Tips Bikin Konten Instagrammable Pakai Ponsel saat Staycation

Jum'at, 20 November 2020 - 16:59 WIB
loading...
Tips Bikin Konten Instagrammable Pakai Ponsel saat Staycation
Kegiatan saat staycation bisa diisi dengan memperbanyak memotret ruangan, kamar, atau kondisi hotel. Foto/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Selain terhindar dari kerumunan di tempat wisata saat akhir pekan, staycation juga relatif terjangkau. Karena itu, ini bisa jadi hiburan alternatif bersama keluarga ataupun teman dekat.

Staycationadalah tren liburan dalam kota (umumnya di hotel). Berasal dari kata stay (tetap) dan vacation (liburan).

Karena liburannya di dalam kota, jadi tak perlu banyak ongkos. Juga tidak membuang waktu berkemas, di perjalanan, dan pulang pergi bandara. Karena itu staycation bisa dilakukan saat akhir pekan. Dinding media sosial pun bisa cantik dalam waktu singkat.

Nah, tapigimana mengabadikan staycation menjadi momen yang berkesan dan bisa diabadikan dengan baik? Memanfaatkan Samsung Galaxy A51 dan A71, SINDOnews punya beberapa tips yang bisa digunakan. Sebab, kedua smartphone ini sudah sangat mumpuni.

1. MANFAATKAN ULTRA WIDE ANGLE

Kameraultra wide angle12 MP, f/2.2, 123 derajat di Galaxy A51 dan A71 mungkin menjadi mode kamera yang paling banyakSINDOnewsmanfaatkan saatstaycation. Selain lebih dramatis, lebih banyak obyek dan subyek yang bisa terekam. Misalnya di sudut kolam renang, memotret bagian depan hotel, atau di dalam kamar.

Tips Bikin Konten Instagrammable Pakai Ponsel saat Staycation

Foto: Danang Arradian

Terbukti, SINDOnews mendapat peringkat ke-8 sebagai Google Local Guides dengan hampir 10 juta foto yang dilihat publik di Google Maps, karena selalu memotret menggunakan kamera ultra wide angle.

2. PRO MODE

Setelah makan malam dengan teman atau keluarga, tidak ada salahnya untuk berburu sudut-sudut hotel yang menarik. Di kolam renang, lobi, taman, atau pemandangan di luar kamar yang menarik.

Silakan berkreasi bak fotografer profesional di menu Pro Mode. Kita bisa mengatur aspek fotografi seperti ISO, shutter speed, white balance hingga aperturuntuk mendapat gambar sesuai keinginan.

Galaxy A71 dan A51 punya konfigurasi empat kamera di belakang yang dapat dioptimalkan. ( )

3. ANTARA 64 MP atau 32 MP

Kamera utama 64 MP di Galaxy A71 dan 32 MP di Galaxy A51 biasanya dimanfaatkan SINDOnewsuntuk obyek pemandangan, pegunungan, atau lansekap yang memang butuh detail tinggi. Dengan resolusi lebih besar, memang tidak otomatis gambar yang dihasilkan lebih bagus. Tapi, sudah pasti detail gambar yang terekam lebih banyak.

Tips Bikin Konten Instagrammable Pakai Ponsel saat Staycation

Foto: Danang Arradian


4. MEMOTRET JARAK DEKAT (CLOSE-UP)

Tentu saja saat liburan staycation, yang menarik dikenang adalah momen dan memori. Karena itu, jangan selalu fokus dengan obyek di sekitar. Tapi, fokus juga dengan subyek. Abadikan ekspresi anggota keluarga, entah tertawa, marah, sedih, atau sedang berfoto di tempat tertentu lewat fitur Live Focus. Karena kita bisa mengatur tingkat keburaman latar belakang dengan mudah. Jadi hanya subyek foto yang tampil menonjol.

5. ABADIKAN BANYAK MOMEN

Jangan takut untuk selalu mengabadikan setiap momen saat berlibur staycationmemakai Galaxy A51 dan A71. Jangan takut juga mengambil foto sebanyak mungkin. Karena momen tidak akan berulang lagi.

Atau, kalau tidak ingin ribet, silakan optimalkan fitur Single Take. Hanya lewat satu sentuhan (dengan menggerak-gerakkan kamera), maka kamera Galaxy A51 dan A71 akan menangkap sejumlah momen sekaligus, baik foto dan video. SINDOnews suka sekali memanfaatkan momen ini untuk membuat Feed dan Story di Instagram.

6. FOTO MAKRO

Tips Bikin Konten Instagrammable Pakai Ponsel saat Staycation

Foto: Danang Arradian

Fitur Macro sebenarnya menarik dioptimalkan. Di sisi kolam renang hotel, misalnya, ada banyak sekali obyek mungil misalnya kupu-kupu, semut, siput, atau hewan lain yang bisa diabadikan dengan kamera Macro.

Fotografi Macro merupakan teknik pengambilan foto obyek dalam jarak yang sangat dekat, untuk mendapat detail obyek berukuran sangat kecil.

7. MODE PANORAMA

Galaxy A51 dan A71 punya mode Panorama yang bisa dimaksimalkan. Mudah sekali, kok. Hanya tinggal menggeser dari kiri ke kanan untuk mendapat foto dengan orientasi horizontal (lansekap) yang sangat lebar.

Kelebihan dari memotret dengan cara lansekap ini adalah lebih luas obyek yang dapat diambil dalam satu jepretan. ( )

8. SELFIE DAN WEFIE

Jangan lupa untuk selalu berswafoto bersama teman dan keluar untuk mengenang momen saat liburan. Apalagi, kamera Galaxy A51 dan A71 sudah 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8μm, sehingga hasilnya sangat tajam.

Nah, siap untuk berlibur staycation akhir pekan ini dan mengabadikan setiap momen seru?
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)