Perbedaan Penggemar K-Pop di Korea dan Global dari Survei K-Pop Radar

Jum'at, 19 Mei 2023 - 14:21 WIB
loading...
Perbedaan Penggemar K-Pop di Korea dan Global dari Survei K-Pop Radar
Penggemar K-pop alias K-poppers di Korea punya perbedaan dengan yang berasal dari luar Korea. Foto/Shutterstock
A A A
SEOUL - K-Pop Radar merilis hasil survei mereka dengan responden para penggemar K-pop di Korea Selatan dan di luar Korea (internasional/global).

K-Pop Radar adalah situs web yang melakukan pengamatan atau observasi terhadap fandom K-pop. Mereka belum lama ini menggelar survei dengan pertanyaan "Apakah kamu seorang multi-stan?". Survei dilakukan secara langsung saat acara networking K-POP LOVERS CLUB pada April 2023.

Totalnya ada 1.085 responden yang mengikuti survei tersebut dengan menjawab melalui aplikasi. Sebanyak 900 responden adalah warga Korea, sementara 180 orang adalah penggemar internasional.



Dari pertanyaan di atas, sebanyak 60% orang Korea menyatakan diri mereka hanya nge-stan atau menjadi penggemar satu grup K-pop saja, dan 40% mengaku multi-stan (menjadi penggemar lebih dari satu grup K-pop). Adapun penggemar global menyatakan 75,5% adalah multi-stan dan 25,5% hanya menggemari satu grup saja.

Sementara itu, untuk pertanyaan, "Apa hal yang pertama kali membuatmu menyukai grup favoritmu tersebut?", responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Penggemar K-pop di Korea menjawab 64% karena penampilan di video (performance clip), lalu karena lagu-lagunya ada 55% yang menjawab. Yang lainnya adalah konten produksi sendiri sebanyak 38%, lalu 37% dari konten program di tempat lain, 18% dari konten di media sosial, dan 17% dari hasil rekomendasi teman.



Sedangkan jawaban dari penggemar K-pop internasional adalah 76% karena lagu-lagunya, 63% karena penampilan di video, 50% karena konten produksi sendiri, 43% karena melihat kontennya dalam program acara lain, 26% karena konten di media sosial, dan 17% karena rekomendasi teman.

Nah, dari perbedaan penggemar K-pop di Korea dan di luar Korea ini, kamu cenderung masuk kelompok yang mana?
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)