7 Drama Korea Terpopuler pada Januari-Februari 2023 untuk Pasar Global

Senin, 27 Februari 2023 - 09:44 WIB
loading...
7 Drama Korea Terpopuler pada Januari-Februari 2023 untuk Pasar Global
Drama Korea terpopuler pada Januari-Februari 2023 di kalangan penonton internasional salah satunya adalah Love to Hate You. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Drama Korea yang populer di negara asalnya dan di pasar internasional (global) tak selamanya sama. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam.

Beberapa alasan yang bisa dipakai misalnya selera penonton domestik dan internasional yang berbeda. Bisa juga karena serialnya hanya ditayangkan di stasiun televisi di Korea, membuat penonton global tidak bisa menikmatinya.

Contoh yang bisa dipakai di antaranya adalah dua drama Korea yang tayang di JTBC, yaitu Nevertheless (2021) dan Agency (2022). Di Korea, rating rata-rata Nevertheless hanya 1% saja, angka yang sebenarnya tidak bisa dibilang flop untuk penayangan di stasiun televisi berbayar, tapi tergolong kecil untuk penayangan di JTBC.

Sementara di situs web bagi pencinta drama Asia di seluruh dunia MyDramaList, penonton drama ini tergolong tinggi, yaitu mencapai 63.742 dengan tingkat popularitas di urutan 89. Adapun Agency yang baru saja tamat dan masuk dalam daftar drama JTBC dengan rating tertinggi, tapi sayangnya hingga kini belum bisa ditonton secara legal di luar Korea.

Nah, berikut ini tujuh drama Korea yang ditayangkan pada Januari-Februari 2023 dan sangat populer di kalangan penonton internasional atau global. Data diambil berdasarkan peringkat popularitas di MyDramaList.

1. Crash Course in Romance

7 Drama Korea Terpopuler pada Januari-Februari 2023 untuk Pasar Global

Foto: tvN

Drama Korea komedi romantis berbumbu kisah misteri ini tayang perdana pada 14 Januari, dan tinggal menyisakan dua episode terakhir. Popularitasnya sama-sama tinggi, baik di pasar domestik maupun global.

Di Korea, rating tertingginya hingga kini mencapai 14,2%. Sedangkan di MyDramaList, popularitasnya secara keseluruhan ada di urutan 602 dengan jumlah penonton 19.004. Adapun ratingnya mencapai 8,7/10 dari penilaian yang diberikan oleh 3.200 pengguna.

Crash Course in Romance adalah cerita tentang hubungan romantis antara guru kursus yang populer dengan pemilik warung makanan. Selain itu, ada juga kisah soal kerasnya pendidikan di Korea dan misteri pembunuhan. Drama tvN ini bisa ditonton di Netflix.

2. Love to Hate You

7 Drama Korea Terpopuler pada Januari-Februari 2023 untuk Pasar Global

Foto: Netflix

Drama komedi romantis sepanjang 10 episode ini baru tayang di Netflix pada 10 Februari lalu. Namun penontonnya di MyDramaList tercatat sudah mencapai 15.126 dengan rating 8,7 dari 7.506 pengguna. Adapun popularitasnya ada di urutan 808.

Love to Hate You adalah kisah tentang hubungan antara aktor pria tampan yang tak percaya pada perempuan, dengan seorang perempuan yang bekerja dalam industri hiburan yang juga tak percaya pada laki-laki. Drama ini dipuji penonton karena sangat lucu, romantis, dan menyenangkan untuk ditonton.

3. Taxi Driver 2

7 Drama Korea Terpopuler pada Januari-Februari 2023 untuk Pasar Global

Foto: SBS

Sebagai drama sekuel, tentu saja Taxi Driver 2 sudah ditunggu-tunggu dan popularitasnya langsung menanjak. Angkanya ada di urutan 1510. Ratingnya di MyDramaList adalah 8,6 dari 588 pengguna dengan jumlah penonton 7.867.

Baru tayang empat episode, Taxi Driver 2 melanjutkan kisah tim yang menjalankan bisnis jasa membalaskan dendam dengan kedok perusahaan taksi. Drama laga thriller dan komedi ini tayang di SBS dan Viu. Adapun musim pertamanya bisa ditonton di Netflix.

Taxi Driver juga sangat populer di Korea Selatan. Saat musim pertama, rating tertingginya mencapai 16% dan rata-rata nasionalnya mencapai 12,6%. Sedangkan untuk musim kedua rating tertingginya sejauh ini mencapai 13,2%.

Baca Juga: 10 Drama Korea Medis dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa di MyDramaList
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)