7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Selasa, 17 Oktober 2023 - 09:54 WIB
loading...
7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran
Drama Korea tentang forensik umumnya terkait kasus kriminal yang harus dipecahkan oleh para detektif. Foto/MBC
A A A
JAKARTA - Drama Korea tentang forensik memang jarang dibuat, tapi jika ada selalu menarik untuk disimak karena menceritakan perjalanan mengungkap sebuah kasus atau teka-teki.

Forensik adalah pemanfaatan ilmu pengetahuan tertentu demi menegakkan keadilan. Ada banyak cabang ilmu forensik, yang paling populer adalah kedokteran forensik untuk mengetahui penyebab luka atau kematian seseorang. Ada juga kriminalistik forensik, yang menganalisis antara lain bukti biologis (seperti sidik jari), bukti jejak, bukti zat kimia, hingga ilmu balistik.

Cabang forensik lainnya misalnya ada digital forensik yang memeriksa bukti legal yang ditemukan dalam komputer, ponsel, atau media penyimpanan digital lainnya. Termasuk juga ada seni forensik yang dilakukan untuk mengetahui keaslian sebuah karya seni.



Dalam drama Korea tentang forensik, ilmu ini umumnya dipakai untuk memecahkan kasus-kasus kriminal. Penonton akan diajak menyaksikan para tokohnya melakukan penelusuran dengan ilmu forensik yang mereka kuasai, dan akhirnya menemukan titik terang. Bagian inilah yang membuat drakor forensik mengasyikkan untuk ditonton, apalagi bagi yang menyukai bidang kriminologi.

Berikut ini tujuh drama Korea tentang forensik yang menarik untuk ditonton.

1. God's Quiz/Quiz of God (2010-2019)

7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Foto: OCN

God's Quiz adalah drama Korea pertama tentang kriminal dan forensik. Serial dari OCN ini telah dibuat sebanyak empat season, serta satu season reboot yang dirilis pada 2018-2019.

Serial ini mengisahkan tentang dokter spesialis bedah saraf (neurosurgeon) sekaligus dokter forensik yang eksentrik bernama Han Jin-woo (played by Ryu Deok-hwan). Penonton akan menyaksikan aksi ia dan timnya dalam memecahkan kasus-kasus kematian yang mencurigakan, termasuk juga kasus penyakit langka.

Judul God'z Quiz adalah ungkapan khas dari masyarakat Korea saat berhadapan dengan penyakit langka. Mereka menganggap kasus tersebut sebagai ujian dari Tuhan agar manusia tidak arogan.

2. Partners for Justice

7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Foto: MBC

Drakor ini masih melibatkan sosok dokter forensik yang cerdas dan eksentrik. Ia adalah Baek Beom (Jung Jae-young), yang bekerja sama dengan jaksa muda Eun Sol (Jeong Yu-mi) yang hatinya lembut. Eun-sol juga punya ingatan visual yang sangat kuat.

Dengan keahlian mereka masing-masing, keduanya bersama-sama memecahkan kasus-kasus kriminal yang sangat menarik untuk diikuti. Serial ini sudah dibuat dalam dua season, dan bisa disaksikan di Prime Video.

3. The First Responders (2022)

7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Foto: SBS

Drama Korea tentang forensik lainnya yang sangat mengasyikkan untuk ditonton adalah The First Responders. Sudah dibuat dalam dua season, serial rating tinggi ini menggabungkan forensik yang dipraktikkan dalam dunia kepolisian, pemadam kebakaran (damkar), dan kedokteran.

The First Responders adalah kisah tentang tim kepolisian dan tim damkar dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan kedua bidang ini. Dalam menangani para korban tewas, mereka juga dibantu oleh para dokter forensik.

Pemain utamanya ada Kim Rae-won sebagai detektif Jin Ho-gae, Son Ho-jun sebagai Bong Do-jin dan Gong Seung-yeon sebagai Son Seol yang menjadi petugas damkar, serta Son Ji-yoon sebagai Yoon Hong dan Oh Eui-shik sebagai Kang Do-ha yang memerankan dokter forensik. Drama ini bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.

4. Devil Inspector (2017)

7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Foto: Naver TV Cast

Masih dari drakor forensik, tapi yang ini berbalut komedi dan kisah remaja. Ceritanya tentang dua anak SMA genius Pyo Han-eum (Yoo Sun-ho) dan Sul Oh-sung (Ahn Hyung-sub).

Mereka membantu detektif perempuan Oh Jin-kyung (Kim Nam-joo) dalam kasus hilangnya orang tua seorang anak. Kasus ini berujung ke banyak kasus lainnya yang misterius yang harus mereka pecahkan. Serial ini juga sudah dibuat dalam dua season, dan bisa ditonton di CatchPlay.

5. Sign (2011)

7 Drama Korea tentang Forensik yang Seru dan Bikin Penasaran

Foto: SBS

Kembali ke kisah dokter forensik dan jaksa muda. Kali ini karakternya adalah dokter Yoon Ji-hoon (Park Shin-yang) dan jaksa Go Da-kyung (Kim Ah-joong).

Ji-hoon adalah dokter yang sangat terkenal, dan sifatnya berbeda jauh dengan Da-kyung. Gaya mereka dalam menyelidiki kasus pun juga berbeda. Dalam perbedaan tersebut, mereka tetap bekerja sama memecahkan kasus-kasus kriminal dengan sains yang mereka kuasai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)