, mereka lalu buru-buru memutar arah dan mengirim pesan darurat ke penjaga pantai, hingga akhirnya diselamatkan oleh awak kapal angkatan laut Korsel.

Peristiwa ini lantas membuat Ji-eun berpikir bahwa kejadian unik ini memang bisa terjadi dalam dunia nyata. "Ini peristiwa yang jadi pemberitaan besar di media. Aku sempat berpikir, apakah Korea Utara sedekat itu? Apakah kita benar-benar bisa sampai ke sana meski cuma nyasar sedikit? Itu tempat yang dekat, tapi terlarang," katanya panjang lebar.

Dari sinilah, Park Ji-eun terpikir untuk membuat cerita dengan latar insiden itu, tapi dengan cara yang menyenangkan, dan tentu saja manis.

Baca Juga: 8 Drama Korea Genre Komedi Romantis Terbaik 2019-2020

"Kita adalah ras yang sama dan berbicara dengan bahasa yang sama. Aku pikir sebuah kisah tentang orang yang terpaksa mendarat di sana (Korut) bisa jadi sesuatu yang menyenangkan," ujarnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4133 seconds (0.1#10.140)