Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja

Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja
Buku Lagi Probation memberi kita panduan tentang tahapan mencari pekerjaan di dunia kerja. Foto/Dok. Rohmatul Hikmah
JAKARTA - Buku ini bisa bercerita banyak, dari mulai sulitnya mencari, menavigasi politik kantor, sampai lika-liku perjalanan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai impian.

Buku "Lagi Probation" ditulis oleh Samuel Ray atau yang lebih sering disapa Koh Sam. Sang penulis punya pengalaman selama tujuh tahun di divisi HRD, jadi setiap pembahasan dalam buku ini disertai sudut pandang pribadinya sebagai seorang profesional di divisi tersebut.

Dalam buku ini dijelaskan maksud 'lagi probation' adalah kondisi saat seorang karyawan lagi diuji kualitas pekerjaannya setelah diterima bekerja. (Baca Juga: 10 Cara Jitu Supaya Kamu Disukai Banyak Orang! )

Status sang karyawan adalah belum diangkat jadi karyawan tetap. Artinya, dia masih dalam masa percobaan dalam dunia kerja.

Dalam buku ini, Koh Sam memberi pengantar soal pengalamannya menapaki dunia kerja . Beberapa langkah untuk mencari kerja dijelaskan secara detail dalam bagian buku ini, dimulai dari alasan bekerja.

Buku ini bakal membuatmu bertanya pada diri kamu sendiri, apa alasan bekerja? Yang pasti dan ditekankan dalam buku ini, jadikan alasan bekerja supaya bisa hidup mandiri dan berhenti menyusahkan orang lain.



Cari kerja juga harus didasari dengan mimpi dan mencapai karier. Koh Sam berpesan: berkarier dengan tujuan. (Baca Juga: home>gen news Karier 5 Situs Web untuk Mencari Kerja, Bisa untuk Pelajar dan Cari Magang )

Dalam mencari kerja juga diperlukan CV yang baik. Dalam bagian ini diajarkan membuat CV secara detail, dari mulai informasi pribadi, informasi pekerjaan, dan informasi penting lainnya yang perlu dimasukkan dalam CV.

Selain itu, dalam bagian ini juga dijelaskan secara detail penilaian CV yang dikirim oleh pelamar kepada HRD seperti nilai IPK, pengalaman organisasi, foto, bahkan desain CV-nya pun ikut jadi bahan pertimbangan.
halaman ke-1
Share: