7 Lagu K-Pop yang Diciptakan Musisi Barat Terkenal

Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:00 WIB
Ed Sheeran pernah menulis dua lagu untuk dinyanyikan oleh BTS. Foto/BigHit Music, Getty Images
JAKARTA - Musik K-pop saat ini begitu mendunia, bukan hanya menjadi bagian dari industri musik Korea saja. Tak mengherankan jika banyak musisi Internasional atau musisi Barat melirik grup K-pop populer untuk berkolaborasi.

Kolaborasi yang dihadirkan tak melulu terlihat di atas panggung, karena saat ini banyak artis Barat mengambil peran di balik layar melalui penulisan lagu, produksi, atau aransemen musik.

Bahkan, beberapa lagu K-pop populer yang mungkin sering kamu dengar ternyata ditulis atau dibuatbersama musisi Barat terkemuka, seperti enam lagu K-pop berikut ini :





1.Make It Right dan Permission to Dance - BTS



BTS juga pernah berkolaborasi dengan bintang pop Inggris Ed Sheeran. Pelantun lagu Shape of Youitu mengirimkan sebuah lagu untuk diaransemen oleh BTS dan akhirnya terciptalah lagu Make It Right yang dinyanyikan BTS bersama Lauv.

Kalau kamu mendengarkan lagu ini dengan saksama, kamu mungkin bisa mendengar pengaruh musik Sheeran dalam lagu tersebut. Selain Make It Right, Ed juga menulis lagu BTS lainnya, Permission to Dance.

2. Cherry Bomb – NCT 127



Cherry Bomb adalah salah satu lagu NCT 127 yang populer di Spotify. Lagu ini bahkan masuk dalam daftar lagu K-pop terbaik tahun 2017 versi Billboard.SM Entertainment, agensi yang menaungi NCT, menuliskan penyanyi R&B Bazzi sebagai salah satu penulis lagu tersebut.

3. We Go Up - NCT Dream



Bazzi juga turut berpartisipasi dalam proses produksi We Go Up, salah satu lagu dari sub-unit NCT lain, yaitu NCT Dream.

4. Love Shot – EXO



Bazzi bahkan juga menulis lagu untuk EXO, yaitu Love Shot. Lagu ini jadi salah satu lagu EXO yang paling sukses dan populer baik di Korea maupun di pasar global.

5. Girls Like Us – TWICE



Pada 2019, TWICE yang berada di bawah naungan agensi JYP Entertainment merilis lagu Girls Like Usyang menyebut Charli XCX sebagai salah satu kolaborator musik dan aransemennya.



6.When I'm Alone – f(x)



Usai kepergian mendiang Sulli, f(x) merilis album terakhir mereka sebagai grup, bertajuk 4 Walls pada 2015. Salah satu lagu dalam album tersebut berjudul When I'm Alone," ditulis oleh Carly Rae Jepsen untuk albumnya, Emotion,sebelum akhirnya digunakan kembali oleh agensi musik f(x), SM Entertainment.
(ita)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More