alexametrics
musik
Musik Genre City Pop Bangkit Lagi, Ini Lagu-Lagu Ciamik yang Bisa Kamu Dengarkan
Musik Genre City Pop Bangkit Lagi, Ini Lagu-Lagu Ciamik yang Bisa Kamu Dengarkan
Musik genre city pop balik lagi jadi tren, dan musisi zaman sekarang pun berlomba membuatnya. Foto/Unsplash
Jakarta - Atmosfer musik jadul balik lagi jadi tren. Inilah musik era orang tua kita masih imut-imut.

Genre musik city pop atau urban pop kembali tenar di jagat industri musik di Indonesia mulai 2018. Menurut musisi Yovie Widiyanto, lagu-lagu zaman dulu punya tekstur yang jelas berupa komposisi dan notasi yang kuat. Keduanya membentuk harmoni dan siklus melodi yang enak dinikmati.

Sebelumnya, kamu tahu gak, sih, lagu genre city pop atau urban pop? Bagi yang belum tahu, lagu genre ini adalah musik yang pertama kali muncul di Jepang pada era 1970-an. Musik ini menjadi salah satu titik balik industri musik Jepang yang terpengaruh dengan musik-musik Barat.



Genre city pop mengandung beberapa genre lainnya seperti soft rock, disco, funk, jazz, dan boogie. Nah, pastinya Indonesia gak kalah bagus dan hebat dalam menciptakan lagu bergenre city pop.

Nah, berikut rekomendasi lagu genre city pop yang dirilis pada masa kini dan jadi favorit anak muda kekinian.

1. SERENATA JIWA LARA – DISKORIA feat DIAN SASTROWARDOYO

Lagu ini diciptakan oleh Diskoria (Merdi Simanjuntak dan Fadil Aat) dengan menggandeng artis papan Dian Sastrowardoyo. Tembang “Serenata Jiwa Lara” adalah single kedua, setelah sebelumnya Diskoria pernah merilis lagu “Balada Insan Muda” pada 2019. Kedua lagu ini akan dirilis secara fisik dalam format kepingan hitam.

Untuk rilisan fisik, Diskoria menyiapkannya secara terbatas, cuma 10 keping, dengan 9 akan dijual dan 1 akan dilelang. Kamu tertarik untuk punya koleksi piringan hitamnya gak, nih?



2. SENJA TEDUH PELITA - MALIQ & D’ ESSENTIALS

Memperingati 17 tahun berkarya di industri musik Indonesia, Maliq & D’ Essentials merilis lagu "Senja Teduh Pelita" pada 15 Maret 2019. Lagu ini diciptakan oleh drumer Widi Puradiredja. Lagu ini menceritakan tentang restu semesta alam, dan direkam di Organic Records Studio Jakarta. Musiknya yang sederhana dan enak didengar, dengan nada upbeat yang fun, bisa bikin kita  mengikuti irama lagu ini sambil berdansa ria.



3. SATU-SATUNYA - HIVI!

Lagu ini diciptakan oleh Febrian Nindyo dan diproduseri Tohpati, dirilis sebagai single perdana dari album ketiga HIVI!. Dirilis pada 2018, lagu ini membawa HIV! masuk sebagai nomine AMI Awards untuk kategori Duo/Grup Pop Terbaik. Melodi upbeat dengan atmosfer disko era 1970-an bisa bikin kita ikut berdansa dengan lagu ini.



4. DAN BILA - MONDO GASCORO

Lagu ini diciptakan oleh Ramondo Gascoro atau lebih dikenal luas dengan nama Mondo Gascoro. Lagu ini dirilis musisi berdarah Jepang dan Indonesia ini sebagai bagian dari album "Rajakelana". Mondo mengambil inspirasi dari lagu dan musisi legendaris Ismail Marzuki. Dengan aransemen dan melodi yang apik, hati kita bakal adem kalo mendengarnya.



5. ROMAN ROMANSA - AYA ANJANI

Lagu beraura 1980-an ini dirilis oleh solois cewek penuh bakat dan talenta, Aya Anjani, yang juga anak dari musisi legendaris Yockie Suryo Prayogo. Lagunya menceritakan tentang sebuah perjalanan batin dalam ketidakpastian cinta. Jiwa baper kamu akan bergolak kalau mendengarnya.



Early Meidiasa Prameswari
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @sa.mei12



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss