Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja

Senin, 21 September 2020 - 20:00 WIB
loading...
Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja
Buku Lagi Probation memberi kita panduan tentang tahapan mencari pekerjaan di dunia kerja. Foto/Dok. Rohmatul Hikmah
A A A
JAKARTA - Buku ini bisa bercerita banyak, dari mulai sulitnya mencari, menavigasi politik kantor, sampai lika-liku perjalanan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai impian.

Buku "Lagi Probation" ditulis oleh Samuel Ray atau yang lebih sering disapa Koh Sam. Sang penulis punya pengalaman selama tujuh tahun di divisi HRD, jadi setiap pembahasan dalam buku ini disertai sudut pandang pribadinya sebagai seorang profesional di divisi tersebut.

Dalam buku ini dijelaskan maksud 'lagi probation' adalah kondisi saat seorang karyawan lagi diuji kualitas pekerjaannya setelah diterima bekerja. ( )

Status sang karyawan adalah belum diangkat jadi karyawan tetap. Artinya, dia masih dalam masa percobaan dalam dunia kerja.

Dalam buku ini, Koh Sam memberi pengantar soal pengalamannya menapaki dunia kerja . Beberapa langkah untuk mencari kerja dijelaskan secara detail dalam bagian buku ini, dimulai dari alasan bekerja.

Buku ini bakal membuatmu bertanya pada diri kamu sendiri, apa alasan bekerja? Yang pasti dan ditekankan dalam buku ini, jadikan alasan bekerja supaya bisa hidup mandiri dan berhenti menyusahkan orang lain.

Cari kerja juga harus didasari dengan mimpi dan mencapai karier. Koh Sam berpesan: berkarier dengan tujuan. ( )

Dalam mencari kerja juga diperlukan CV yang baik. Dalam bagian ini diajarkan membuat CV secara detail, dari mulai informasi pribadi, informasi pekerjaan, dan informasi penting lainnya yang perlu dimasukkan dalam CV.

Selain itu, dalam bagian ini juga dijelaskan secara detail penilaian CV yang dikirim oleh pelamar kepada HRD seperti nilai IPK, pengalaman organisasi, foto, bahkan desain CV-nya pun ikut jadi bahan pertimbangan.

Selain CV, ada beberapa perusahaan yang memerlukan surat lamaran (cover letter). Untuk menyiapkannya, dijelaskan standar surat lamaran tersebut supaya pesan yang dikirim pelamar sampai ke HRD. Yaitu mulai perkenalan, tujuan, dan penutup.

Selain itu, Koh Sam juga menekankan pentingnya etika dalam melamar pekerjaan. Meski para pelamar pasti mengirim emailke banyak perusahaan, tapi setiap mengirim email tersebut, mesti ada tata caranya, yaitu dimulai dari menyapa, perkenalan, tujuan menghubungi, hingga ditutup dengan call to action. Hal ini supaya pelamar punya nilai lebih saat mendaftar kerja.

Setelah proses melamar selesai, masih ada beberapa tahap lagi sampai benar-benar diterima kerja. Salah satunya proses wawancara. Dalam buku ini, Koh Sam memberikan tips wawancara agar pelamar lebih dilirik oleh HRD. ( )

Gak tanggung-tanggung, Koh Sam pun membocorkan berbagai teknik wawancara yang biasa digunakan HRD, antara lain competency based, situasional based, brain teaser, atau bahkan sampai teknik suka-suka pewawancara.

Belum selesai prosesnya, setelah wawancara ada beberapa perusahaan yang menjalankan tes kerja.Lagi-lagi penulis membeberkan beberapa tes kerja dari mulai psiko metrik, ketangkasan, hingga medical check up.

Bahkan setelah diterima pun, masih ada hal-hal yang harus dikerjakan sebelum benar-benar bekerja, seperti tanda tangan kontrak hingga negosiasi gaji. ( )

Buku ini juga didukung ilustrasi supaya pembaca gak merasa bosan. Bahasanya pun ditulis layaknya lagi bercerita. Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa dipraktikkan langsung oleh pembaca saat membaca buku ini. Jadi membaca buku ini benar-benar menyenangkan.

Rohmatul Hikmah
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @rohmatulhikmah
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)