10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:48 WIB
loading...
10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%
Revenant jadi salah satu drama Korea yang rating premiere-nya tertinggi pada 2023. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Drama Korea rilisan 2023 dengan rating premiere tertinggi tak selalu karena nama besar pemainnya. Jam tayang dan stasiun televisi yang menayangkan juga memberi pengaruh besar.

Rating premiere (episode perdana) sebuah drama Korea saat ini memang masih cukup penting untuk menciptakan euforia atau perbincangan di kalangan penonton. Jika yang membintanginya adalah nama-nama populer, angka rating premiere yang tinggi tentu akan menjadi bukti kuatnya nama mereka.

Namun jika angkanya kecil, media dan penonton bisa mempertanyakan popularitas sang pemain terkenal itu. Meski begitu, faktor lainnya seperti stasiun TV yang menayangkan serta hari dan jam penayangannya juga berperan besar.



Misalnya saja, serial yang tayang di TV kabel dengan pelanggan yang terbatas dan tayang bukan pada peak hour umumnya akan kalah dengan yang tayang di stasiun televisi nasional dan tayang pada akhir pekan saat jam kumpul keluarga.

Selain itu, angka rating premiere yang tinggi juga bukan jaminan rating untuk episode berikutnya juga tetap tinggi. Malahan, beberapa kasus menunjukkan justru rating sebuah drama langsung turun meski mencatat rating premiere yang cukup tinggi.

Nah, berikut ini 10 drama Korea 2023 dengan rating premiere tertinggi, dan perbandingannya dengan episode-episode berikutnya. Data diambil dari Nielsen Korea.

10. Escape of the Seven

10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Foto: SBS

Escape of the Seven tayang di SBS tiap Jumat-Sabtu dengan para pemain yang tergolong populer, serta ditulis oleh penulis serial hit The Penthouse. Tak heran, rating premiere drakor makjang ini bisa mencapai 6,0% saat tayang September lalu. Adapun rating tertingginya adalah 7,7% yang jatuh pada episode 4.

Namun serial ini dikritik karena terlalu vulgar menggambarkan adegan kekerasan. Ini juga salah satunya yang membuat ratingnya akhirnya terus turun. Rata-rata nasional rating drama 17 episode ini pada akhirnya hanya 6,2%.

9. Oasis

10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Foto: KBS2

Serial KBS2 ini tayang tiap Senin-Selasa mulai Maret lalu. Rating premiere-nya sebesar 6,3% dan rating tertingginya ada di episode akhir sebesar 9,7%. Aapun rating rata-rata nasionalnya adalah 6,9% dari 16 episode.

Tren rating dari drama sejarah dan romantis ini tergolong stabil, dan naik pada dua episode akhir. Dua pemain populer Seol In-ah dan Jang Dong-yoon membintangi serial ini.

8. Tale of the Nine Tailed 1938

10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Foto: tvN

Drakor season 2 dari Tale of the Nine Tailed ini direspons lebih baik dibanding season pertamanya. Rating premiere-nya sebesar 6,4%, lebih tinggi dari season 1 yang sebesar 5,8%, dengan penayangan di tvN tiap Sabtu-Minggu.

Rating tertinggi Tale of the Nine Tailed 1938 mencapai 8,5% yang jatuh pada episode akhir atau episode 12. Yang menarik, episode 11 justru mencatat rating terendahnya dengan angka 4,7%. Untuk rata-rata nasionalnya adalah 6,1% dari 12 episode.

7. Divorce Attorney Shin

10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Foto: JTBC

Yang satu ini dari JTBC dengan penayangan tiap Sabtu-Minggu. Divorce Attorney Shin mendapatkan angka 7,2% untuk episode pertamanya. Drakor genre hukum hasil adaptasi webtoon ini meraih rating tertingginya pada episode final sebesar 9,4%.

Adapun rating rata-rata nasionalnya adalah 6,6% dari 12 episode dengan tren rating yang naik-turun. Serial ini dibintangi oleh nama-nama yang cukup populer, yaitu Cho Seung-woo, Han Hye-jin, Kim Sung-kyun, dan Jung Moon-sung.

6. Payback

10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

Foto: SBS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)