8 Aktor dan Aktris yang Nunggu 20+ Tahun untuk Menang Oscar, Terbaru Michelle Yeoh

Senin, 13 Maret 2023 - 13:04 WIB
loading...
8 Aktor dan Aktris yang Nunggu 20+ Tahun untuk Menang Oscar, Terbaru Michelle Yeoh
Michelle Yeoh dan Will Smith harus menunggu 20 tahun untuk memenangkan Piala Oscar. Foto/AFP, EW
A A A
JAKARTA - Michelle Yeoh dinobatkan sebagai Aktris Terbaik Academy Awards( Oscar ) 2023 lewat film Everything Everywhere All at Once, yang juga menjadi film terbaik dalam ajang yang sama.

Dalam pidato kemenangannya pada Senin (13/3) siang waktu Indonesia, aktris berusia 60 tahun itu mengatakan pada anak-anak muda agar tidak menyerah pada mimpi mereka.

"Ini adalah hasil dari harapan dan kesempatan. Ini adalah bukti bahwa mimpi bisa jadi kenyataan. Dan untuk para perempuan, jangan biarkan siapa pun membiarkanmu merasa bahwa waktumu telah habis. Jangan menyerah," ujarnya di atas panggung Academy Awards.



Selain Michelle Yeoh, ada juga serentetan aktor yang menunggu lama untuk bisa meraih piala Oscar, baik setelah nomine pertamanya atau sejak ia memulai karier beraktingnya. Bahkan, ada sederet nama yang mesti menanti hingga puluhan tahun, seperti Yeoh.

Berikut ini para aktor dan aktris yang menunggu puluhan tahun untuk bisa memenangkan piala Oscar.

1. Michelle Yeoh

8 Aktor dan Aktris yang Nunggu 20+ Tahun untuk Menang Oscar, Terbaru Michelle Yeoh

Foto: A24

Michelle Yeoh yang merupakan warga negara Malaysia ini baru bisa meraih Piala Oscar setelah menjalani masa 39 tahun berkarier sebagai aktris. Akting pertamanya dimulai pada 1984, lewat film The Owl vs Bombo. Dalam film kriminal komedi yang disutradarai Sammo Hung ini, ia berperan sebagai Miss Yeung.

Sebelum Everything Everywhere All at Once yang diproduseri oleh sutradara empat film Marvel Cinematic Universe (MCU) The Russo Brothers, kesempatan terbesar Yeoh untuk menang dalam ajang Oscar adalah saat film Taiwan Crouching Tiger, Hidden Dragon masuk sebagai nomine Film Terbaik. Namun saat itu, film ini hanya membawa pulang piala Film Asing Terbaik.

Selain Crouching Tiger, Hidden Dragon, Michelle Yeoh sebelumnya juga populer lewat perannya sebagai "Gadis Bond" dalam film James Bond Tomorrow Never Dies, lalu film Memoirs of a Geisha dan Crazy Rich Asians.

Meski begitu, Everything Everywhere All at Once adalah nomine pertamanya sebagai Aktris Terbaik Oscar, dan langsung dimenangkannya. Ia menjadi aktris Asia pertama yang memenangkan piala Aktris Terbaik Oscar, dan aktris Asia ketiga yang memenangkan Oscar setelah aktris Korea Selatan Youn Yuh-jung (film Minari) dan aktris Jepang Miyoshi Umeki (film Sayonara)

2. Al Pacino

8 Aktor dan Aktris yang Nunggu 20+ Tahun untuk Menang Oscar, Terbaru Michelle Yeoh

Foto:Universal Pictures

Siapa yang tak kenal aktor legendaris pemeran film trilogi The Godfather ini? Tapi tak banyak yang sadar bahwa Al Pacino tak pernah memenangkan piala Oscar atas perannya itu. Ia dinominasikan untuk dua film pertamanya, tapi dua-duanya gagal dimenangkannya.

Al Pacino baru bisa memenangkan gelar Aktor Terbaik Academy Awards pada 1993 atas perannya dalam film Scent of a Woman. Itu artinya, ia harus menunggu 20 tahun untuk predikat bergengsi tersebut. Saat itu, usianya sudah 53 tahun.

3. Alan Arkin

8 Aktor dan Aktris yang Nunggu 20+ Tahun untuk Menang Oscar, Terbaru Michelle Yeoh

Foto:Searchlight Pictures

Alan Arkin jadi aktor terlama yang memenangkan Piala Oscar setelah pertama kali dinominasikan dalam Academy Awards, yaitu hingga 40 tahun. Ia pertama kali masuk sebagai nomine Aktor Terbaik pada 1967, tapi baru berhasil membawa pulang Piala Oscar pada 2007.

Nomine Aktor Terbaik Oscar pertamanya itu diraih lewat film The Russians Are Coming, the Russians Are Coming. Namun baru 40 tahun kemudian ia meraih piala Aktor Pendukung Terbaik Academy Awards pada 2007 lewat Little Miss Sunshine. Ia meraih piala yang sama pada 2013 lewat Argo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)