5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea Start-Up
Drama Korea Start-Up memberi gambaran tentang dunia kerja di perusahaan rintisan. Foto/Netflix
JAKARTA - Bukan cuma cerita romantisnya yang menarik, drama " Start-Up " juga bisa ngasih kita banyak ilmu tentang dunia start-up dan cara menjalani dunia kerja.

Sekarang, kamu mungkin sudah gak sabar menunggu episode 13 yang akan tayang Senin depan.

Tapi sebelum itu, kita simak dulu pelajaran tentang dunia kerja biar karier kamu bisa meningkat di kantor.

1. JANGAN INSECURE, PERCAYA DIRILAH!



5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

Foto: tvN

Merasa kurang dari orang lain memang bagus untuk introspeksi diri agar lebih baik. Namun merasa rendah diri secara terus-menerus tentu tidak baik. Hal ini bisa jadi sugesti buruk saat kamu akan melakukan sesuatu.

Dalam episode 11 "Start-Up" tim Samsan Tech akan melakukan “Hari Demo”, tapi saat akan tampil, mereka merasa kalah kualitas dibanding tim Injae Company. Namun alih-alih menaikan angka persentasenya, mereka tetap jujur dan percaya akan kemampuan mereka.



Hal tersebut berdampak baik. Siapa sangka justru mereka yang menang karena tetap percaya diri. Jadi, jangan terus merasa insecure.Kamu pasti bisa!

2. JANGAN GAMPANG PERCAYA PADA ORANG LAIN

5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

Foto: tvN

Pernahkah kamu merasa langsung percaya karena tawaran yang begitu menjanjikan saat situasi terdesak? (Baca Juga: Bos SM Entertainment Diserang Penggemar BTS Gara-gara Bicara Kesuksesan K-Pop )

Hal ini dialami oleh Seo Dal-mi saat merasa putus asa mencari investor untuk timnya pada episode ke-7. Dia pun langsung mengambil langkah setelah Won In-jae memberikan informasi mengenai investor Morning Group milik ayah tirinya.

Ekspektasi memang tidak sesuai dengan harapan. Ternyata niat baik Seo Dal-mi dan Nam Do-san mencari investor justru mendapat penghinaan menyakitkan.

Jadi langsung percaya perkataan seseorang, ya. Cari tahu dulu lebih dalam kebenaran kata-katanya dan alangkah baiknya kamu juga bisa berjaga-jaga dengan merekam perkataan orang tersebut sebagai bukti.

3. JANGAN REMEHKAN ORANG YANG POSISINYA DI BAWAHMU

5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

Foto: tvN

Memang saat merasa lebih baik atau di posisi puncak karier, seringkali kita terlena dan tidak sensitif dengan perasaan orang lain.

Tapi alangkah baiknya kalau kita memberi masukan kepada mereka yang di bawah posisi kita dengan cara yang baik.

Hal ini bisa kamu lihat dari sikap Han Ji-pyeong yang terus berkata kepada Nam Do-san dan teman-temannya bahwa mereka tidak akan berhasil sejak episode ke-2. Tapi siapa sangka tim Samsan Tech yang dibawa oleh Nam Do-san dan kawan-kawan justru berhasil lolos ke Sand Box bahkan sampai “Hari Demo”.

Jadi, jangan pernah remehkan orang yang berada di bawah kita. Siapa tahu justru mereka yang lebih sukses nantinya. Siapa yang tahu, kan!

4. PERCAYA DENGAN KEMAMPUAN TIM

5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

Foto: tvN

Dalam membangun suatu bisnis atau usaha, kerja tim yang baik terbangun atas dasar kepercayaan. Kamu harus yakin akan kemampuan sesama anggota, saling dukung dan membantu akan memperkuat tim tempat kamu berada.

Dalam episode ke-5, teman-teman Nam Do-san merasa tidak yakin akan kemampuan presentasi Dal-mi yang cuma lulusan SMA, tapi Nam Do-san meyakinkan mereka untuk percaya. Terbukti Dal-mi sukses meski meski terdiam sesaat sebelum memulai presentasi.

Ada beberapa adegan lain juga yang mengingatkan kita bahwa kerja tim yang baik harus diawali dengan rasa saling percaya. Dari situ, kesuksesan bersama akan bisa tercapai. (Baca Juga: Ini 5 Fandom Musik Terbesar di Dunia Menurut Pengamat Musik )

5. JANGAN LIBATKAN EMOSI DALAM PEKERJAAN

5 Nasihat tentang Dunia Kerja dari Drama Korea 'Start-Up'

Foto: tvN

Kamu pasti sering dengar bahwa jangan pernah libatkan urusan pribadi apalagi emosi dalam pekerjaan. Masih tak percaya? Kamu bisa lihat dalam episode ke-11 dan ke-12.

Dalam dua episode ini, Nam Do-san merasa tidak mau menerima alternatif yang akan diberikan oleh Han Ji-pyeong kalau timnya gagal mendapatkan investor saat “Hari Demo”. Oleh karena itu, dia bergegas menemui Alex dari 2STO untuk menerima tawarannya.

Namun ternyata Samsan Tech berhasil memenangkan “Hari Demo”, tapi mereka tetap membutuhkan investor kalau mau melanjutkan aplikasi NoonGil.

Karena tidak mau menerima bantuan dari Han Ji-pyeong, anggota tim langsung menandatangani kontrak tanpa pikir panjang. Ternyata hal gegabah tersebut berakibat fatal karena pihak 2STO hanya mengambil pengembang saja.

Nah kamu lihat, kan, akibatnya saat urusan pribadi dan emosi dilibatkan dalam pekerjaan? Hasilnya jadi tidak baik karena kamu tidak dapat berpikir objektif. (Baca Juga: Rekomendasi Drama dan Lagu untuk Mengenal Korean Wave )

Vica Nurul Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vicaaan

(it)
Share: