Bintang 'Umbrella Academy' Ellen Page Umumkan Dirinya Transgender Nonbiner, Ini Arti Istilahnya

Bintang Umbrella Academy Ellen Page Umumkan Dirinya Transgender Nonbiner, Ini Arti Istilahnya
Ellen Page mengganti nama menjadi Elliot Page dan mengaku transgender dan nonbiner. Foto/ABCNews
JAKARTA - Aktris peraih nomine piala Oscar untuk film "Juno", Ellen Page membuat pengumuman dengan mengungkap bahwa dirinya adalah seorang transgender dan nonbiner (non-binary) mengganti namanya menjadi Elliot Page

Dalam akun media sosial miliknya, Elliot yang sebelumnya bernama Ellen Page menceritakan perihal keputusannya tersebut kepada khalayak. "Aku mencintai diriku yang seorang trans dan juga queer," tulis pemeran Vanya Hargreeves di serial The Umbrella Academy yang tayang di Netflix, dalam akunnya.

Bintang 'Umbrella Academy' Ellen Page Umumkan Dirinya Transgender Nonbiner, Ini Arti Istilahnya

Foto:Netflix

Dalam tulisannya, bintang asal Kanada itu menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal baik he/shedanjamak seperti they/them. Dia juga menggambarkan dirinya sebagai transgender dan nonbiner.



Kalau begitu apa sebenarnya gender dari Page? Merujuk pada Livescience, trasngender merupakan identitas gender yang berseberangan dengan gendernya ketika dilahirkan.

Itu artinya Page merasa dirinya bukan perempuan karenanya ia merubah namanya menjadi Elliot. Tapi di saat bersamaan dia juga mengaku seorang nonbiner. (Baca Juga: Sudah Kaya Raya, Billie Eilish Mengaku Tetap Belum Bisa Beli Lamborghini )

Menurut Poppy Amalia selaku psikolog dan motivator, nonbiner adalah identitas gender yang tidak secara khusus feminim ataupun maskulin, sehingga ia bisa menunjukkan ekspresi salah satu gendernya ataupun kedua gendernya sekaligus.



"Mereka bebas memilih gender mereka, jadi tidak spesifik. Kalau transgender kan ada pilihan yang spesifik. Jadi mereka ini menganggap di dalam dirinya ada orang lain," kata Poppy pakar micro expression ini.

Dengan demikian, nonbiner dapat dianggap sebagai pria atau perempuan tapi mereka sendiri tidak mengakui sebagai pria maupun perempuan. mereka menganggap mempunyai dua kelamin sekaligus.

Meski mereka sebenarnya hanya punya satu jenis kelamin.

Maka itu jangan heran kalau kelompok ini menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal (he/she) bahkan jamak sekalipun (they/them) bukannya "dia" yang merujuk pada satu jenis kelamin khusus sebagai pria atau perempuan saja.

"Nonbiner bisa dibilang sebagai jenis kelamin yang ketiga," pungkas Poppy.(Baca Juga: Bukan Introvert, Inilah Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Skizoid

(nov)
Share: