Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:42 WIB
loading...
Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil
Jin BTS telah meraih beberapa penghargaan dan nominasi meski belum resmi menjalankan proyek solo. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Jin BTS atau Kim Seok-jin telah menyelesaikan wajib militernya, dan sudah ditunggu-tunggu gebrakannya terkait proyek solo yang akan dilakukannya.

Dari ketujuh member BTS, hanya Jin yang belum meluncurkan album solonya. Berbeda dengan rekan-rekan segrupnya yang menjalani kegiatan solonya sebelum masuk wamil, Jin lebih dulu menjalani wajib militernya dibanding berkarier solo.

Meski belum secara resmi melakukan proyek solo, tapi vokalis dan visual BTS ini sudah beberapa kali melakukan aktivitas individu, baik sebagai penyanyi maupun sebagai idol. Ia pernah merilis single solonya yang berjudul Abyss pada 2020, juga Super Tuna pada 2021.



Pada 2022, Jin juga merilis lagu untuk ARMY tepat sebelum menjalani wamil, yaitu yang berjudul The Astronaut. Ia juga muncul dalam program reality show spesial dengan menjadi karyawan magang di sebuah perusahaan game serta membuat minuman beralkohol tradisional Korea.

Meski baru menjalani sedikit aktivitas solo, tapi Jin sudah mengoleksi beberapa penghargaan dan masuk dalam nominasi di beberapa ajang penghargaan besar. Berikut ini daftarnya.

Penghargaan dan Nominasi yang Pernah Diterima Jin BTS


1. The Fact Music Awards 2022-2023 (Fan N Star Choice Award - Individual, Most Voted Artist - Individual, Best Music (Winter))

Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Foto: The Fact Korea

BTS berhasil meraih total enam piala dalam The Fact Music Awards (TMA) 2022. Yang menarik, Jin juga berhasil meraih penghargaan individu pada acara tersebut, yaitu Fan N Star Choice Award - Individual.

Jin juga masuk dalam nominasi Most Voted Artist - Individual dalam ajang ini, tapi dirinya tidak berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Pada 2023 Jin BTS kembali masuk sebagai nomine dalam penghargaan Fan N Star Choice Award - Individual dalam ajang ini.

Meski gagal memenangkannya, tentu masuk sebagai nomine juga menjadi prestasi yang cukup membanggakan. Single-nya yang berjudul The Astronaut juga masuk sebagai nomine Best Music (Winter) dalam The Fact Music Awards 2023.

2. K-Star MVA 2023 (Best Artist - Men)

Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Foto: K-Star MVA

Meski sedang menjalani masa wajib militer, nama Jin masih menjadi salah satu idol yang sangat populer. Hal itu dibuktikan ketika dirinya meraih penghargaan Best Artist - Men dalam ajang K-Star MVA 2023.

K-Star MVAmemiliki 4 kategori yaitu Best Artist (Men), Best Artist (Woman), Next Star (Men), dan Next Star (Woman).

3. Hanteo Music Awards 2023 (Global Artist (Africa))

Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Foto: Hanteo

Ajang ini merupakan acara penghargaan musik tahunan yang diadakan oleh Hanteo Global Inc. Para pemenang dari penghargaan ini dilihat dari berbagai aspek seperti album fisik, digital musik, sosial media, otentikasi global, dan fandom.

Pada 2023 lalu, Jin berhasil meraih penghargaan Global Artist (Afrika) dalam acara tersebut. Nominasi ini dibagi untuk setiap benua dan diberikan kepada artis yang dicintai oleh penggemar di seluruh dunia berkat penampilannya di luar negeri.

4. Asia Artist Awards 2023 (Popularity Award - Male Singer)

Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Foto: BigHit Music

Asia Artist Awards merupakan upacara penghargaan yang diadakan oleh surat kabar bisnis Korea Selatan Money Today dan media globalnya yaitu StarNews dan MTN. Penghargaan ini diberikan untuk para artis Korea yang berkontribusi dalam drama, film, dan musik.

Nama Jin BTS juga masuk dalam nominasi Popularity Award - Male Singer dalam ajang tersebut. Jin bersaing dengan nama-nama lain seperti Kim Hong-jung,Lim Young-woong, Horizon, Ensign, Jeong Dong-won, Stray Kids, Anteem, dan SB19.

5. Asian Academy Creative Awards 2022 (Best Theme Song or Title Theme)

Nominasi dan Penghargaan Koleksi Jin BTS, Idol yang Baru Selesai Wamil

Foto: Soundcloud/tvN
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)
pixels