Daftar Lagu Peraih PAK Tahun 2024 di Korea, Siapa yang Tertinggi?

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:07 WIB
loading...
Daftar Lagu Peraih PAK Tahun 2024 di Korea, Siapa yang Tertinggi?
Lagu peraih PAK pada 2024 salah satunya ada Supernova dari aespa. Foto/SM Entertainment
A A A
SEOUL - Perfect All Kill atau disingkat PAK adalah istilah untuk lagu di Korea Selatan yang berhasil duduk di peringkat pertama seluruh tangga lagu terbesar Korea secara real-time, harian, dan mingguan.

Istilah PAK pertama kali digunakan ketika lagu Nagging milik IU menduduki peringkat nomor satu di semua tangga musik Korea pada Juni 2010.

Biasanya peraih gelar PAK dapat dilihat di iChart yang merupakan grafik data musik online Korea Selatan pertama dan satu-satunya yang mengumpulkan peringkat semua layanan streaming musik utama di Korea Selatan seperti Melon, Genie, Bugs!, Vibe, Flo, dan YouTube Music.



Meraih gelar Perfect All Kill bukanlah hal yang mudah, bahkan belum tentu terjadi setahun sekali. Karena itulah meraih gelar ini bagi solois dan grup adalah prestasi yang sangat membanggakan.

Sejauh ini, rekor PAK terlama diraih oleh lagu Ditto dari NewJeans yang dirilis pada 2023 yaitu selama 655 jam. Adapun penyanyi dengan peraih PAK terbanyak adalah IU dengan 22 lagu.

Daftar Lagu K-Pop Peraih PAK pada 2024



1. Love Wins All – IU (339 PAK)



Love Wins All dirilis pada 24 Januari 2024, dengan lirik ditulis oleh IU dan disusun oleh Seo Dong-hwan. Lagu yang video musiknya dibintangi oleh IU bersama V BTS ini meraih PAK selama 339 jam atau urutan kelima dari keseluruhan PAK sepanjang sejarah.

2. Bam Yang Gang – BIBI (156 PAK)


Selanjutnya ada Bam Yang Gang dari BIBI yang dirilis pada 13 Februari 2024, diproduksi oleh Chang Ki-ha. Judul lagunya adalah nama jajanan Korea berbentuk jeli yang terbuat dari kacang kastanye dan kacang merah.

Lagu Bam Yang Gang menempati urutan ke-15 dari keseluruhan PAK dengan jumlah total 156 jam.

3. Fate – (G)I-DLE (64 PAK)



Beralih dari solois ke grup, PAK kali ini diraih oleh girl group (G)I-DLE berjudul Fate yang dirilis pada 13 Maret 2024. Fate merupakan lagu hybrid pop-punk dan funk dengan pengaruh J-pop tahun 2000-an.

(G)I-DLE termasuk girl group yang meraih PAK terbanyak, yaitu hingga empat lagu yang terdiri dari Tomboy, Nxde, Queencard, dan Fate. Lagu ini meraih urutan ke-34 dari keseluruhan PAK dengan jumlah jamnya 64 jam.

4. Magnetic – ILLIT (73 PAK)



Magnetic merupakan lagu debut ILLIT, dan masuk dalam album mini mereka berjudul Super Real Me,dirilis pada 25 Maret 2024. Lagu ini menduduki peringkat ke-30 dari keseluruhan PAK dengan jumlah 73 jam.

Magnetic juga merupakan lagu debut kedua sepanjang sejarah dari grup K-pop yang berhasil meraih PAK, setelah sebelumnya ada BLACKPINK denganWhistle pada 2016.


5. Supernova – aespa (sementara: 66 PAK)



Lagu Supernova dari aespa baru dirilis pada 13 Mei 2024, dan hingga artikel ini ditulis masih meraih status PAK dengan angkasementara 66 jam. Supernova masuk dalam album Armageddon yang merupakan album studio pertama aespa.

Itulah daftar lagu K-pop peraih PAK pada 2024.

MG/Theresa Grace Nadia
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)
pixels