Foto Teaser Minialbum I.M Monsta X Dikritik, Diduga Memuat Ayat Al-Qur'an

Foto Teaser Minialbum I.M Monsta X Dikritik, Diduga Memuat Ayat Al-Quran
I.M Monsta X dikritik karena memakai kaus dengan tulisan yang diduga kalimat basmalah dalam bahasa Arab. Foto/Starship Entertainment
SEOUL - Rapper I.M Monsta X atau Changkyun pada Minggu (14/2) malam waktu Korea merilis tiga foto teaser untuk minidigital album solonya yang bertajuk "Duality" yang akan dirilis pada 19 Februari mendatang.

Tiga foto tersebut dirilis di akun Twitter (@OfficialMonstaX) dan Instagram (@official_monsta_x) resmi Monsta X. Selepas perilisan foto-foto tersebut, seorang netizen menyebut bahwa kaus yang dipakai I.M pada foto ketiga memuat kalimat basmalah (bismillah) dalam bahasa Arab.

Foto Teaser Minialbum I.M Monsta X Dikritik, Diduga Memuat Ayat Al-Qur'an

Foto: Twitter @OfficialMonstaX/Allkpop

Netizen lainnya lalu meminta kepada agensi yang menaungi Monsta X, Starship Entertainment, agar menghapus foto tersebut karena dianggap tidak menghormati kalimat suci bagi masyarakat muslim. Beberapa netizen lainnya juga meminta hal yang sama kepada agensi tersebut.



Baca Juga: Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto Teaser Minialbum I.M Monsta X Dikritik, Diduga Memuat Ayat Al-Qur'an

Foto: Twitter/Allkpop

Mengutip Allkpop, hingga saat ini belum ada informasi jelas tentang desainer kaus tersebut bagaimana kaus itu bisa dipakai I.M, dan penjelasan dari agensi terkait. Hingga berita ini ditulis, foto tersebut juga masih bisa dilihat di akun media sosial Monsta X.



Ini adalah kasus kesekian kalinya bagi para idol K-pop - dan semua yang terlibat dalam industri K-pop - menerima kritikan karena dianggap tidak sensitif terhadap budaya, sejarah, dan agama lain di luar Korea.

Beberapa kasus yang pernah terjadi, yaitu lagu Agust D ( Suga BTS ) berjudul "What Do You Think" memuat sebuah pidato dari pemimpin sekte bernama Jim Jones yang bertanggung jawab terhadap aksi bunuh diri massal.

Video musik BLACKPINK "How You Like That" juga pernah dikritik karena menampilkan patung Dewa Ganesha yang dihormati umat Hindu.

Foto Teaser Minialbum I.M Monsta X Dikritik, Diduga Memuat Ayat Al-Qur'an

Foto: YouTube BLACKPINK

Belum lama ini, Sowon GFriend juga berfoto dengan manekin yang memakai seragam Nazi dan mengunggahnya di akun Instagram-nya.

Untuk tiga kasus tersebut, pihak yang terlibat akhirnya meminta maaf atas keteledoran mereka. Sementara berbagai kalangan mulai mendesak agar semua yang terlibat dalam industri K-pop mempelajari hal-hal yang dianggap sensitif dalam perspektif budaya dan agama lain.

Kembali ke kasus I.M Monsta X, bagaimana sebenarnya hukum Islam terkait memuat tulisan dari ayat suci Alquran di pakaian?

Mengutip dari islam.nu.or.id , saat kita mengenakan pakaian, itu berarti cairan keringat kita akan bercampur dengan tulisan suci tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Menulis Surat Cinta yang Efektif Menurut Ahli

Menurut ulama Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi, saat keringat tersebut masih di dalam tubuh kita, maka tidak termasuk benda kotor. Sementara jika sudah di luar tubuh, maka akan termasuk benda kotor, dan haram jika melekat di lafal mulia.

Ulama pun menyimpulkan, bahwa sebaiknya kita menghindari penggunaan pakaian yang mengandung lafal suci demi menjaga kehormatan lafal tersebut.


(ita)
Share: