IDVolunteering Gelar Festival Sukarelawan Terbesar di Indonesia

IDVolunteering Gelar Festival Sukarelawan Terbesar di Indonesia
IDVolunteering menggelar IDV FEST 2020 yang digelar secara daring dan diikuti total puluhan ribu peserta. Foto/Dok. IDV FEST
JAKARTA - Desember dikenal sebagai bulannya para sukarelawan. Pada 5 Desember ada perayaan Hari Sukarelawan Internasional dan pada 26 Desember adalah Hari Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI).

Indonesia Volunteering Hub atau yang lebih dikenal @IDVolunteering pun tidak ketinggalan untuk turut memeriahkan momentum Hari Sukarelawan Internasional tahun ini.

Sejak 11 Oktober lalu, telah dilaksanakan rangkaian agenda IDV FEST 2020 atau Festival Hari Relawan Sedunia 2020 dari Indonesia secara daring.

Grand Opening IDV FEST 2020 menghadirkan sosok Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri, yang memberikan inspirasi untuk semangat menjadi sukarelawan. Sosok Miss Universe Indonesia 2020 kali ini memang merupakan anak muda yang aktif dalam komunitas sosial.



Ditemui di sela-sela aktivitasnya pasca Grand Closing IDV FEST 2020, Putri Agustina selaku Partnership Director sekaligus juga salah satu pendiri @IDVolunteering mengatakan bahwa dari total 53 webinar dengan pembicara (para pendiri atau pimpinan organisasi sosial) peserta bisa mendengarkan dan merasakan suka duka menjadi sukarelawan.

"Sehingga kita akan saling kuat menguatkan untuk membuat dunia menjadi lebih baik lagi," ujar Putri yang menyebut total peserta selama penyelenggaraan mencapai puluhan ribu.

IDVolunteering Gelar Festival Sukarelawan Terbesar di Indonesia

Foto: Dok. IDV FEST



“Webinar IDV FEST 2020 hampir kami lakukan paralel setiap hari setelah Grand Opening oleh Kak Ayuma hingga di sesi Grand Closing oleh Ibu Atalia dan Kak Billy pada 5 Desember. Bisa dibilang ini festival online relawan yang pertama dan terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Atalia Praratya Ridwan Kamil selaku Pendiri Jabar Bergerak memberikan ucapan selamat Hari Sukarelawan Internasional dalam welcome greeting. Dia berpesan agar peserta semangat, ikhlas, tulus, dan bisa berbagi dengan hati.

Dalam intro yang diberikan oleh Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, ada empat poin arti kesukarelawanan baginya, yaitu hidup adalah untuk berbuat baik, bisa banyak belajar dari aktivitas memberi, berempati untuk berinovasi, dan kebahagiaan yang abadi.

Untuk memperingati Hari Sykarelawan PMI yang diakui sebagai Hari Sukarelawan Nasional, @IDVolunteering juga tengah menyiapkan acara lainnya.

(ita)
Share: