Justin Bieber Raih Empat Nomine Grammy Awards, tapi Malah Protes

Justin Bieber Raih Empat Nomine Grammy Awards, tapi Malah Protes
Justin Bieber merasa kategori yang didapatnya dari Grammy Awards 2021 adalah salah alamat. Foto/John Shearer, WireImage
LOS ANGELES - Justin Bieber berhasil menjadi nomine untuk empat kategori Grammy Awards, yaitu Best Pop Solo Performance (“Yummy”), Best Pop Duo/Group Performance (“Intentions,” featuring Quavo), Best Pop Vocal Album, dan Best Country Duo/Group Performance (kolaborasi dengan Dan + Shay’s “10,000 Hours”).

Meski begitu, Justin mempermasalahkan mengapa lagu-lagunya dalam album "Changes" itu malah masuk dalam kategori pop, bukan R&B.

Di sisi lain, penyanyi R&B kenamaan seperti The Weeknd, Alicia Keys, Summer Walker, dan Kehlani justru gak berhasil masuk sebagai nomine.

Penyanyi berusia 26 tahun itu pun lalu curhat masalah tersebut lewat akun Instagram-nya. @justinbieber .



“Kepada Grammy , aku tersanjung karyaku dihargai dan diapresiasi. Aku orang yang sangat detail dan perhatian dengan musikku. Karenanya aku membuat album R&B. "Changes" adalah album R&B. Sayangnya album itu tidak dikenal sebagai album R&B yang menurutku itu aneh," tulisnya.

Justin Bieber Raih Empat Nomine Grammy Awards, tapi Malah Protes

Foto: YouTube Justin Bieber

"Aku besar dengan mengagumi musik R&B dan berharap membuat proyek yang bisa mewujudkan impianku. Karenanya, sangat aneh tidak memasukkan lagu-laguku ke kategori tersebut. Mengingat dari chords sampai melodi maupun gaya vokal, semuanya mengikuti irama hip-hop yang dipilih. Tidak diragukan lagi, itu adalah album R&B."



"Untuk diketahui, aku sangat suka musik pop, tapi bukan musik pop yang kubuat. Tapi aku sangat berterima kasih karyaku telah dihargai dan jadi nomine. Tolong jangan salah mengartikan aku tidak bersyukur. Ini hanya pendapatku, boleh diterima boleh tidak. Terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungku yang bahkan tidak menjadi nomine."

Para nomine Grammy Awards diseleksi oleh para ahli musik dari genre mereka masing-masing. Anggotanya terdiri dari para musisi, produser, penulis lagu, dan eksekutif industri musik. (Baca Juga: Taylor Swift Ungkap Kode Tersembunyi dan Makna Video Musik Lagu Cardigan )

Justin Bieber Raih Empat Nomine Grammy Awards, tapi Malah Protes

Foto: YouTube Justin Bieber

Pop adalah kategori yang sering membuat bingung. Musisi populer seperti Post Malone atau Macklemore, mungkin ditolak oleh komite genre, misalnya rap. Karena orang-orang yang berada di komite tersebut menganggap mereka adalah penyanyi pop.

Konflik lain juga menjadi alasan The Weeknd gagal masuk kategori apa pun tahun ini. Komite pop menganggap musiknya sebagai R&B, demikian juga sebaliknya.

Menanggapi ini, Presiden/CEO Grammy Harvey Mason jr. mengatakan kepada Variety bahwa orang-orang yang ada dalam komite adalah kaum profesional terbaik dalam pekerjaannya menulis lagu, memproduseri, dan sebagai musisi.

"Mereka amat kritis mendengar setiap lagu yang diberikan. Kami mendengar semua lagu bahkan album dan hampir seluruh album. Saya tidak tahu butuh waktu berapa jam. Yang jelas lama dan sulit, dan orang-orang ini bangga melakukannya,” ungkap Mason. (Baca Juga: 5 Lagu Hindia yang Mengajarkan Arti Kehidupan )

(it)
Share: