5 Drama Korea yang Kena Petisi Penonton, Terbaru Woman in a Veil

Rabu, 19 April 2023 - 11:02 WIB
loading...
A A A
Selain itu, masyarakat juga mengkritik karakter Raja Taejong yang dijabat Pangeran Yi Bang-Won yang digambarkan membunuh rakyatnya. Padahal menurut catatan sejarah, sang pangeran mendukung ayahnya, Raja Taejo, dan mendukung pendirian Dinasti Joseon.

Saat itu, petisi yang ditandatangani sudah mencapai seratusan ribu, tapi sebelum Blue House meresponsnya, SBS memutuskan untuk menghentikan penayangan drama tersebut.

4. Mr. Queen (2020)

5 Drama Korea yang Kena Petisi Penonton, Terbaru Woman in a Veil

Foto: tvN

Mr. Queen dipuji sebagai salah satu drama sageuk terbaik yang pernah dibuat. Namun serial yang dibintangi Shin Hye-sun ini pernah mendapat peringatan dari Korea Communications Standards Commission (KCSC).

Penyebabnya bermula dari penonton yang menganggap gambaran Ratu Shin Jeong sebagai orang yang percaya takhayul bertentangan dengan fakta sejarah. Adegan ritual pemujaan di Kuil Jongmyo yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, yang dipotret sebagai lelucon juga menyakiti hati penonton.

Gara-gara ini, ada 4.000 surat keluhan masuk dari masyarakat, dan ini membuat KCSC akhirnya memberikan sanksi administrative guidance(panduan administratif). Sanksi ini adalah sanksi yang tergolong ringan, dan diberikan karena KCSC melihat ada perbaikan yang dilakukan tim produksi drama tersebut.


5. The King of Tears, Lee Bang Won (2021)

5 Drama Korea yang Kena Petisi Penonton, Terbaru Woman in a Veil

Foto: KBS

Dari daftar ini, drama sageuk The King of Tears, Lee Bang Won yang tayang di KBS bisa jadi yang paling beruntung. Bagaimana tidak, akibat kelalaian mempertimbangkan kesejahteraan hewan, syuting drama ini menyebabkan seekor kuda mati karena dipaksa melakukan adegan ekstrem.

Dalam syuting untuk episode 7, digambarkan seekor kuda jatuh. Tadinya penonton mengira bahwa adegan tersebut dibuat dengan teknologi CGI. Namun belakangan diketahui adegan itu dilakukan dengan mengikat kuda di pohon, dan saat adegan dilakukan kuda tersebut terbanting dengan keras ke tanah. Setelah beberapa hari dirawat, kudaitu akhirnya mati.

Fakta ini lantas membuat masyarakat marah, dan membuat petisi ke Blue House agar drama The King of Tears, Lee Bang Won dihentikan. Petisi itu ditandatangani puluhan ribu orang, dan hanya membuat serialnya ditunda penayangannya selama tiga minggu.

Adapun ratingnya juga tetap stabil di angka 9%-11% hingga ditutup pada episode 32.
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)