OPINI

K-Popers Melawan Omnibus Law di Twitter: Strategi Politik Lewat Fandom?

K-Popers Melawan Omnibus Law di Twitter: Strategi Politik Lewat Fandom?
Para pencinta K-pop sudah diakui sebagai basis penggemar yang militan, dan kini juga ikut berpartisipasi dalam isu-isu sosial politik. Foto/KCON USA, canvas8.com
Jakarta - Apatis dengan urusan negara, lebih mencintai Korea daripada Indonesia, dan dianggap spam karena menutupi isu yang seharusnya trending, adalah segelintir stereotip buruk yang sempat tersemat pada K-Popers Indonesia.

Namun stereotip tersebut sepertinya mulai runtuh saat beberapa kali para penggemar K-Popikut bersuara dalam isu-isu sosial dan politik.

Misalnya baru-baru ini, banyak di antara para penggemar dunia hiburan Korea tersebut, khususnya di media sosial Twitter, ikut menyuarakan aspirasinya terkait penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja(Ciptaker).

Namun demikian, apakah hal ini dipandang sebagai strategi politik baru? (Baca Juga:Lagu Buruh Tani jadi Mars saat Demo Omnibus Law, Begini Asal-usulnya)



UU Omnibus Law dengan segala kontroversinya telah menambah daftar panjang kejadian bersejarah kehidupan demokrasi di Indonesia. Penolakan pengesahannya yang dilayangkan banyak masyarakat lintas kalangan dilakukan dengan berbagai cara.

K-Popers Melawan Omnibus Law di Twitter: Strategi Politik Lewat Fandom?

Foto: Sindonews

Elemen-elemen masyarakat seperti buruh, aktivis lingkungan, dan mahasiswadi hampir seluruh wilayah di Indonesia turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya.



Selain cara tersebut, banyak masyarakat yang juga bersuara lewat media sosial. Hasilnya, penolakan UU Omnibus Law menjadi trendingdi berbagai media sosial selama beberapa hari terakhir, khususnya Twitter.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss