Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 17:34 WIB
Lee Soo-man, Yang Hyun-suk, Park Jin-young, dan Bang Si-hyuk adalah para pendiri agensi Big 4 di Korea. Foto/berbagai sumber
JAKARTA - Mayoritas grup-grup populer K-pop berasal dari empat perusahaan, yaitu SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan BigHit Entertainment atau HYBE.

Masing-masing dari perusahaan tersebut didirikan oleh empat sosok yang sebelum mendirikan agensi atau label rekaman tersebut, sudah dikenal aktif dalam industri musik Korea. Mereka yaitu Lee Soo-man (SM), Yang Hyun-suk (YG), Park Jin-young (JYP), dan Bang Si-hyuk (HYBE).

Berikut ini latar belakang keluarga serta pendidikan dari para pendiri empat agensi terbesar K-pop alias Big 4 tersebut.

1. Lee Soo- Man (SM Entertainment)





Foto: Yonhap

Lee Soo-man lahir di Seoul, 18 Juni 1952 (70 tahun). Ibunya adalah musisi dan ayahnya adalah seorang profesor. Ia adalah anak pintar di sekolah, tak heran Soo-man berhasil masuk sebagai mahasiswa Jurusan Teknik di kampus paling bergengsi di Korea, Seoul National University (SNU).

Sambil kuliah, ia sudah nge-band bersama teman-temannya dengan mengusung nama April and May. Ia juga sempat aktif dengan band lain. Di kampus, ia juga dikenal sebagai anak baik-baik dengan catatan akademik yang memuaskan.

Setelah lulus, Lee Soo-man melanjutkan pendidikan master Jurusan Teknik Komputer di California State University, Amerika Serikat, pada tahun 1980-an. Di sana, ia sangat terpukau dengan budaya musik Amerika yang dibawa MTV, dan Sepulangnya dari negara tersebut, ia pun membangun SM Entertainment pada 1995.

Lee Soo-man memiliki dua orang anak. Sementara istrinya, Kim Eun-jin, wafat karena kanker pada 30 September 2014.

2. Yang Hyun-Suk (YG Entertainment)



Foto: Dispatch

Yang Hyun-suk lahir di Seoul, 9 Januari 1970 (52 tahun), tapi versi lain menyebutnya lahir pada 2 Desember 1969. Pekerjaan orang tuanya tidak diketahui, tapi Hyun-suk disebut sebagai anak nakal yang punya rasa keingintahuan yang tinggi.

Hyun-suk tak pernah mencicipi bangku kuliah. Ia hanya bersekolah sampai tingkat SMK, lebih tepatnya di Kwang Myung Engineering High School. Sebagai remaja, Hyun-suk sangat gandrung dengan musik hip-hop dan rap.

Pada 1991, ia bergabung bersama Seo Taiji, dan membuat Seo Taiji & Boys bersama satu rekan lainnya, Lee Juno. Grup ini sering disebut sebagai cikal bakal lahirnya musik K-pop yang menggabungkan musik Korea dengan musik modern, dalam hal ini rap dan hip-hop.

Setelah Seo Taiji & Boys bubar pada 1996, Yang Hyun-suk pun mendirikan YG Entertainment pada tahun yang sama. Namun setelah 23 tahun memimpin agensi tersebut, Yang Hyun-suk mengundurkan diri pada Juni 2019 karena saham perusahaan yang anjlok hingga nyaris 30% akibat kasus kriminal yang menimpa Seungri BIGBANG. Meski begitu, ia disebut masih menjadi pemegang saham terbesar YG Entertainment, yaitu sekitar 16%.

Pada 2010, ia menikah dengan Lee Eun-ju, mantan member girl group Swi. T yang juga di bawah asuhannya, dan lebih muda 12 tahun. Dari pernikahan itu, kini mereka memiliki dua anak.

Baca Juga: Jumlah Penonton 4 Konser Dunia BLACKPINK, Catat Rekor Girl Group K-Pop
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More