Seunghan RIIZE Hiatus, Ini 3 Kontroversi yang Menimpanya

Rabu, 22 November 2023 - 12:35 WIB
loading...
Seunghan RIIZE Hiatus, Ini 3 Kontroversi yang Menimpanya
Seunghan RIIZE diterjang beberapa kontroversi sebelum memutuskan hiatus. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Seunghan RIIZE akhirnya memilih hiatus atau menunda seluruh aktivitasnya akibat runtutan kontroversi yang menimpanya.

Berita tersebut disampaikan oleh SM Entertainment lewat akun resmi RIIZE di X (Twitter). Penundaan aktivitas Seunghan berlaku mulai 22 November 2023 sampai waktu yang tidak ditentukan. Selama hiatus-nya, RIIZE akan tetap aktif dengan enam member.

"Seunghan merasa bertanggung jawab atas hal yang terjadi, dan ia pun mengalami kelelahan mental. Setelah mempertimbangkan secara matang, ia memutuskan untuk menunda aktivitasnya demi grup," tulis SM Entertainment.



Selain itu, SM juga menyatakan bahwa foto dan video terkait Seunghan yang beredar berasal dari masa saat ia masih menjadi trainee. "Kontennya diedit beberapa kali untuk menciptakan kesalahpahaman".

SM Entertainment juga menyatakan bahwa orang yang menyebarkan foto dan video telah melakukan aksi defamation (perbuatan merusak atau membahayakan reputasi seseorang dengan pernyataan palsu dan jahat), dan akan dilaporkan ke pihak berwajib.

Kontroversi Seunghan dimulai bahkan sebelum grup rookie RIIZE debut pada 4 September 2023. Kasus pertama muncul pada akhir Agustus, hanya sekitar seminggu sebelum RIIZE debut.

Berikut ini kontroversi-kontroversi yang menimpa Seunghan RIIZE. Dalam artikel ini, foto-foto pribadi Seunghan yang beredar dan viral tidak akan ikut dipublikasikan oleh GenSINDO SINDOnews.

1. Seunghan Berfoto Bersama Perempuan di Kamar Hotel

Seunghan RIIZE Hiatus, Ini 3 Kontroversi yang Menimpanya

Foto: Instagram @riize_official

Pada 28 Agustus 2023, beredar pemberitaan bahwa foto-foto Seunghan pradebut bersama seorang perempuan di hotel beredar dan menjadi viral. Beberapa foto memperlihatkan idol kelahiran 2 Oktober 2003 (20 tahun) itu sedang mencium perempuan itu.

Saat itu, beredar rumor bahwa perempuan itu adalah pacarnya yang berada di bawah umur. Namun penggemar memberikan argumentasi bahwa perempuan itu terlihat sebaya dengan Seunghan, yang artinya mereka sama-sama tidak lagi di bawah umur.

Karena beredarnya foto-foto ini, Seunghan meminta maaf kepada publik. Ia juga sampai tidak mengikuti rekaman untuk program musik NPOP karena kasus tersebut.

2. Video Seunghan dan Soobin TXT Disebut Menghina Eunchae LE SSERAFIM

Seunghan RIIZE Hiatus, Ini 3 Kontroversi yang Menimpanya

Foto: SM Entertainment

Pada 16 November 2023, beredar video Seunghan dan Soobin dalam sebuah Instagram Live pribadi (privat). Mengutip Koreaboo, video live saat itu hanya ditonton oleh empat orang.

Bersamaan dengan beredarnya video itu, beredar pula terjemahan percakapan yang menyebutkan bahwa Seunghan dan Soobin menghina Eunchae, junior Soobin di HYBE. Namun netizen langsung menyanggahnya dengan berargumen bahwa terjemahan yang beredar sengaja dibuat agar menimbulkan kesalahpahaman.

Dalam video yang sebenarnya, Seunghan mengatakan kepada Soobin, "Itu fakta. Kamu tidak bisa menari, menyanyi, atau nge-rap. Kamu cuma semangat karena jadi MC untuk Music Bank. Kamu bahkan bertemu dengan Eunchae kita".

Soobin lalu membalasnya dengan mengatakan, "Aku akan menunjukkanmu sesuatu" sambil memberikan gesture penghinaan dengan kakinya kepada Seunghan.

Netizen menilai, alih-alih menghina Eunchae, Seunghan dan Soobin hanya sedang bercanda dan saling menghina satu sama lain selayaknya teman dekat. Perlu diketahui, Soobin pernah menjadi host Music Bank pada 2020-2021.


3. Seunghan Merokok

Seunghan RIIZE Hiatus, Ini 3 Kontroversi yang Menimpanya

Foto: SM Entertainment

Selang dua hari kemudian atau pada 18 November, beredar foto dan video Seunghan yang sedang merokok. Keruan, kontroversi tentang sang rookie idol ini semakin memanas.

Sebenarnya idol ketahuan merokok bukan hal yang aneh lagi. Tanggapan negatif memang selalu ada, tapi tak berdampak panjang bagi karier sang seleb.

Hanya saja, karena Seunghan terhitung baru saja debut, jadi ia masih sangat rentan terhadap komentar negatif dan caci maki dari netizen. Ditambah lagi, ini adalah kasus kontroversi yang ketiga darinya, hanya dalam waktu empat bulan.

Rentetan kontroversi dalam waktu berdekatan inilah yang tampaknya memaksa Seunghan dan SM Entertainment untuk sementara waktu menunda aktivitas sang idol K-pop ini untuk sementara waktu.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)