12 Grup K-Pop yang Debut Tanpa Member di Bawah Umur

Kamis, 30 Maret 2023 - 13:30 WIB
BLACKPINK jadi salah satu grup K-pop yang saat debut seluruh member-nya tidak lagi di bawah umur. Foto/Cindy Ord, WireImage
JAKARTA - Grup K-pop belakangan ini makin sering debut dengan member yang di bawah umur, bahkan ada yang sudah dipromosikan akan debut meski usianya masih 13 tahun.

Yang cukup baru adalah Chiquita dari Baby Monster. Idol asal Thailand dari YG Entertainment ini sudah diperkenalkan ke publik sebagai member grup tersebut saat usianya masih 13 tahun. Meski begitu, hingga kini, grup tersebut memang belum menentukan tanggal debutnya.

Sebelumnya, beberapa kali terjadi member dalam sebuah grup yang debut dalam usia 14 tahun. Perlu diketahui, usia dewasa di Korea Selatan adalah 19 tahun.



Mendebutkan member yang berusia muda dalam grup K-pop dianggap menguntungkan. Salah satunya adalah munculnya wajah baru yang masih segar, juga karier sebagai idol yang bisa lebih lama.



Nah, berikut ini grup K-pop yang cukup berani debut tanpa satu pun member yang usianya di bawah umur, mengutip dari Koreaboo dan Allkpop.

1. BLACKPINK



Foto: YG Entertainment

BLACKPINK debut pada 8 Agustus 2016. Saat mereka merilis mini-album debutnya yang bertajuk Square One, member termudanya, yaitu Lisa, usianya sudah 19 tahun.

2. MONSTA X



Foto: Tenasia

MONSTA X debut pada 14 Mei 2015 lewat lagu Trespass. Saat itu, sang maknae, yaitu I.M juga sudah berusia 19 tahun.

3. WINNER



Foto:YG Entertainment

Member termuda WINNER, yaitu Yoon, bahkan baru debut saat berusia 20 tahun. Grup asuhan YG Entertainment ini debut pada 12 Agustus 2014 lewat lagu Empty dan Color Ring.

4. DAY6



Foto: Bunker Buster

DAY6 debut pada 7 September 2015, dengan konsep band. Melalui lagu Congratulations, sang anggota termuda, Dowoon, debut saat berusia 20 tahun.

5. KARD

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More