Anak Muda Doyan Musik Jadul, Keluar Ratusan Ribu untuk Beli Kaset

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:53 WIB
loading...
Anak Muda Doyan Musik Jadul, Keluar Ratusan Ribu untuk Beli Kaset
Band hard rock asal Amerika Serikat, Guns N Roses, populer pada era 1980-an. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Selera musik anak muda masa kini gak jauh-jauh dari K-pop, EDM, atau pop mainstream. Tapi, ada juga sebagian kecil yang justru mengikuti selera musik dari era jauh sebelum mereka lahir.

Sejak kemunculan berbagai macam genre pada awal abad ke-20 yang diawali dengan musik blues pada tahun 1903, industri musik terus berkembang sampai sekarang.

Berbagai macam genre dan subgenre terus bermunculan sejak saat itu. Mulai dari jaz (1904), country & folk (1930-an), R&B (1940-an), rock (1950-an), contemporary folk (1960-an), rap dan hip-hop (1970-an), punk rock (1974), dan pop (1980-an).

Perkembangan ini membuat industri musik jadi salah satu industri yang gak pernah mati dan berkembang bersama zaman.

Di tengah perkembangan musik inilah, rupanya ada anak-anak muda yang seleranya justru berkiblat ke masa lampau. Dibanding dengerin BTS, BLACKPINK, The Chainsmokers, Miley Cyrus, atau Dua Lipa, mereka lebih akrab dengan lagu-lagu jadul dari band era 1970-an hingga 1990-an.

Anak Muda Doyan Musik Jadul, Keluar Ratusan Ribu untuk Beli Kaset

The Rolling Stones. Foto:Suzanne Cordeiro/AFP

Misalnya seperti The Beatles, Gun N’ Roses, Oasis, Queen, Bee Gees, Pink Floyd, Radiohead, Nirvana, AC/DC, juga The Rolling Stones.

Atau untuk di dalam negerinya, ada Iwan Fals, Ebiet G. Ade, Guruh Soekarnoputra, dan Mus Mulyadi.

Anak-anak muda ini, yang usianya 20-an tahun, kebanyakan mengaku tahu band-band dan para musisi lawas itu dari orang tua mereka yang penggemar band atau musisi tersebut.

Beranjak dewasa, akses untuk mengeksplorasi musik tersebut pun semakin terbuka lebar dengan adanya internet dan berbagai layanan streaming, baik yang gratis maupun berbayar.

Selain itu, gak sedikit orang tua yang mengoleksi berbagai macam piringan hitam (vinyl), kaset, hingga CD, dan DVD dari musisi-musisi yang digemarinya. Jadi, anak-anak muda makin gampang terpapar dengan musik-musik lama.

Belum lagi ada banyak juga lagu lama yang populer lagi di telinga anak muda zaman sekarang gara-gara dijadikan soundtrack film. Atau malah bandnya yang difilmkan seperti film “Bohemian Rhapsody” yang menyorot band legendaris Queen.

Anak Muda Doyan Musik Jadul, Keluar Ratusan Ribu untuk Beli Kaset

Nirvana. Foto:Paul Bergen/Redferns/Getty Images

Maulvi, 20, dan Awan, 24, mengaku suka mendengarkan musik era lampau karena flow musiknya mereka anggap lebih enak, cocok untuk relaksasi.

Selain itu, alasan-alasan lain seperti warna vokal yang lebih khas, liriknya yang lebih dalam dan jujur, keberadaannya yang gak sekadar mengikuti pasar, juga keberagaman tema yang dibawakannya, yang gak melulu soal cinta.

Susah Mencari Koleksi

Untuk mereka yang menggandrungi musik jadul sampai mengoleksi berbagai macam aksesorinya, ini jadi tantangan tersendiri karena barangnya yang langka.

Maulvi mengaku untuk satu keping piringan hitam yang ingin dimilikinya, dia harus merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah. Tentu hal ini masih harus ditambah dengan alat pemutarnya, gramofon,yang sekarang harganya bisa mencapai jutaan.

Beruntung Maulvi bisa memakai gramofon milik kakeknya yang udah gak dipakai lagi.

Anak Muda Doyan Musik Jadul, Keluar Ratusan Ribu untuk Beli Kaset

Grafis: Susilo/KORAN SINDO
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)