5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Rabu, 31 Mei 2023 - 13:27 WIB
loading...
5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab
Outfit dalam drama Korea yang dianggap kontroversial salah satunya saat Go Ara memakai cadar. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Drama Korea identik dengan baju-baju atau outfit bagus dari para pemainnya. Namun ada juga yang mengundang kontroversi bagi penonton.

Kostum dan aksesori memang jadi salah satu daya tarik pendukung dari tayangan drama Korea. Tak jarang, outfit yang dipakai para karakternya menjadi viral, dan akhirnya dijual tiruannya di toko-toko daring.

Di antara itu, ada juga outfit yang paling mengundang kontroversi saat dramanya ditayangkan. Berikut ini lima di antaranya, mengutip dari Koreaboo.


1. Penthouse 3 (2021)

5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Foto: SBS

Kostum mengundang kontroversi yang paling diingat pencinta drama Korea mungkin adalah yang dipakai karakter Alex Lee (Park Eun-seok) dalam Penthouse 3. Saat itu, kemunculan pertama Alex adalah dengan tatanan rambut gimbal serta aksen ala warga kulit hitam Amerika alias African American Vernacular English (AAVE).

Ini jelas mengundang kritikan dari pencinta drama, terutama warga kulit hitam. Mereka menganggap tim produksi melakukan cultural appropriation.

Cultural appropriation adalah istilah yang dipakai saat seseorang dari golongan mayoritas mengenakan atribut terkait budaya dari warga minoritas dengan cara yang kurang patut, penuh stereotipe, atau eksploitatif. Setelah menerima kritikan keras, Park Eun-seok akhirnya meminta maaf kepada publik.

2. The Glory (2023)

5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Foto: Netflix

Dalam sebuah adegan, karakter Choi Hye-jeong yang diperankan oleh aktris Cha Joo-young memakai gaun putih ketat dengan belahan dada rendah. Sebagai konteks, baju itu bukanlah miliknya, melainkan milik pelanggan laundry yang dikelola oleh orang tua Hye-jeong. Ia pun dihina oleh dua rekannya, dan scene ini viral.

Namun dalam wawancaranya dengan majalah Allure, Joo-young mengatakan bahwa awalnya ia tidak mau mengenakan gaun putih itu karena terlalu menonjolkan bentuk tubuhnya. Namun sutradara menyuruhnya memakai baju tersebut. Ini membuat penonton marah dan menyalahkan sutradara.

Meski begitu, belakangan Cha Joo-young mengklarifikasi bahwa tim kostum menyiapkan beberapa baju untuk adegan tersebut. Ia sepakat untuk mengenakan gaun putih itu setelah berdiskusi dengan sutradara dan merasa gaun seksi itu paling tepat untuk menggambarkan karakter Hye-jeong.

3. Man Who Dies To Live (2017)

5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Foto: MBC

Drama ini mengambil latar sebuah tempat yang diidentikkan dengan negara Timur Tengah. Dalam salah satu adegannya digambarkan beberapa perempuan yang mengenakan bikini, tapi juga mengenakan kerudung saat berinteraksi dengan seorang pria.

Outfit ini dianggap tidak layak dan menyakiti perasaan penonton dari negara Arab dan para muslim yang menyaksikannya.

4. Ms. Hammurabi (2018)

5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Foto: JTBC

Kembali dari budaya di Arab. Ms. Hammurabi adalah kisah tentang hakim baru Park Cha Oh-reum (Go Ara) yang idealis. Dalam satu adegan, seorang pria mengatakan bahwa rok yang dipakainya terlalu pendek.

Oh-reum lantas datang lagi dengan mengenakan baju hitam panjang, jilbab, serta cadar (niqab). Kostum ini malah membuat pria itu ketakutan. Meski sebenarnya adegan tersebut menggambarkan kritik terhadap orang yang sibuk mengomentari cara berpakaian perempuan, tapi saat itu sempat ada kritikan terkait adegan itu.


5. Backstreet Rookie (2020)

5 Outfit dalam Drakor Paling Mengundang Kontroversi, Go Ara Pakai Niqab

Foto: SBS

Kembali soal cultural appropriation. Drama Korea yang dibintangi Ji Chang-wook dan Kim Yoo-jung ini mengalami beberapa kontroversi, salah satunya adalah saat Han Dal-sik (Eum Moon-suk) yang digambarkan bergaya rambut gimbal dan senang berdandan ala penyanyi reggae.

Stereotipe rambut gimbal yang jorok pun digambarkan saat dirinya menangkap lalat dari rambutnya itu. Rumah Dal-sik juga digambarkan kotor, dan dia senang menggambar perempuan telanjang. Penggambaran ini dianggap terlalu berlebihan dan menyakiti penonton dari negara lain.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)