3 Boy Group K-Pop Gen 4 Terpopuler versi Netizen Korea

Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:56 WIB
loading...
3 Boy Group K-Pop Gen 4 Terpopuler versi Netizen Korea
Stray Kids menjadi salah satu boy group K-pop terpopuler dari generasi keempat. Foto/JYP Entertainment
A A A
JAKARTA - Popularitas boy group K-pop gen 4 memang tertinggal dari girl group-nya, tapi mereka masih punya fandom yang lebih kuat dibanding girl group.

Ini setidaknya terbukti dari penjualan album sekaligus tur yang sangat sering mereka lakukan terutama di luar Korea alias di Amerika Serikat dan Asia. Tak heran, jumlah boy group terus bertambah setiap tahunnya.

Dari puluhan boy group generasi keempat yang ada, memang hanya segelintir yang benar-benar mampu menunjukkan tajinya dengan popularitas di atas rata-rata grup seangkatan mereka. Sebuah unggahan dari media komunitas di Korea The Qoo pun menunjukkan ada tiga boy group gen 4 yang secara "objektif" berada di posisi teratas.



Berikut ini tiga boy groupK-pop generasi keempat yang dimaksud, sesuai urutannya.

1. Stray Kids

3 Boy Group K-Pop Gen 4 Terpopuler versi Netizen Korea

Foto: JYP Entertainment

Grup dari JYP Entertainment ini terbentuk pada 2017 dari sebuah program survival show. Mereka debut secara resmi pada Maret 2018.

Sepanjang lima tahun grup ini berdiri, Stray Kids sudah berhasil menduduki posisi puncak tangga lagu Billboard 200 sebanyak dua kali dengan album ODDINARY dan MAXIDENT. Ini adalah tangga lagu mingguan untuk album terlaris di Amerika Serikat.

Pencapaian lainnya dari Stray Kids yang membuatnya layak duduk di peringkat teratas boy group gen 4 adalah subscriber YouTube mereka yang telah mencapai lebih dari 12,5 juta. Terakhir, mereka berada di posisi 6 untuk boy group K-pop dengan total penjualan album fisik terbanyak sepanjang masa, yaitu sekitar 10,75 juta.

2. TXT

3 Boy Group K-Pop Gen 4 Terpopuler versi Netizen Korea

Foto: BigHit Music

TXT debut di bawah agensi BigHit Music pada 4 Maret 2019, menjadikan usia mereka kini empat tahun. Sejauh ini, TXT berhasil duduk di posisi puncak Billboard 200 dengan mini-album terbaru mereka, The Name Chapter: TEMPTATION.

Mereka juga duduk di posisi 4 untuk boy group K-pop dengan total penjualan album fisik terbanyak, mencapai sekitar 12,81 juta kopi. Untuk subscriber akun YouTube Tomorrow x Together Official, mereka sudah mengumpulkan sebanyak 10,6 juta akun.


3. ENHYPEN

3 Boy Group K-Pop Gen 4 Terpopuler versi Netizen Korea

Foto: Belift Lab

ENHYPEN debut pada November 2020 yang berarti kini mereka baru berusia dua tahun. Grup ini berada di bawah asuhan Belift Lab, sebuah agensi kerja sama antara CJ ENM dan HYBE. Grup ini terbentuk dari acara I-Land.

ENHYPEN berhasil menduduki peringkat 6 Billboard 200 dengan album Manifesto: Day 1 yang dirilis pada tahun lalu. Mereka juga menjadi grup K-pop tercepat yang berhasil menjual satu juta kopi album dalam seminggu.

Sebagai catatan, meski ketiganya dianggap sebagai boy group K-pop terpopuler dari generasi keempat, tapi sejauh ini baru TXT yang sanggup menembus 10 besar tangga lagu MelOn Top 100 di Korea Selatan.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)