Ini bedanya aespa, BLACKPINK, dan 2NE1 saat Tampil di Coachella

Selasa, 19 April 2022 - 16:59 WIB
aespa akan menjadi girl group K-pop pertama yang secara resmi tampil di panggung utama Coachella. Foto/SM Entertainment
JAKARTA - Girl group aespa dipastikan tampil dalam festival musik Coachella di Amerika Serikat, menyusul BLACKPINK dan 2NE1 yang sebelumnya sudah tampil di panggung legendaris itu.

Grup di bawah asuhan SM Entertainment itu akan tampil di panggung utama (main stage) festival musik outdoor terbesar di Amerika Serikat itu pada 23 April mendatang, waktu setempat. Menurut siaran pers dari agensi mengutip Yonhap, mereka akan menyanyikan Savage, Next Level, dan Black Mamba. Tak hanya itu, keempat member juga disebut akan merilis lagu baru di sana.

Rencana kemunculan aespa di panggung Coachella adalah sebuah sejarah baru bagi industri musik K-pop. Ini karena aespa menjadi girl group K-pop pertama yang tampil di panggung utama Coachella.

Sebelumnya, pada Sabtu pekan lalu waktu setempat, grup K-pop legendaris dari generasi kedua 2NE1 juga tampil di panggung utama Coachella. Hanya saja, secara teknis, kondisinya berbeda dengan aespa.





Foto:Kevin Mazur/Getty Images

Saat CL, Dara, Park Bom, dan Minzy tampil di panggung, sesungguhnya mereka bukan grup yang resmi diundang. Aslinya, hanya CL yang secara resmi diumumkan tampil, yaitu sebagai bagian dari tim label musik 88rising. Sementara Dara, Bom, dan Minzy diundang CL untuk naik ke atas panggung dan melakukan reuni legendaris nan emosional di panggung festival itu.

Adapun BLACKPINK yang satu agensi dengan 2NE1, mengutip Rolling Stone, secara teknis memang adalah girl group K-pop pertama yang tampil di Coachella, pada 2019. Namun mereka tidak tampil di panggung utama, melainkan di sub-stage Sahara.

Baca Juga: 10 Grup K-Pop dengan Posisi Leader yang Tidak Biasa

Mengingat aespa adalah grup yang baru debut pada November 2020, ini tentu menjadi prestasi yang membanggakan bagi grup tersebut. Sebelumnya di Korea Selatan, aespa juga sudah mendapatkan respons positif dengan lagu Next Level yang dinobatkan sebagai Song of The Year dalam Korean Music Awards 2022 alias Grammy-nya Korea Selatan.



Foto: Getty Images

Coachella atau lengkapnya The Coachella Valley Music and Arts Festival adalah acara musik tahunan luar ruang yang diadakan di Empire Polo Club di Indio, California, di tengah Gurun Colorado. Acara ini pertama kali diadakan pada 1999.

Baca Juga: 7 Drama Korea Adaptasi Webtoon dengan Rating Tinggi pada 2021-2022

Dalam festival musik ini, musisi dari berbagai genre tampil, mulai dari grup rock, pop, indie, hip hop, hingga EDM. Tak hanya musik, ada juga seni instalasi dan patung. Dulu, Coachella juga identik dengan busana para pengunjungnya yang nyentrik.

Setelah absen dua tahun karena pandemi, tahun ini Coachella hadir lagi dengan banyak penyanyi K-pop tampil. Selain CL dan 2NE1, ada pula Jackson Wang, grup hip hop Epik High, BIBI, dan Japanese Breakfast. Adapun penampil utama tahun ini ada Billie Eilish dan The Weeknd.
(ita)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More