BTS dan BLACKPINK Daftar untuk Song of The Year Grammy, Pengumuman 24 November 2020

BTS dan BLACKPINK Daftar untuk Song of The Year Grammy, Pengumuman 24 November 2020
BTS termasuk salah satu grup K-pop yang karyanya didaftarkan untuk masuk sebagai nomine Grammy Awards 2021. Foto/Big Hit Entertainment
JAKARTA - Recording Academy akan mengumumkan para nomine Grammy Awards 2021 pada 24 November mendatang. Apakah kali ini BTS dan BLACKPINK akan disebut namanya?

Mengutip Koreaboo, untuk Grammy Awards yang ke-63 ini, BTS mendaftar untuk beberapa kategori.

Kategori-kategori tersebut yaitu Album of the Year, Best Pop Vocal Album, dan Best Engineered Album, Non-Classical untuk album "MAP OF THE SOUL: 7".

Sementara untuk lagu "Dynamite" didaftarkan untuk Record Of The Year, Pop Duo/Group Performance, Best Music Video, dan Song Of The Year.



BTS dan BLACKPINK Daftar untuk Song of The Year Grammy, Pengumuman 24 November 2020

Foto: Big Hit Entertainment

Adapun BLACKPINK , mendaftar untuk masuk sebagai nomine Best New Artist, serta Record of the Year, Song of the Year, dan Best Pop Duo/Group Performance lewat kolaborasinya dengan Selena Gomez, "Ice Cream".

Selain BTS dan BLACKPINK, SuperM juga mendaftar untuk Best New Artist. Untuk lagu “Jopping” didaftarkan sebagai nomine Best Music Video, Pop Duo/Group Performance, Record of the Year, dan Song of the Year.



Sementara album "1st Mini Album" didaftarkan untuk Album of the Year, Best Pop Vocal Album, dan Best Engineered Album, Non-Classical. (Baca Juga: Mengenal Produce Panda, Boyband Berbadan Gempal yang Masukkan Musik Bali dalam Lagunya )

MONSTA X juga mendaftarkan lagu “Someone’s Someone” untuk Best Music Video, Best Pop Duo/Group Performance, Record of the Year, dan Song of the Year.

Album "All About Luv" juga didaftarkan untuk Best Pop Vocal Album dan Album of the Year. Album "LOVE U" bersama French Montana juga didaftarkan untuk kategori Producer of the Year, Non-Classical.

BTS dan BLACKPINK Daftar untuk Song of The Year Grammy, Pengumuman 24 November 2020

Foto: YouTube BLACKPINK

Sebagai catatan, tiap perusahaan rekaman yang terdaftar alias legal boleh mendaftarkan karya para artisnya untuk masuk sebagai nomine Grammy Awards. Syaratnya, karyanya dijual (produk komersial), baik secara konvensional maupun digital ke pasar internasional.

Tahun lalu, para penggemar K-pop kecewa dengan Grammy karena gak ada satu pun karya BTS dan BLACKPINK yang masuk sebagai nomine. Padahal, dua grup ini udah menunjukkan prestasi di tangga lagu dunia, juga punya popularitas di Amerika Serikat.

Nah, tahun ini, harapan jadi lebih besar, salah satunya karena Recording Academy menambah anggota baru dalam keanggotaannya dengan tujuan agar latar belakangnya lebih beragam.

Billboard melaporkan pada 2019 lalu, bahkan anggota BTS pun termasuk yang diundang untuk masuk sebagai anggota baru. Totalnya ada 1.340 undangan yang disebar.

Mereka yang mendapat undangan untuk menjadi anggota yaitu 57% vokalis, 15% masing-masing untuk penulis lagu dan instrumentalis, 9% produser, dan 6% engineer.

Sementara berdasarkan genre, pop (17%), rap (13%), musik Amerika (12%), R&B (11%), dan rock (11%). (Baca Juga: Billie Eilish Gelar Konser Virtual 25 Oktober, Ini Harga Tiket dan Gambaran Konsernya )

BTS dan BLACKPINK Daftar untuk Song of The Year Grammy, Pengumuman 24 November 2020

Foto: Grammy

Recording Academy juga menyebut bahwa 49% dari calon anggota itu adalah perempuan, 41% nonkaukasian, dan 51% berumur 39 tahun ke bawah.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.186 orang diundang sebagai anggota yang punya hak pilih untuk menentukan pemenang Grammy. Sementara sisanya masuk sebagai anggota "profesional" yang gak punya hak voting.

Gak begitu jelas, jenis undangan yang mana yang diterima BTS. Yang pasti, mereka yang mau menerima undangan tersebut harus menyatakan kesediaannya paling telat 25 September lalu.

Per 2019, keanggotaan Recording Academy yang menentukan para pemenang Grammy Awards 2020 adalah 26% perempuan, 24% nonkaukasian, dan 29% berusia 39 tahun ke bawah. (Baca Juga: 5 Girl Group K-Pop yang Membuka Jalan Sukses untuk BLACKPINK )

Dengan keterbukaan terhadap anggota baru yang lebih beragam untuk Grammy Awards 2021, diharapkan para juri bisa lebih terbuka dalam melihat fenomena musik di dunia, termasuk K-pop.

Grammy Awards 2021 punya 84 kategori. Acara puncak sekaligus pengumuman pemenang akan dilakukan pada 31 Januari 2021.


(it)
Share: