Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Jum'at, 22 September 2023 - 12:04 WIB
loading...
Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS
Suga BTS termasuk idol K-pop yang menjalani wajib militer pada 2023. Foto/Instagram @agustd
A A A
JAKARTA - Wajib Militer (wamil) di Korea Selatan merupakan bagian integral dari kewajiban setiap pria dewasa berusia mulai 18 tahun, yang sehat fisik dan mentalnya.

Aturan ini diberlakukan untuk menjaga keamanan di antara dua Korea (Selatan dan Utara) yang hingga kini masih berkonflik. Dalam aturannya, tiap pria yang menjalani wamil menjalankan tugas sebagai tentara aktif.

Namun bagi yang mengalami masalah fisik, seperti pernah mengalami cedera berat hingga tak mungkin melakukan latihan fisik ala militer, maka program wamil mereka diganti dengan menjadi petugas publik. Tugas ini juga beragam, misalnya dengan menjadi polisi atau bekerja di kantor. Hal yang sama berlaku untuk mereka yang mengalami masalah kesehatan mental atau hal lainnya.



Tentu saja, wamil ini juga berlaku bagi para selebritas, termasuk idol K-pop dan bintang film dan drama. Mereka semua wajib wamil sebelum memasuki usia 29 tahun,

Berikut ini enamidol K-pop yang mulai masuk wajib militernya pada 2023.

1. Suga BTS

Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Foto: Valentino

Suga mulai hari ini (22/9) menjalani layanan alternatif sebagai pengganti wamil. Ini akibat cedera bahu karena kecelakaan yang dialaminya pada 2013. Namun BigHit Music sebagai agensinya tak menjelaskan tugas publik yang diberikan pada rapper ini.

Karena ini adalah tugas alternatif, jadi Suga menjalani masa dinasnya lebih lama dari tentara aktif, dari yang seharusnya 18 bulan menjadi 21 bulan. Ia akan bebas tugas pada 21 Juni 2025.

Suga bisa menunda wamilnya hingga usia 30 tahun pada tahun ini. Ini karena ia dan seluruh member BTS mendapatkan penghargaanOrder of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan pada 2018 karena dianggap memberikan kontribusi besar untuk mempromosikan budaya dan seni Korea dan meningkatkan kehormatan negara. Mereka mendapatkan penghargaan tertinggi
kategori Hwagwan (Flower Crown).

2. J-Hope BTS

Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Foto: Instagram @uarmyhope

Sebelum Suga, member BTS lainnya, yaitu J-hope sudah lebih dulu menjalani wamil sebagai tentara aktif. Ia masuk pada April 2023, dan akan bebas tugas pada Oktober 2024.

Sebelum memulai tugas wamil, rapper ini sempat merilis lagu yang berkolaborasi dengan rapper kawakan Amerika J.Cole berjudul On The Street. Lagu tersebut menjadi lagu spesial dari J-hope untuk ARMY.

3. Jinyoung GOT7

Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Foto: Instagram @jinyoung_0922jy

Idol K-pop lainnya, yaitu Jinyoung GOT7 juga mulai melaksanakan wajib militernya sebagai tentara aktif pada Mei lalu. Sebelum melakukan tugasnya, Jinyoung sempat memberikan pesan untuk Ahgase, nama fandom GIT7, melalui akun Instagram-nya.

Pesan tersebut berisikan janji bahwa ia akan kembali dari tugasnya dengan keadaan sehat dan selamat.

4. Kai EXO

Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Foto: SM Entertainment

Kai EXO menjadi member ke-7 EXO yang melaksanakan wajib militer. Kai masuk pada 11 Mei lalu. Sebelum pergi bertugas, ia menggelar fanmeetinggratis dan disiarkan langsung di akun YouTube EXO. Sama seperti Suga, Kai juga menjadi petugas pelayanan publik.

5. Mino WINNER

Idol K-Pop yang Jalani Wajib Militer pada 2023, Terbaru Suga BTS

Foto: YG Entertainment

Idol K-pop lainnya yang menjadi petugas pelayanan publik saat wamil adalah rapper Mino dariWINNER Ini karena beberaoa cedera yang dialaminya pada masa lalu. Mino masuk bertugas pada Maret lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)