7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:54 WIB
loading...
7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu
Manhwa murim membawa pembacanya berpetualang ke dunia seni bela diri yang penuh intrik dan keajaiban. Keseruan aksinya membuat bacaan ini menjadi sebuah candu. (Foto: The Anime Daily)
A A A
Manhwa punya banyak genre yang menarik. Dari action, fantasy, sci-fi, horor, romantis, slice-of-life, dan komedi, masing-masing punya cerita yang berbeda dan unik. Di antara semua genre itu, ada satu yang juga populer dan disuka banyak orang, yaitu murim.

Murim adalah kata dalam bahasa Korea yang merujuk pada semacam masyarakat bawah tanah yang tersembunyi dari publik. Orang-orang dalam cerita ini biasanya merujuknya sebagai dunia seni bela diri. Sebagian orang sering menyamakan murim dengan wuxia di manhua—komik China—yang kerap menampilkan cerita tentang bela diri dengan latar kerajaan atau zaman kuno.

Murim tidak melulu berlatar masa lampau. Ada juga yang punya latar masa kini dengan cerita padat tentang penggunaan seni bela diri dalam berbagai kesempatan. Murim membawa pembacanya ke dunia asyik dengan twist dan juga aksi tanpa henti. Manhwa murim sangat cocok menjadi bacaan di kala senggang. Apa saja manwa murim yang wajib dibaca? Simak rekomendasinya berikut ini!



7. The Reaper

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: Anime-Planet

Pyo Wol adalah anak yatim yang lontang lantung di sekitar benua sampai bertemu seorang pria misterius dan pingsan. Ketika terbangun, Wol menemukan dirinya berada di ruang gelap dan tertutup hanya dengan satu pintu besi untuk keluar. Wol bertahan selama beberapa bulan yang kejam, dengan berusaha menjaga kepalanya tetap dingin dan sehat.

Ketika pintu besi itu akhirnya terbuka, dia tahu kalau dia bukan satu-satunya yang mengalami situasi menyedihkan itu. Sekelompok orang bertopeng telah menculik 300 anak-anak untuk dilatih menjadi senjata manusia. Wol harus bertarung dan membunuh yang lain, karena hanya sekelumit yang terkuatlah yang akan terpilih. Wol pun harus berusaha menjadi yang terpilih agar bebas dari tempat itu. The Reaper bisa dibaca di Tappytoon.

6. The Grand Mudang Saga

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: Novel Updates Forum

Pemimpin kegelapan tertinggi sedang sekarat. Ketika terbaring di ranjang kematiannya, dia diberi peluang hidup kedua yang ironis. Dia kemudian terlahir kembali sebagai Jinmu, murid klan rivalnya, Mudang.

Bertekad melakukan yang terbaik dari situasi yang buruk, dia memutuskan menjerumuskan klan itu ke korupsi dan kebejatan dengan menjadi murid utama mereka. Tidak tahu dengan rencana jahat ini, Mudang mulai jath ke pendekatan hidup yang berani dan seni bela diri. Rencana Jinmu meruntuhkan Klan Mudang ini bisa berhasil atau hanya akan sia-sia. The Grand Mudang Saga bisa dibaca di Tapas Media.

5. Return of the Mad Demon

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: Webtoon

Jaha Lee, sang Iblis Gila, bermimpi menjadi Dewa Seni Bela Diri. Sayang, impiannya itu harus berakhir setelah dia jatuh ke jurang keetika lari dari Sekte Iblis karena mencuri Giok Surga. Tapi, itu bukan akhir dari hidup Jaha.

Jaha terbangun dari efek jatuh itu dan menemukan dirinya kembali ke usia 20-an. Dengan pengetahuannya tentang masa depan dan seni bela diri, dia sekarang punya kesempatan balas dendam dan memperbaiki hidupnya. Ini juga memberinya peluang untuk mewujudkan cita-citanya. Return of the Mad Demon bisa dibaca di Webtoon.

4. Nano Mashin

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: Webtoon

Hidup Chun Yeo-wun jauh dari bahagia meski dia adalah pemimpin sekte penyembah setan. Ibunya adalah selir dari pemimpin itu yang secara resmi punya enam istri. Meski hanya anak selir, Yeo-wun masih berhak mendapatkan posisi sebagai pendeta kecil. Tapi, semua itu tidak bisa dia raih dengan mudah.

Ibu Yeo-wun dibunuh orang-orang yang haus kekuasaan. Mereka juga menghalanginya untuk ikut upacara penobatan. Ketika diserang skuad pembunuh, salah satu keturunannya dari masa depan datang dan memasukkan mesin nano ke tubuh Yeo-wun. Dengan mesin itu, dia bergabung dengan Akademi Mashin dan memperkuat dirinya. Dia kemudian mulai membalas dendam terhadap pembunuh ibunya dan yang membuat hidupnya seperti di neraka. Nano Mashin bisa dibaca di Webtoon.

3. Return of the Blossoming Blade

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: Webtoon

Ketika Cheongmyeong dari Sekte Gunung Hua bangkit 100 tahun di masa depan, kenangan terakhirnya adalah pertarungan berdarah-darah melawan Pemimpin Sekte Iblis, Cheonma yang jahat. Pertarungan itu nyaris mengakhiri Ten Great Sects China kuno. Cheongmyeong mengakhiri pertarungan itu dengan melumpuhkan Cheonma.

Tak lama kemudian, Cheongmyeong menyerah pada luka-lukanya, dipenuhi dengan penyesalan. Tapi, semuanya belum hilang karena dia bangun di kesempatan hidup keduanya. Kaget dengan Sekte Gunung Hua yang dia sayangi berubah menjadi bayang-bayang di masa sekarang, Cheongmyeong melakoni perjalanan untuk memulihkan kejayaan Gunung Hua. Return of the Blossoming Blade bisa dibaca di Webtoon.

2. The Breaker

7 Manhwa Murim Pilihan Ini Wajib Banget Jadi Bacaan Kamu

Foto: ICv2
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3097 seconds (0.1#10.140)