Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Senin, 09 September 2024 - 14:05 WIB
loading...
Adu Prestasi aespa vs...
Perbandingan prestasi aespa vs NewJeans bisa dilihat dari posisi lagu di chart dan penghargaan di tingkat domestik dan global. Foto/The Fact Music Awards
A A A
JAKARTA - Pembahasan tentang aespa dan NewJeans memang selalu menarik perhatian para pencinta K-pop . Pasalnya setiap kali merilis album, kedua girl group ini hampir selalu berbarengan.

Misalnya saat comeback NewJeans pada 2024 yang merilis album How Sweet pada 24 Mei, aespa lalu juga comeback pada 27 Mei merilis album Armageddon. Jarak comeback yang hanya berselang selama tiga hari dianggap sebagai suatu persaingan.

Selain itu, dari girl group yang debut pada 2020-an, kedua grup ini jadi yang paling terpopuler, membuat keduanya sering dibandingkan, baik dari segi apa pun. Persaingan ini makin menjadi pembahasan pencinta K-pop setelah beredar percakapan pribadi yang diklaim antara pendiri HYBE Bang Shi-hyuk yang bertanya pada CEO ADOR saat itu, yaitu Min Hee-jin, apakah sang CEO bisa mengalahkan aespa.



Oleh karena itu, perlu juga mengetahui perbandingan dari sisi prestasi aespa dan NewJeans di Korea dan kancah global. Siapakah yang lebih unggul di antara keduanya?

Perlu diketahui, aespa debut pada 17 November 2020, sedangkan NewJeans pada 22 Juli 2022. Aespa memiliki empat member, yaituKarina, Giselle, Winter,serta idol asal China Ningning. Sementara NewJeans memiliki lima member yang terdiri dari Minji, Danielle, Haerin, Hyein, dan idol asal Vietnam Hanni.

Perbandingan Prestasi aespa vs NewJeans di Korea dan Tingkat Global


Adu Prestasi aespa vs NewJeans di Chart Musik Korea

Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Foto: SM Entertainment

Hingga September 2024, aespa memiliki lebih banyak lagu yang duduk di posisi nomor 1 Melon dibanding NewJeans. Perbandingannya adalah 4 melawan 3.

Grup dari SM Entertainment itu mengumpulkan 4 lagu, yaitu Next Level (2021), Savage (2021), Spicy (2023), dan Supernova (2024). Sedangkan NewJeans mendapat tiga lagu dengan Attention (2022), Hype Boy (2022), dan Ditto (2022).

Jika melihat tahunnya, aespa terlihat lebih konsisten melahirkan lagu-lagu hit dibandingkan NewJeans di pasar domestik.

Sementara jika melihat kekuatan bertahannya, Supernova juga menjadi lagu terlama di posisi pertama chart Melon sepanjang sejarah, yaitu selama 15 minggu sekaligus menumbangkan Ditto. Meski begitu, Ditto masih memegang rekor sebagai PAK terbanyak yaitu 655 jam.

Adu Prestasi Aespa Vs NewJeans di Ajang Penghargaan di Korea Selatan

Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Foto: ADOR


Aespa telah memenangkan 3 piala Korean Music Awards, 4 Melon Music Awards, 4 Golden Disc Awards, 2 MAMA Awards, serta 3 Seoul Music Awards.

Sedangkan NewJeans dengan 4 Korean Music Awards, 7 Melon Music Awards, 4 Golden Disc Awards, 4 MAMA Awards, dan 3 Seoul Music Awards. Dengan begitu, NewJeans mendapatkan lebih banyak penghargaan dibanding aespa sepanjang karier mereka sejauh ini.

Adapun untuk penghargaan daesang dari ajang paling paling bergengsi, NewJeans memperoleh piala Artist of the Year dan Song of The Year (Ditto) dari MAMA Awards dan Melon Music Awards tahun 2023. Sedangkan aespa hanya mendapatkan piala Record of the Year dari Melon Music Awards 2021.

Dari Korea Music Awards, NewJeans memperoleh piala Best K-pop Album (New Jeans) dan Best K-pop Song (Attention) juga Best K-pop Album (Get Up), Best K-pop Song (Ditto), serta Song of the Year (Ditto). Sementara aespa memperoleh Best K-pop Song dan Song of the Year untuk Next Level.

Adu Prestasi Aespa vs NewJeans di Chart Musik Global

Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Foto: SM Entertainment

Di kancah internasional, NewJeans juga bisa dibilang lebih unggul dan populer. Mereka berhasil menempatkan lagu OMG dan Ditto berada di urutan ke-74 dan ke-84 di Billboard Hot 100.

Selain itu Lagu Super Shy yang dirilis pada 7 Juli 2023 juga masuk Billboard Hot 100 meraih posisi yang lebih tinggi dari lagu sebelumnya yaitu pada peringkat ke-66. Pada 8 Maret 2023, NewJeans mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record sebagai Artis K-pop tercepat yang mencapai satu miliar streaming di Spotify dalam 219 hari.

Adapun aespa belum pernah sekali pun masuk dalam tangga lagu bergengsi Billboard Hot 100. Namun Black Mamba sempat menduduki posisi ke-138 tangga lagu Billboard Global 200. Drama menduduki peringkat ke-33 di Billboard 200 dan pada Mei lalu, Supernova masuk ke dalam Top 20 Mingguan di posisi posisi ke-19 pada Billboard Global 200.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)