7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Jum'at, 24 Maret 2023 - 06:26 WIB
loading...
7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa
Sejumlah anime tentang memasak dengan bumbu kehangatan keluarga bisa memicu emosi penontonnya. Anime seperti ini sama sekali tidak cocok ditonton saat berpuasa. (Foto: Bstation)
A A A
Menonton anime bisa menjadi hiburan untuk menjalani ibadah puasa. Ada banyak judul yang bisa dipilih untuk ditonton sembari menunggu waktu sholat atau berbuka puasa. Namun, tidak semua anime tepat dinikmati di tengah-tengah puasa.

Faktanya, sejumlah anime akan memicu hawa nafsu penontonnya. Kalau orang sudah tahu seperti apa anime ecchi, harem, atau anime dengan karakter yang bisa menggoda mereka, maka mereka bisa menghindarinya. Tapi, sebaiknya hati-hati dengan anime yang menyajikan tentang cerita seputar makanan. Meski terlihat sepele dan tidak berbahaya, anime-anime ini selalu direkomendasikan agar tidak ditonton ketika perut kosong dan juga saat jauh dari rumah.

Makanan yang disajikan di anime ini terkadang begitu nyata dan bisa bikin ngiler hanya dengan menontonnya. Belum lagi, karakternya pun tak jarang memberikan deskripsi gamblang tentang seperti apa rasanya dan bahan-bahan pembuatnya. Sementara, makanan-makanan anime ini bisa menjadi inspirasi memasak, pastikan menontonnya setelah berbuka agar tidak menganggu kekhusyukan berpuasa. Apa saja anime yang sebaiknya dihindari saat berpuasa? Simak ulasannya berikut!



7. Sweetness and Lightning

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Crunchyroll

Sweetness and Lightning adalah anime memikat hati tentang seorang duda yang ingin membuat anak semata wayangnya sehat. Sepeninggal istrinya, Kouhei Inuzuka, merawat anak mereka, Tsumugi. Meski berusaha memberikan semua kebutuhan Tsumugi, Kouhei tidak bisa memasak. Tak ingin anaknya terus menerus makanan siap saji, Kouhei pun mulai belajar memasak.

Anime ini memperlihatkan usaha Kouhei memasak. Makanan yang dia sajikan pun selalu terlihat enak. Respons Tsumugi adalah segalanya. Melihat masakannya saja bisa menggoyang cacing di perut untuk bereaksi. Belum lagi menyaksikan kedekatan antara ayah dan anak ini. Emotional damage banget! Makanya, lebih baik hindari nonton anime yang terlihat sederhana ini.

6. Koufuku Graffiti

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Reddit

Di Koufuku Graffiti, Ryou Machiko percaya dengan ucapan neneknya, untuk menjadi seorang istri yang baik, maka seorang wanita harus bisa memasak. Makanya, dia getol belajar memasak sejak kecil. Ketika SMP, keterampilan memasaknya luar biasa. Tapi, tiba-tiba rasa masakannya jadi tidak lagi enak. Untungnya, kehadiran sepupunya, Kirin Morino, membantu Ryou membuat masakannya jadi enak lagi.

Bagi sebagian besar orang, bulan puasa terasa lebih indah ketika dijalani bersama orang yang dicintai dan saling berbagi. Inilah yang terjadi di serial ini. Tidak hanya makanan yang disajikan bikin ngiler, dengan respons orang yang mencicipinya juga menggoda, anime ini adalah tentang berbagi pengalaman dengan orang terdekat. Anime ini akan bikin baper para jomblo dan mereka yang jauh dari keluarga.

5. Yume-iro Pâtissière

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Annalyn’s Thoughts

Yume-iro Pâtissière berkisah tentang Ichigo Amano yang sangat suka makan kue. Dia punya kemampuan mencicipi yang luar biasa. Suatu hari, Henri Lucas, seorang patissier yang terkenal bertemu dan tahu bakatnya itu. Dia lalu menawari Ichigo kesempatan untuk masuk St. Marie Academy, sebuah sekolah kuliner bergengsi yang spesialis pada hidangan pencuci mulut.

Anime ini memperlihatkan bagaimana pencuci mulut ini dibuat. Langkah demi langkah pembuatannya digambarkan dengan gamblang sampai kemudian makanan itu jadi dan dicicipi. Buat yang sedang berpuasa, anime ini hanya akan membuat angan-angan memakan kudapan saat berbuka puasa membumbung tinggi. Belum lagi beban emosional tidak bisa makan apa-apa saat menontonnya. Jadi, lebih baik tidak menonton anime ini.

4. Today's Menu for the Emiya Family

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Anime-Planet

Today’s Menu for the Emiya Family adalah spinoff Fate/Stay Night. Anime ini mengisahkan tentang protagonis serial itu, Shirou Emiya, memasak untuk teman dan keluarganya di acara khusus sepanjang tahun. Di serial ini, Shirou memamerkan kepiawaiannya memasak. Dia juga menyebutkan detail langkah-langkah memasak seperti sedang berada di acara memasak di televisi.

Serial ini adalah tentang kesukaan pada makanan, memasak, komunitas dan tradisi. Bagi Shirou dan tamunya, makanan itu lebih dari sekadar perbaikan gizi, tapi juga menyatukan orang. Setiap episodenya diangkat dari makanan berbeda dan setiap makanan datang dengan pelajaran tentang budaya, tradisi serta persiapan makanan. Serial ini tidak hanya akan bikin kamu kelaparan. Bagi yang jauh dari rumah dan teman atau sanak saudara, serial ini hanya akan bikin kamu tambah merana.

3. Yakitate!! Japan

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: YouTube

Yakitate!! Japan adalah serial tentang membuat roti. Anime shounen ini punya gambaran detail mengenai roti keemasan yang keluar dari oven yang bakal bikin siapa saja tergoda. Bahkan, hanya dengan menontonnya, aroma harumnya seolah bisa tercium. Anime ini bisa membuat puasa kalian jadi sia-sia karena akan kelaparan saat menontonnya.

Anime ini berkisah tentang Kazuma Azuma, cowok berusia 16 tahun yang ingin menciptakan roti khas Jepang. Dengan bakat alamiahnya, Tangan Matahari, dia bisa membuat adonan bisa dengan cepat berfermentasi. Hasrat dan dukungan keluarganya membuatnya ingin bersemangat mewujudkan cita-citanya itu. Yang membuat serial ini lebih menarik adalah fakta kalau resep asli makanan di serial ini juga ditampilkan beserta bonus kulinernya.

2. Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Otaku USA Magazine

Anime isekai ini menarik perhatian banyak orang karena ceritanya yang tidak biasa. Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi mengisahkan tentang Tsuyoshi Mukouda. Cowok berusia 27 tahun itu tiba-tiba dipanggil ke dunia lain sebagai pahlawan. Tapi, karena kemampuannya, Belanja Online, dianggap tidak berguna, dia pun mundur dan pergi berpetualang dengan harapan keluar dari dunia itu.

Di tengah perjalanannya, Mukouda menggunakan kemampuannya itu untuk memasak makanan kesukaannya. Kemampuan itu membuatnya bisa berbelanja bahan makanan dan benda yang dia butuhkan dari era Jepang modern. Masakan yang dibuat Mukouda di anime ini selalu bikin penasaran dan penampakannya selalu menarik. Meski menggunakan bahan-bahan aneh, makanannya selalu lezat. Ini terlihat dari respons mereka yang mencicipi masakannya. Anime ini tidak bisa ditonton saat perut kosong.



1. Shokugeki no Soma

7 Anime Ini Tidak Cocok Ditonton saat sedang Berpuasa

Foto: Reddit

Shokugeki no Soma pasti masuk daftar anime yang dilarang ditonton saat berpuasa. Tidak hanya anime ini menyajikan makanan enak, tapi penggambaran kenikmatan rasa makanan itu benar-benar berlebihan dan tidak senonoh. Jadi, orang tidak hanya akan ngiler dengan makanannya tapi juga akan menghadapi dilema ketika menonton reaksi orang yang memakan makanan itu di serial ini.

Selain itu, anime ini juga merupakan salah satu anime yang lebih baik ditonton sendiri atau dengan orang satu frekuensi. Menontonnya bersama keluarga hanya akan membuat kamu malu dan menciptakan suasana yang kikuk. Shokugeki no Soma mengisahkan tentang Soma Yukihira. Ayahnya mengirimnya ke sekolah kuliner elit, Akademi Totsuki, agar dia bisa mengasah bakat memasaknya lebih jauh.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)