5 Artis Korea yang Dilarang Keluar Negeri, Terbaru Park Min-Young

Rabu, 15 Februari 2023 - 13:38 WIB
loading...
5 Artis Korea yang Dilarang Keluar Negeri, Terbaru Park Min-Young
Park Min-young jadi artis Korea terbaru yang dilarang atau dicekal keluar negeri karena kasus kriminal. Foto/Hook Entertainment
A A A
JAKARTA - Sejumlah artis Korea populer pernah dicekal alias dilarang meninggalkan Korea Selatan karena tersangkut kasus kriminal.

Permintaan pencekalan tersebut bisa datang dari beberapa lembaga, misalnya lembaga terkait pemberantasan narkoba hingga lembaga penanganan hukum. Pencekalan biasanya hanya berlaku sementara, setidaknya enam bulan.

Pencekalan ini biasanya diberlakukan agar pihak yang berwenang bisa melakukan penyidikan terhadap tersangka, atau saksi yang dicurigai ikut terlibat dalam aksi kriminal. Meski begitu, ini tidak berarti mereka yang terkena pencekalan akan masuk penjara.

Nah, berikut ini lima artis Korea yang pernah dan sedang dicekal untuk terbang ke luar negeri karena tersangkut kasus.

1. Park Min-Young

5 Artis Korea yang Dilarang Keluar Negeri, Terbaru Park Min-Young

Foto: Namoo Actors

Aktris drama Korea pemain What's Wrong with Secretary Kim ini resmi dicekal ke luar negeri oleh Divisi Investigasi Keuangan 2 Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul (Kepala Jaksa Chae Hee-man). Mengutip Hankyung, perintah ini dikeluarkan pada 13 Februari 2023.

Pencekalan terhadap Park Min-young tersebut adalah buntut dari kasus yang melibatkan mantan pacarnya, Kang Jong-hyun. Pengusaha ini dituduh melakukan penggelapan mata uang kripto Bithumb, perusahaan saham yang membawahi Vident, Inbiogen, dan Bucket Studio.

Meski dicekal, tapi untuk saat ini Park Min-young hanya berlaku sebagai saksi. Meski begitu, jaksa menemukan bahwa namanya dipakai untuk melakukan beberapa transaksi yang diterbitkan oleh afiliasi Bithumb, dan ada keuntungan ratusan juta won karena transaksi tersebut.

Sebelumnya, Park Min-young dan agensinya Hook Entertainment telah membantah bahwa ia terlibat dalam transaksi itu. Adapun Kang Jong-hyun telah ditangkap per 2 Februari 2023.

2. Yoo Ah-In

5 Artis Korea yang Dilarang Keluar Negeri, Terbaru Park Min-Young

Foto: via Allkpop

Sebelum Park Min-young, aktor terkenal Yoo Ah-in sudah kena cekal terlebih dahulu pada awal Februari 2023. Penyebabnya adalah karena ia tengah diselidiki atas dugaan penyalahgunaan obat propofol.

Propofol adalah zat psikotropika atau obat bius yang biasa dipakai di rumah sakit untuk proses anestesi. Dugaan penyalahgunaan tersebut muncul saat Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan di Korea menemukan resep propofol yang sering diberikan kepada bintang film Alive dan drama Korea Secret Affair itu.

Saat diperiksa, aktor berusia 36 tahun itu ternyata kedapatan mengonsumsi ganja. Terkait propofol yang masih dalam penyelidikan, jika terbukti menggunakannya secara ilegal, Yoo Ah-in bisa terancam hukuman hingga 10 tahun penjara.

Sementara itu, agensi sang aktor, StarK United Artists Agency, sudah mengeluarkan pernyataan bahwa Ah-in akan bekerja sama dalam proses kasus tersebut.

Baca Juga: 4 Aktris Korea dengan Transformasi Peran Paling Keren, Bikin Takjub!

3. Seung-Ri

5 Artis Korea yang Dilarang Keluar Negeri, Terbaru Park Min-Young

Foto: Hankyung

Seung-ri yang pernah tergabung dalam grup K-pop BIGBANG juga pernah dicekal terbang ke luar negeri saat penyelidikan rentetan kasus kriminal yang disebut skandal Burning Sun pada 2019. Ia didakwa dengan sembilan tindakan kriminal, antara lain prostitusi ilegal, perjudian ilegal di luar negeri, serta penyebaran konten seksual yang difilmkan secara ilegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)