Profil 19 Dokter dalam Dr Romantic Season 1 hingga Season 3

Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:28 WIB
Dr Romantic memiliki 19 dokter sejak musim pertama hingga ketiga, salah satunya adalah Kang Dong-joo yang akan jadi cameo pada musim ketiga. Foto/SBS
JAKARTA - Drama Korea Dr Romantic memiliki tiga season, dengan musim ketiga yang kini masih berjalan. Sepanjang itu, ada banyak dokter yang muncul dalam tiap episodenya.

Dr Romantic adalah drama Korea medis dengan bumbu kisah romantis. Tiap episodenya menceritakan berbagai kasus gawat darurat di Rumah Sakit Doldam yang ada di pedesaan. Selain itu, tiap dokter yang bertugas di sana juga punya masalah pribadinya masing-masing.

Satu benang merah yang mengaitkan seluruh cerita dalam tiap season Dr Romantic adalah tentang cara para dokter di sana untuk mempertahankan prinsip penting mereka, yaitu selalu mengutamakan nyawa pasien di atas bisnis rumah sakit. Hal ini kerap bertentangan dengan pengelola pusat rumah sakit tersebut.



Dr Romantic 1 punya tiga dokter yang menjadi karakter utama. Namun untuk season 2 dan 3, dua karakter dokter itu digantikan oleh dua dokter muda yang masih baru. Selain itu, ada banyak lagi dokter yang menjadi karakter pendukung yang menambah keseruan ceritanya.



Berikut ini 19 dokter yang ada dalam Dr Romantic Season 1, 2, dan 3.

1. Kim Sabu/Bu Yong-Joo (Han Suk-Kyu)



Foto: SBS

Kim Sabu alias Master Kim alias adalah kepala dokter bedah di Rumah Sakit Doldam. Ia menjadi satu-satunya dokter bedah di Korea Selatan yang memegang tiga sertifikasi, yaitu sebagai dokter bedah umum, bedah jantung, dan bedah saraf.

Kim Sabu punya kepribadian yang sangat tegas dan punya prinsip mengutamakan keselamatan pasien di atas segalanya. Ia juga keras kepala dan bicaranya kadang agak kasar, tapi ia sangat dihormati oleh seluruh staf dan dianggap mentor oleh para dokter muda.

Dalam mengoperasi para pasien, ia hampir selalu keluar dari teori, dan lebih suka menganalisis kasus per kasus demi menyelamatkan mereka. Ini yang kadang mengundang konflik dengan direktur rumah sakit dan orang yang kontra dengannya.

Aslinya, ia bernama Bu Yong-joo dan bekerja di Rumah Sakit Universitas Geosan, tapi lantas berganti nama menjadi Kim Sabu setelah pindah ke Rumah Sakit Doldam. Kepindahannya itu juga karena ia mengalami peristiwa yang menyakitkan, dan memilih mengisolasi diri.

Adapun Han Suk-kyu adalah aktor berusia 58 tahun yang sebelumnya bermain dalam drama menyentuh Recipe for Farewell, Watcher, dan Secret Door.

2. Kang Dong-Joo (Yoo Yeon-Seok)



Foto: SBS

Kang Dong-joo adalah karakter utama dokter pria dalam Dr Romantic 1. Ia adalah dokter GS (general surgery) alias dokter bedah umum. Ia sangat cekatan, mirip dengan Kim Sabu saat mengoperasi pasien.

Saat masih remaja, Dong-joo pernah mengamuk di Rumah Sakit Universitas Geosan karena ayahnya tak ditangani dengan baik hingga akhirnya meninggal. Kala itu, Kim Sabu yang menenangkannya, tapi Dong-joo tak melihat wajah sang dokter dengan jelas. Kata-kata Kim Sabu juga yang membuatnya bertekad menjadi dokter.

Dong-joo adalah lulusan terbaik dan awalnya bekerja di Rumah Sakit Universitas Geosan. Namun karena obsesinya untuk sukses, ia menerima tantangan mengoperasi orang penting dengan risiko kegagalan yang tinggi. Saat sang pasien meninggal di meja operasi, Dong-joo akhirnya dipindahkan ke Doldam.

Awalnya, hubungan Dong-joo dan Kim Sabu sangatlah buruk karena keduanya sama-sama keras dan Dong-joo sering mengkritik cara kerja seniornya itu. Namun setelah tahu bahwa Kim Sabu yang dulu menolongnya, Dong-joo mulai melunak dan lebih banyak menyerap pelajaran darinya.

Pada episode akhir Dr Romantic 1, Kang Doo-joo memilih mengabdi sebagai dokter di wilayah konflik. Namun ia akan kembali sebagai cameo dalam Dr Romantic 3.

Adapun Yoo Yeon-seok adalah aktor berusia 39 tahun yang pernah bermain dalam Hospital Playlist 1 dan 2, Narco-Saints, Reply 1994, dan The Interest of Love.

3. Yoon Seo-Jung (Seo Hyun-Jin)



Foto: SBS

Dokter Yoon Seo-jung adalah dokter UGD yang akhirnya juga menjadi dokter spesialis bedah jantung. Ia muncul dalam Dr Romantic 1, dan punya hubungan romantis dengan Kang Do-joo.

Seo-jung adalah dokter yang galak, tapi cekatan, membuatnya dijuluki Dokter Paus dan Dokter Jari Telunjuk. Sayangnya, saat mengalami kecelakaan yang menewaskan pacarnya yang dokter, Seo-jung mengalami trauma dan akhirnya pergi dari Rumah Sakit Universitas Geosan dan bekerja di Doldam. Ia bahkan pernah melakukan percobaan bunuh diri karena trauma itu.

Di Rumah Sakit Doldam, ia akhirnya bertemu kembali dengan Kang Do-joo yang sebelumnya sudah menyatakan perasaannya pada Seo-jung. Awalnya, mereka punya hubungan benci yang menjadi cinta.

Aktris Seo Hyun-jin yang berusia 38 tahun pernah bermain dalam drama Why Her, You Are My Spring, dan Another Miss Oh.

4. Do Yoon-Wan (Choi Jin-Ho)



Foto: SBS

Do Yoon-wan adalah karakter antagonis dalam Dr Romantic 1 dan 2. Ia adalah Kepala Yayasan Universitas Geosan yang hanya memikirkan cara meraup keuntungan sebanyak mungkin dibanding menyelamatkan nyawa pasien.

Ia bukan dokter yang hebat, tapi kemampuannya dalam berpolitik membuatnya bisa berada di posisi atas. Adapun aktor Choi Jin-ho yang berumur 55 tahun pernah bermain dalam drama Mr. Sunshine, Beyond Evil, dan Extraordinary You. Ia juga akan bermain dalam serial See You in My 19th Life.

5. Do In-Bum (Yang Se-Jong)



Foto: SBS

In-bum adalah anak Yoon-wan. Ia adalah dokter muda yang satu kampus dengan Kang Dong-joo dan selalu merasa insecure dalam persaingannya dengan Dong-joo. Ia juga pernah menyukai Seo-jung.

Meski awalnya terlihat jahat, tapi pada akhirnya Do In-bum mendukung Rumah Sakit Doldam. Ia mundul dalam dua serial pertama Dr Romantic. Sementara itu, Yang Se-jong yang berusia 30 tahun pernah bermain dalam Still 17 dan Temperature of Love.

6. Son Hyun-Cheol (Jang Hyuk-Jin)



Foto: SBS

Ia adalah kepala dokter bedah di Rumah Sakit Universitas Geosan. Ia datang dari keluarga miskin dan sangat ingin bisa sukses. Karakternya muncul dalam Dr Romantic 1 dan 2.

Aktor Jang Hyuk-jin yang kini berusia 51 tahun pernah bermain antara lain dalam serial Taxi Driver; Big Mouth, Cafe Minamdang; Now, We Are Breaking Up;dan Vagabond.

7. Seo Woo-Jin (Ahn Hyo-Seop)



Foto: SBS

Woo-jin adalah dokter bedah umum yang sangat cekatan dan cerdas, tapi ia punya masa lalu yang buruk sebagai korban percobaan bunuh diri massal keluarganya dan pernah punya utang menumpuk untuk membiaya kuliah. Ini membuatnya terlihat punya kepribadian yang dingin dan agak kasar.

Dalam banyak hal, ia sangat mirip dengan Kim Sabu. Woo-jin sudah menyukai rekan kerjanya, Cha Eun-jae, sejak mereka masih kuliah. Mereka resmi berpacaran sejak episode awal Dr Romantic 3.

Ahn Hyo-seop adalah aktor berusia 28 tahun yang sebelumnya bermain dalam Business Proposal, Lovers of the Red Sky, Thirty But Seventeen, dan Abyss.

8. Cha Eun-Jae (Lee Sung-Kyung)



Foto: SBS

Eun-jae adalah dokter bedah jantung yang dulunya sering muntah dan gugup saat berada di ruang operasi. Namun berkat obat racikan Kim Sabu, ia tak pernah lagi mengalami hal tersebut dan kini menjadi dokter yang sangat cekatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More