Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia
Banyak webtoon karya penulis Indonesia yang meledak dan malah disangka berasal dari penulis luar negeri. Foto/Freepik
JAKARTA - Ada banyak cerita webtoon dari ribuan penulis dari berbagai negara, juga dari genre yang berbeda.

Nah, ada beberapa cerita webtoon yang meledak banget, tapi disangka buatan penulis luar negeri, padahal aslinya, sih, dibuat orang Indonesia. Apa aja judulnya, langsung cek! (Baca Juga: Mau Bikin Khayalan Kamu Jadi Cerita Webtoon? Ini Tips dari Kennsaty, Creator Webtoon Blue )

1. EGGNOID - ARCHIE THE REDCAT

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto: Line Webtoon

Webtoon genre romantis yang satu ini terhitung udah melahirkan 229 episode dari season pertama sampai season keempat. Webtoon karya Archie the Redcat ini sukses menduduki posisi pertama webtoon Indonesia yang bergenre romantis. "Eggnoid" juga disukai oleh lebih dari 22,2 juta pembaca dengan rating 9.7/10!

Nah, webtoon ini sering dikira sebagai webtoon translate-an. Padahal aslinya, justru webtoon ini yang udahditerjemahkan kebanyak bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Thailand, Spanyol, Persia, Prancis, Arab, Italia, Turki, Portugal, dan beberapa bahasa lainnya yang belum selesai proses terjemahannya.

"Eggnoid" juga udah pernah diadaptasi jadi film berjudul sama oleh Visinema Pictures pada akhir 2019 lalu, dengan pemeran Morgan Oey dan Sheila Dara. Selain "Eggnoid", Archie The Redcat juga bikin webtoon "Sri Asih". Lewat Instagram @archietheredcat, sang penulis sering menyapa pengikutnya dengan bahasa Sunda.

2. FLAWLESS - SHINSHINHYE

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto: Line Webtoon

Webtoon ini bercerita tentang Sarah, cewek yang gak terlalu feminin, lantas ketemu cowok dingin tapi peka bernama Elios. Elios adalah penyandang tunanetra, yang dengan segala kelebihannya bikin Sarah dan banyak orang penasaran dengannya.

Setelah menemani pembaca sejak 2015, webtoon ini resmi tamat pada terbitan ke 233, 18 Agustus lalu.Webtoon yang disukai lebih dari 20,6 juta ini juga dapat rating tinggi, yakni 9.7/10. Webtoon genre romantis ini juga udah dialihbahasakan ke bahasa Inggris, Thailand, Spanyol, Arab, Italia, Mandarin, Prancis, dan Turki

Shinshinhye sering banget berinteraksi secara daring bareng pembaca lewat Instagram @shinshinhye6! Dia juga membawa "Flawless" ke pameran industri kreatif, Comifuro. (Baca Juga: Pengakuan Para Kriminal tentang Cara Memilih Korban Mereka )

3. WONDERWALL - SENALOLI

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto: Line Webtoon

"Wonderwall" bercerita tentang kisah hidup Jessy, seorang cewek yang punya banyak masalah, dan punya trauma yang bikin dia gak gampang percaya dengan siapa pun. Lalu di ketemu Sean, cowok sembrono yang gak punya teman, galak, tapi bisa kayak gemesin kayak boneka kucing di hadapan Jessy.

"Wonderwall" tercatat udahmasuk seasonkeempat dengan total cerita yang diterbitkan adalah 226 episode. Kisahnya disukai lebih dari 16,9 juta pembaca dengan rating 9.75/10. Webtoon ini juga diterjemahkan ke bahasa Inggris, Spanyol, Mandarin, Thailand, dan Arab. Ceritanya masih berjalan dan terbit tiap Rabu.

Penulisnya Senaloli atau Felicia Silas, sering berinteraksi dengan para pembaca dan pengikutnya di Instagram @senaloli atau twitter @senapops. Dia bahkan sering ngasih cuplikan webtoonyang gak diterbitin, lho.

4. SWEET ESCAPE - KIYOSHIN_

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto: Line Webtoon

Punya pacar Idol?”

Sinopsis singkat dari "Sweet EscapE" ini bikin penasaran banget. Seperti sinopsisnya, webtoon ini menceritakan tentang kisah seorang fangirl, Nana, yang cinta berat dengan salah satu anggota boyband favoritnya, Jun JI:NX. Semua merchandise, album, sampai poster sang idola memenuhi kamarnya. Sama seperti fangirl lainnya, Nana bahkan rela mengejar cintanya pada grup ini sampai jauh-jauh ke Roma!

Nah, ternyata tanpa disengaja, Nana ketemu Jun JI:NX dan mereka akhirnya pacaran. Tapi Jun punya masalah sendiri yang gak bisa diceritakan ke siapa pun.

Webtoon ini disukai oleh lebih dari 9,8 juta dengan rating 9.76/10. Juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Mandarin, Thailand, dan Jepang. Sang penulis dalam instagramnya @Kiyoshin_, sering berinteraksi dengan para pembaca dan pengikutnya. ‘Kiyo’ bahkan bikin art commission, lho!

5. VIRGO & THE SPARKLINGS - ANNISA NISFIHANI/ELLIE GOH

Sering Disangka dari Luar Negeri, Webtoon ini Asli Karya Penulis Indonesia

Foto: Line Webtoon

Webtoongenre fantasi ini bercerita tentang Riani, yang punya kelebihan peka terhadap suara. Ia juga punya kekuatan misterius. Berawal dari salah kostum saat Ospek, Riani akhirnya berkenalan dengan Monica. Monica lalu ngajakRiani nge-band bareng temannya, Ussy.

Webtoon ini disukai oleh lebih dari 9,4 juta pembaca dengan rating 9.78. "Virgo and The Sparklings" juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Turki, Mandarin, Arab, Spanyol, dan Prancis. (Baca Juga: 4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol )

Sang penulis, Annisa Nisfihani, juga terkenal lewat karya-karya lainnya, seperti "My Pre-Wedding" dan "Pasutri GaJe". "Virgo & The Sparklings" juga masuk dalam Bumilangit Cinematic Universe (BCU) yang akan diangkat ke layar lebar.

Lewat Instagram @annisa_nisfihani dan @ellie_goh, pembaca bisa berinteraksi langsung dengan para pembuat webtoon ini.

Sekar Harum Prameswari
Kontributor GenSINDO
UPN Veteran Jakarta
Instagram: @sekarharum


(it)
Share: