Ini Makna dan Manfaat Lain Tarian Sufi Selain untuk Meditasi Diri

Jum'at, 15 Mei 2020 - 18:00 WIB
loading...
Ini Makna dan Manfaat Lain Tarian Sufi Selain untuk Meditasi Diri
Tarian sufi atau whirling dervishes punya banyak makna mendalam terkait manusia dan Penciptanya. Foto/Cappadociaballoon.company
A A A
JAKARTA - Tarian dari Turki ini juga dikenal dengan sebutan whirling dervishes. Tarian Sufi atau tarian yang berputar-putar ini dianggap penuh makna karena sebagai bagian dari meditasi diri.

Karena bagian dari meditasi, jadi gak heran para penari sufi bisa berputar-putar dalam waktu yang lama tanpa harus merasa pusing.

SEJARAH TARIAN SUFI

Ini Makna dan Manfaat Lain Tarian Sufi Selain untuk Meditasi Diri

Foto: Fine Art America

Tarian ini lahir dari buah pikiran penyair Persia, Jalaluddin Rumi. Melansir dari tourketurki.com, tarian ini pertama kali dipertunjukkan di wilayah Anatolia, Turki, pada abad ke-13.

Dengan tampilan para penari yang cukup misterius, asal mula tarian ini pun cukup memilukan, yaitu berhubungan dengan cinta dan kehilangan.

Dalam sejarah Turki, tarian ini berawal dari kematian guru spiritual Rumi, yaitu Syamsuddin Tabriz. Karena rasa kehilangan yang sangat mendalam, Rumi mengekspresikan kesedihannya tersebut dengan menari berputar-putar. Yang kemudian ia jadi menyadari bahwa manusia itu fana.

MAKNA TARIAN SUFI

Ini Makna dan Manfaat Lain Tarian Sufi Selain untuk Meditasi Diri

Foto: Shutterstock

Tindakan berputar-putar yang dilakukan Rumi rupanya bukan cuma suatu gerakan yang tanpa makna. Makna yang bisa dipetik bahwa gerakan berputar-putar itu adalah simbol untuk menemukan tujuan hidup yang hakiki.

Dalam pemaknaan yang lebih khusus lagi, tarian dengan gerakan berputar melawan arah jarum jam ini adalah sebuah proses mencari Tuhan.

Nah, yang perlu ditekankan, seorang sufi yang hendak menarikan tarian ini harus punya fisik dan emosi yang kuat. Karena, tarian ini bisa dilakukan selama berjam-jam. Bahkan Rumi pernah melakukannya selama tiga hari tiga malam.

Para sufi yang menari akan menumpahkan seluruh emosinya selama menari agar mereka hanya merasakan kecintaan dan kerinduan akan Tuhannya.

MANFAAT LAIN TARIAN SUFI

Ini Makna dan Manfaat Lain Tarian Sufi Selain untuk Meditasi Diri

Foto: Baushtelle

Mengutip dari sufihouse.com, tarian sufi punya manfaat utama membantu kita untuk menghubungkan tubuh dan jiwa. Tarian ini akan membawa kita lebih dekat dengan Pencipta, serta membantu untuk merevitalisasi energi kita.

Tarian sufi sebagai sebuah tarian yang penuh pengendalian kesadaran bahkan sering diklaim sebagai obat yang bagus untuk meredakan rasa sakit.

Melansir dari CNN, Fadel Zeidan, seorang asisten profesor di Departemen Anestesiologi di Universitas California, San Diego, mengatakan bahwa ada bukti tarian sufi punya manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Zeidan juga mengungkapkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan, yakni bahwa saat para sufi menarikan tarian tersebut, maka secara gak langsung orang yang menyaksikan tarian itu akan mendapat manfaat penyembuhan untuk kesehatan, termasuk rasa sakit dan patah hati.

Nah, buat kamu yang lagi patah hati dan pengen lebih dekat dengan sang Pencipta, mungkin mau belajar dan mencoba tarian sufi ini?

Sofia Hanifah
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @sofiahnfh
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)