7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Senin, 10 April 2023 - 17:30 WIB
loading...
7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya
In The Name of God: A Holy Betrayal jadi salah satu serial dokumenter tentang sekte religi yang sesat. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Film dan serial dokumenter tentang sekte religi menjadi topik yang menarik bagi banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Dalam beberapa kasus, sekte-sekte berkedok agama tersebut terlibat dalam kegiatan yang sangat kontroversial seperti penipuan, bahkan kekerasan seksual.

Diangkatnya sekte-sekte religi dalam sebuah film dan dokumenter itu ditujukan untuk membuka mata publik tentang keberadaannya. Apalagi beberapa di antaranya masih eksis berdiri hingga kini. Kontennya biasa berisi cara sekte tersebut beroperasi dan mempengaruhi para anggotanya.

Berikut ini daftar rekomendasi film dan serial dokumenter tentang sekte religi dan platform streaming legal yang menayangkannya.


1. Kumare (2011)

7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Foto:Kino Lorber

Secara keseluruhan film dokumenter yang tayang di Prime Video ini menceritakan tentang kepercayaan diri dan kemampuan seseorang untuk menemukan jawaban dalam diri sendiri, tanpa perlu bergantung pada orang lain yang diragukan.

Kumara disustradarai oleh Vikram Gandhi, seorang produser film Amerika Serikat yang juga keturunan India. Dia juga berperan sebagai guru spiritual palsu yang disebut Kumare.

Seiring berjalannya waktu, Vikram mulai terpikat pada peran Kumare dan peran yang terjalin dengan pengikutnya. Tidak lama ia mulai bersalah dan akhirnya mengungkapkan kebenaran tentang identitasnya sebagai Vikram Gandhi. Namun para pengikutnya tetap menghargai pengalaman yang mereka alami bersama Kumare, bahwa setelah mengetahui bahwa ia merupakan guru palsu.

2. The Source Family (2012)

7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Foto:Drag City

Didirikan pada 1970-an di Los Angeles, The Source Familyberada di bawah pemimpin spiritual yang cukup kontroversial bernama Father Yod. Kelompok ini tinggal bersama dalam sebuh rumah besar dan melakukan praktik spiritual seperti meditasi, vegetarianisme, serta pengobatan alternatif.

Mereka juga mengadakan konser musik yang disebut Ya Ho Wha 13yang menjadi populer di kalangan penggemar musik psychedelic pada tahun itu. Namun, film ini juga mengungkapkan sisi gelap dari kelompok The Source Family, seperti penggunaan narkoba dan kekerasan fisik yang dilakukan oleh Father Yod. Filmnya tayang di AppleTV.

3. Going Clear: Scientology and the Prison of Belief (2015)

7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Foto: HBO

Disustradarai oleh Alex Gibney dan diproduksi oleh HBO, film ini membahas tentang sebuah agama kontroversial yang didirikan oleh L. Ron Hubbard pada 1950-an. Film ini menyajikan banyak informasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh gereja Scientology, termasuk penganiayaan, penipuan serta memenjarakan para anggotanya. Hal itu dilakukan langsung oleh pemimpin Scientology, yaitu David Miscaige.

Sebagai bukti atas tuduhan itu, film ini menampilkan langsung rekaman mantan ilmuwan yang dilecehkan dan diintimidasi dengan cara diperintahkan untuk membersihkan kamar mandi memakai lidahnya. Tidak hanya itu, ada pula beberapa mantan anggota yang menceritakan pengalaman mereka dan cara mereka bisa keluar dari organisasi tersebut.

4. Prophet’s Prey (2015)

7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Foto:Showtime

Film dokumenter ini menceritakan tentang Warren Jeffs, seorang pemimpin agama kontroversial yang memimpin sekte Fundamentalis Latter Day Saints (FLDS). Sekte tersebut mempraktikkan poligami yang dianggap wajar dalam sekte itu.

Warren Jeffs adalah seorang pemimpin yang sangat berkuasa dan sudah dianggap sebagai nabi oleh para pengikutnya. Ia diketahui telah melakukan kekerasan seksual terhadap anak-anak dan remaja perempuan, kemudian menjadikan mereka sebagai istri.

Film ini menggambarkan upaya-upaya hukum dankeberanian para korban dan penyidik untuk mengungkap kejahatan Warren. Kamu bisa menyaksikan kisahnya di Prime Video.

5. Holy Hell (2016)

7 Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Religi dan Tempat Menontonnya

Foto: FilmRise

Holy Hell juga tayang di Prime Video. Film yang disutradarai oleh Will Allen secara tidak langsung menceritakan tentang Will yang selama 22 tahun bergabung dengan kelompok keagamaan Buddha yang berorientasi New Age (Buddhafield). Kelompok ini dipimpin langsung oleh seorang guru spiritual karismatik Michael Rostand.

Film ini menggambarkan pengalaman yang sangat pribadi dan intim tentang cara seorang pemimpin memanipulasi para anggotanya dan kekuasaan yang membutakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)